Cara Menambahkan Lokasi atau Alamat Baru ke Google Maps

andrie.id – Cara menambahkan lokasi atau alamat baru ke google maps. Google Maps adalah layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google, layanan ini memberikan informasi berupa nama jalan, nama tempat, dan informasi pendukung lainnya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk bisa menambahkan alamat ke google maps, simak panduannya dibawah ini.

Cara Menambahkan Lokasi atau Alamat ke Google Maps

Penambahakan alamat ke google maps bisa dilakukan baik melalui smartphone ataupun dekstop/pc, tidak ada bedanya. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika hanya memiliki salah satu dari perangkat diatas.

Metode Tanpa Verifikasi Alamat

Penggunaan metode ini biasanya dilakukan untuk umum, guna membantu orang lain menemukan yang tidak ada atau tidak bisa ditemukan di Google Maps. Sehingga jika ada orang lain yang ingin mencari lokasi tersebut bisa lebih mudah dinavigasi melalui Google Maps.

Langkah pertama, silahkan buka google.com/maps, maka akan muncul tampilan peta dunia. Setelah itu klik lokasi saya ( berada di pojok kanan bawah ). Jika muncul notifikasi Google Wants to know your location pilih ‘ Allow ‘.

NOTE: Jika lokasi yang diarahkan tidak sesuai dengan lokasi kamu saat ini, kamu bisa arahkan secara manual lokasi yang tepat ada dimana.

Langkah selanjutnya Pilih menu, lalu pilih ‘tambahkan tempat’. Setelah itu silahkan isi saja kolom yang tersedia sesuai dengan nama dan alamat lokasi tersebut. Kamu juga bisa menambahkan informasi lain berupa Jam buka, kontak, foto, dan lain sebagainya.

Jika semua informasi sudah kamu masukkan kedalam formulir yang disediakan, langkah selanjutnya ialah klik tombol ‘posting’ lalu tunggu hasilnya.

Selesai.

Kekurangan Metode Tanpa Verifikasi Alamat

  • Tidak bisa dikelola
  • Fitur terbatas
  • Tidak bisa membuat post terbaru di lokasi tersebut
  • Tidak bisa menambahkan produk terbaru

Keuntungan Metode Tanpa Verifikasi Alamat

  • Penambahan alamat bisa dilakukan secara cepat
  • Bisa menambahkan foto dan ulasan
  • Lokasi langsung muncul 1-2 hari kedepan
  • Tidak perlu verifikasi alamat

Metode Verifikasi Alamat

Untuk menambahkan lokasi atau alamat baru ke google maps menggunakan metode verifikasi alamat ini sangat direkomendasikan, karena Google mengeluarkan produk dan layanan baru untuk memfasilitasi kebutuhan yang kamu perlukan mulai dari update produk, menambahkan post terbaru, mengelola lokasi, menambahkan foto baru, dan lain sebagainya.

Langkah pertama, buka Google My Bussiness lalu masukkan nama bisnis atau lokasi yang ingin ditambahkan.

Langkah selanjutnya, pilih kategori bisnis atau lokasi yang dimaksud. Misalnya, rumah, restoran, toko, hotel, dan lain sebagainya.

Baca juga: Layanan Pembinaan Koperasi dan Pelaku Usaha Berdaya di Yogyakarta

Lalu masukkan informasi lengkap lokasi tersebut seperti nama, alamat, nomor handphone, foto, dan lain sebagainya.

Jika sudah lakukan verifikasi dan nantinya google akan memberikan kode verifikasi yang ditujukan langsung ke alamat yang kamu tambahkan. Oleh karena itu pastikan alamat yang dimasukkan sesuai dengan lokasi yang ingin ditambahkan sedetail-detailnya.

Jika kode pin yang dikirimkan google sudah tiba, silahkan masuk ke halaman dashboard Google My Bussiness lalu pilih menu verifikasi alamat, lalu masukkan kode pin pada kolom yang disediakan.

Selesai

Keuntungan Metode Verifikasi Alamat

  • Mendapatkan hak akses pengelolaan lokasi yang ditambahkan
  • Dapat menambahkan foto dan video secara bebas
  • Dapat melengkapi informasi lokasi yang ditambahkan secara lengkap
  • Mendapatkan website gratis dari google untuk pengelolaan lokasi
  • Bisa mengubah alamat lama menjadi alamat baru
  • Dapat memodifikasi nama tempat
  • Dapat Membalas ulasan pengguna secara resmi
  • Dapat menambahkan list produk seperti online store
  • Mendapatkan email domain costum dari google
  • Dapat membuat iklan untuk lokasi yang ditambahkan

Kekurangan Metode Verifikasi Alamat

  • Tentu butuh verifikasi alamat terlebih dahulu
  • Mengisi data-data kelengkapan di Google My Bussiness
  • Kode Verifikasi terkadang tidak sampai, karena alamat tidak tepat
  • Untuk mengubah alamat dan nama lokasi butuh verifikasi ulang dari google (tanpa kode)

Demikian langkah-langkah terkait Cara Menambahkan Lokasi atau Alamat Baru ke Google Maps. Semoga bermanfaat.

Gallery for Cara Menambahkan Lokasi atau Alamat Baru ke Google Maps

Responses (52)

  1. Jadikan rumah itu sebagai kantor, Mas. Misalnya Be-Pe Office. Soalnya berulang kali saya sudah mendaftarkan rumah, tapi tak pernah direstui Google. Maaf bukan apa-apa, level Local Guides saya udah bagus.

  2. Kalau saya baru mulai mencoba google maps. Untuk tempat baru, saya menambahkannya di 'add missing a place' atau tempat baru. Semua tinggal di isi dan selesai. Nah untuk kendala yang sering saya jumpai adalah pas mengisi alamatnya. Sering saatku masukkan alamat, tertulis keterangan 'error'. Akhirnya terpaksa menghubungkannya dengan lokasi yang sudah terbaca google maps.

  3. Tapi untuk kategori rumah kok tidak ada yaaa? Kalo misalkan rumah ada mungkin akan banyak simbol rumah di google mapsnya ๐Ÿ˜€

  4. Saya tak tahu, Mas. Tak punya sarana untuk itu, sih. He he. Namun apakah akan aman jika alamat rumah bisa terindeks Google map? Bagaimana jika ada orang jahat nyalahgunain untuk niat jahatnya?
    Bingung saya. Semoga saja tak negatif melulu. Segi positif akan sangat dibutuhkan.

  5. Bukannya ini mungkin ada di terms & conditions yang terkait dengan privacy, ya? Kalau Google berani taruh alamat pribadi tanpa bisa konfirmasi yang minta itu betul-betul yang punya rumah atau tidak, serem nggak sih? Soalnya pihak Google juga nggak tahu kan, ini orang pemilik, penyewa, kebetulan nebeng, atau gimana.

  6. Aku belum pernah mencoba mendaftarkan alamat rumah di google maps, mas.
    Jadi ngga tau caranya.

    Tapi apa untuk segi keamanan apa terjamin ya alamat rumah kita secara jelas dilihat publik ?.

  7. Mas Andre pertama – tama terima kasih sudah berbagi apa yang saya cari. tapi saya gagal mas, rumah saya ga nemu. padahal saya tinggal di Jakarta lho bukan di pelosok hehehe.. solusinya bagaimana mas?

    Terima kasih sebelumnya mas Andre…

  8. Sebenernya aga ribet ya.. aowkowkwowkw

    Tapi dulu sepertinya pernah berhasil saya lakukan deh.. (loh kok sepertinya toh mike aowkwowk :v)

    Yang skrg masih jadi misteri adalah: gimana cara nambahin lokasi ke maps-nya IG & FB? Dulu pernah kejadian ada place yang ilang, mau tak tambah lagi, tapi bingung gimana caranya. Soalnya kan IG & FB ga ikut Maps-nya Google kan ya *cmiiw.

  9. Tapi sayangnya untuk lokasi dan bentuk rumah masih ada yang belum terupdate, padahal sudah kirim laporan agar mengupdate geografis lokasi

  10. Saya baru tahu kalo ada dua cara buat nambahkan alamat di google maps. Dan saya belum pernah coba dua-duanya. Semoga kalo udah punya usaha sendiri di rumah saya bisa langsung nandai alamat via google my business.

  11. Aku udah coba, bikin toko online pakai alamat rumah. Jadi misalnya mau pesan gofood atau kirim paket lewat gosend nyari alamatku gampang. Tinggal ketik nama toko, udah deh titik map nya pasti sesuai. Hehehe..

    Kira-kira kedepannya bakal bermasalah gak ya? Misalnya dilacak sama petugas pajak karena dianggap sebagai toko?

  12. Wah Google map ini berguna untuk yang memiliki bisnis ya.

    Jadi ingat ada warga yang marah2 sama mobil Google street view karena katanya tak punya izin, hehehe

  13. Wah, baru kepikir kalo jadi Google Local Guides bisa menjelaskan lokasi rumah di Google Maps. Kayaknya saya bakalan membuat diri saya lebih rajin dulu deh dalam urusan jadi Local Guide. Soalnya saya perlu mengklaim alamat rumah saya yang keburu diambil alih tetangga yang kavlingnya memang lebih besar.

  14. Nah..yang punya usaha penting ya menambahkan alamat di google maps ini. Sekarang malah banyak lho saya liat usaha-usaha rumahan juga menambahkan alamat usaha mereka agar lebih mudah terdeteksi.

  15. Saya baru tahu nih kalo menambah alamat di Google bisa pake dua cara. Sampai saat ini saya belum pernah coba dua-duanya. Tuk Google my business banyak manfaatnya nih buat pemilik usaha yang pengen alamat kantornya lebih dikenal

  16. Waaah aku baru tau bisa menambahkan alamat seperti ini. Tapi kalau usahanya pindah, apa bisa diedit juga? Penting juga nih bagi para pemilik usaha. Memang kalau mencari sesuatu, saya lebih sering buka Google Map.

  17. Yang cara pertama saya sudah coba untuk menambahkan alamat rumah saya. Nah, yang cara kedua nih, saya baru ngerti. Ternyata harus pakai Google My Business, dan banyak langka yang harus diisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page