5 Alasan Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan serta Cara Memulihkannya - Andrie Kristianto
News Update
Loading...

Thursday, January 24, 2019

5 Alasan Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan serta Cara Memulihkannya


5 Alasan Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan serta Cara Memulihkan atau Mengembalikannya - Sosial Media sekarang memang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita, hampir seluruh kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan selalu di publish di sosial media, baik itu facebook, twitter, instagram, maupun sosial media lainnya.

Terkadang pula karena keasikan bermain sosial media, ternyata banyak sekali kebiasaan yang sering kita lakukan yang bisa membuat akun sosial media kita dinonaktifkan atau diberhentikan sementara. Kebiasaan-kebiasaan tersebut seperti meng-update status, menambahkan foto/video, menambahkan cerita, ataupun berkomunikasi di sosial media tersebut.

Jika tidak kita ketahui sejak dini, hal ini tentu akan berdampak pada akun yang dimiliki seperti dinonaktifkan atau tidak bisa diakses sama sekali. Hal ini tentu sangat merugikan sekali, belum lagi kalau misalnya kita sudah banyak menambahkan cerita atau foto kedalamnya, dan pasti akan hilang sia-sia. 

Oleh karena itu kenali yuk kebiasan-kebiasaan yang dapat membuat sosial media yang kita miliki dinonaktifkan dan cara menghindarinya:

Penyebab Akun Sosial Media Dinonaktifkan dan Cara Menghindarinya

Penyebab dari penonaktifan akun sosial media bisa bermula dari kegiatan-kegiatan atau kebiasan yang sering kita lakukan di akun yang kita miliki, dan kebiasaan tersebut biasanya dilakukan secara tidak wajar atau melanggar kebijakan dan privasi sosial media yang digunakan. Untuk menghindari hal tersebut bisa dilakukan dengan cara-cara dibawah ini:

1. Jangan Terlalu Massive Menggunakan Sosial Media
Gunakanlah sosial media secara wajar dan tidak melebihi batas yang telah ditentukan oleh pengembangnya, misalnya saja melakukan spamming, menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan jumlah pengikut/Followers, ataupun membagikan konten yang melanggar kebijakan yang telah dibuat oleh pengembangnya seperti judi, pornografi, atau berpura-pura menjadi orang lain. Pelan-pelan saja, upload sewajarnya, dan beraktifitas secukupnya saja.

2. Kenali Limit - Limit yang ada di Sosial Media 
Dalam menggunakan sosial media kita harus paham apa saja kebijakan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di aplikasi-aplikasi tersebut, dan tentu kita pun harus menaatinya. Karena yah namanya juga numpang, dikasih platform yang gratis, upload sepuasnya, berbagi sepuasnya, dan tentu kita pun harus taat akan peraturan yang ada di dalamnya.

Seperti contohnya saja Limit yang diberikan oleh pengembang platform guna menghindari akun-akun yang dicurigai bot dengan melakukan aktifitas yang tidak wajar, seperti melakukan spamming, pishing, dan berbagai aktifitas lainnya. Seperti contohnya saja platform yang memberikan limit kepada para penggunanya yaitu Instagram. 

Instagram memiliki batasan-batasan dalam setiap aktifitasnya, kita sendiri pun tau ada 5 aktifitas utama yang bisa dilakukan di instagram : Like, Comment, Follow, Unfollow, dan Post. Masing-masing dari ke lima aktifitas tersebut memiliki batasnya masing-masing, seperti :
  • Follow : 60/Jam
  • Unfollow : 60/Jam
  • Likes : 300/Jam
  • Comment : 25/Jam
Catatan : Sebenarnya tidak ada jaminan akun yang sobat miliki akan aman dari banned jika mengikuti limit yang ada diatas. Angka ini saya dapatkan berdasarkan riset dan aktifitas yang sudah pernah saya lakukan sebelumnya. Mungkin saja di beberapa akun ada yang bahkan bisa lebih dari angka diatas. Namun angka ini bagi saya tetap menjadi acuan dalam saya mempromosikan bisnis atau post yang ingin saya tampilkan atau aktifitas lainnya seperti follow, likes, dan comment.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang Mengharuskan Memasukkan Kata Sandi
Aplikasi pihak ketiga memang sangat membantu kita dalam mengoptimasi akun sosial media yang kita miliki, apalagi dengan banyak pengikut atau followers juga bisa memberikan effect yang begitu tinggi kepada pengguna lain. Sehingga banyak dari pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan followers yang dimilikinya secara tidak wajar, atau bahkan sampai ada aplikasi yang mengharuskan penggunanya memasukkan kata sandi di aplikasi tersebut. Bahkan di Kebijakan yang sudah ada dan dibuat oleh pengembangnya pun sudah melarang atau tidak merekomendasikan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan aktifitas yang tidak wajar di aplikasi mereka.

4. Gunakan Foto Profil 
Gunakanlah foto profil dalam sosial media yang sobat miliki, jangan biarkan akun sosial media yang sobat miliki kosong. Karena hal ini pihak sosial media akan menganggap akun tersebut tidak aktif atau bisa saja disangka bot.

5. Isi Keterangan Dengan Lengkap
Setiap platform sosial media pasti memiliki halaman profilnya masing-masing, di halaman profil tersebut isilah keterangan profil sobat dengan lengkap. Dan juga jangan lupa untuk meningkatkan keamanan pada akun yang sobat miliki, seperti contoh saja verifikasi email, menautkan akun ke berbagai sosial media lainnya, menautkan nomor handphone. Hal ini agar dari pihak pengembang dapat memverifikasi sobat adalah pemegang akun resmi dari akun yang ada, jika suatu saat terjadi masalah pada akun tersebut, seperti banned, dihack, hilang, atau semacamnya. 

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan terkait 5 Alasan Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan serta Cara Memulihkannya. Pada Intinya adalah gunakanlah sosial media sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan. Karena jika sosial media yang kita miliki bagus maka akan berkembang dengan sendirinya tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau apapun.  Bagi yang akunnya sudah kebanned dan bingung harus ngapain, bisa langsung berkomentar dibawah ini supaya bisa saya bantu selesaikan. Karena saya juga sudah pernah ke banned, karena aktifitas yang tidak wajar. Aktifitas yang saya lakukan ialah terlalu banyak follow mem-follow akun secara massal dan melakukan komentar yang juga secara massal, dan akhirnya di banned, namun akun tersebut dapat kembali lagi dengan beberapa persyaratan. Persyaratan sudah saya jelaskan pada bagian Tips satu sampai dengan lima.  Jika masih ada yang bingung bisa berkomentar, see you ~ Next time : Cara Mengembalikan Akun yang ke Banned oleh Pihak Instagram, Twitter, atau Facebook. :D

Share with your friends

62 comments

  1. wah gitu ya. beberapa poin di atas baru aku tahu nih. terimakasih infonya :)

    ReplyDelete
  2. Jadi itu penyebabnya. Terima kasih informasinya, sangat membantu :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah ga pernah ke banned karena instagram jarang komen sampe 35. Cuma Banyak love aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh harus hati-hati tuh mas, soalnya lagi was was banget nh.. dah udah banyak yang kebanned juga soalnya.. Sampe ada yang 20K folls juga kebanned :(

      Delete
  4. Alhamdulillah ga pernah ke banned karena instagram jarang komen sampe 35. Cuma Banyak love aja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh harus hati-hati tuh mas, soalnya lagi was was banget nh.. dah udah banyak yang kebanned juga soalnya.. Sampe ada yang 20K folls juga kebanned :(

      Delete
  5. aturan pada sosmed memang berbeda-beda, mungkin saja ada kebijakan yang mengharuskan akun kita di banned, contohnya sering menyebarkan status sara..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mengatasi instagram yang lupa pasword bagaimana ya?

      Delete
    2. Ya begitulah mas, karena gratis yaaaaa gak bebas wuehehe

      Delete
  6. Terima kasih informasinya kakak. Paling gak jadi bisa hati2 menggunakannya. ❤️

    ReplyDelete
  7. untung saya mah kebutuhan akun medsos bukan untuk bikin spam, punya akun medsos kebanyakan di pake untuk share artikel blog, karena signifikan banget sih pageview dari medsos teh geura geh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh pengguna medsos yang baik nih, harus dicontoh wueeheh :D

      Delete
  8. Kebanyakan like sama follow pernah aku mas,
    cuma banned non permanen,
    paling cuma 3 jam.
    supaya bebas banned harus verifikasi semuanya biar ama
    nice share mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh udah kayak adsense aja yaaa dapet 3 hari doang, nanti 7 hari terus sebulan dan akhirnya permanent... Tapi tetap harus hati hati ya mas :D

      Delete
  9. Kalau ig, facebook, dan twitter, kayak e sampai detik ini akun ku belum pernah ke banned (dan semoga jangan sampai). Pengalaman terakhir sih, akun Google+. Dan baru bisa di pakai lagi setelah 2 apa 3 hari lapor ke pihak Google-nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh bagus deh kalau belum pernah, dan jangan sampe deh ya.. soalnya saya juga pernah merasakan di banned, tapi syukurlah bisa kembali :D

      Delete
  10. Lah sebagian baru tau nih hahaha. Dulu sempet kena banned di twitter kalau nggk salah, karena kebanyakan unfollow dlm sehari waktu bersih2 akun. Sekarang kalau udh tau jadi lebih hati-hati deh. Bermanfaat sekali mas Bepe

    ReplyDelete
  11. banyak banget yg berlebihan menggunakan medsos sekarang ini, apalagi bagi yg suka jual jual akun itu lho, mereka masiv kan follow unfollow hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa ya banyak banget yang jual akun gitu, haduhhh...

      Delete
  12. Saya suka quotenya mas BEPE. Akan saya jalankan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantapp langsung tweet ke twitter mas :D, biar viral ;D

      Delete
  13. Karena ngespam atau upload konten SARA juga bisa sihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bisa juga tuh, kadang kadang malah banyak daari report an orang lain wuehehe

      Delete
  14. Alhamdulillah saya tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga, sehingga aman-aman saja.

    ReplyDelete
  15. iyah sih kebanyaan follow ntar bisa dikira Bot , aku juga pernah ngalamin hal kayak gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah makanya itu mas, nanti dibanned rugi banget ;v

      Delete
  16. aku punya banyak akun sosmed nggak kebanned sih bang malah lupa psw dan keurus lagi

    ReplyDelete
  17. Sosmed saya jarang posting. Lebih banyak kupakai scroll informasi jadi aman lah ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh bagus nih dalam menggunakan sosmed, salut.

      Delete
  18. Terima kasih, bermanfaat sekali jangan sampai akun saya kena juga...hehe

    ReplyDelete
  19. Bermanfaat banget nih range angkanya buat menghindari di banned sesaat sama IG. Kayaknya limitku di atas itu. Hihi. Pernah kena banned gabisa kasih caption ke foto yang diupload.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah saya menggunakan range angka itu untuk jaga jaga sih mba :D

      Delete
  20. Baru tau selama ini ada limitnya, walaupun belum pernah coba komentar atau follow/unfollow sebanyak itu. Terima kasih informasinya, sangat bermanfaat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay semoga bermanfaat ya, jadi sekarang sudah tau kan klo ada limitnya. Setiap sosmed ada kok, ini yang saya tampilkan limit untuk instagram :D

      Delete
  21. Mantul nih infonya, selain kita harus bijak dalam menggunakan medsos, kita juga wajib tau aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh medsos itu sendiri, agar hal-hal yang tidak kita inginkan tidak menimpa kita. 👌👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas, harus bijak dalam menggunakan sosial media

      Delete
  22. Saya juga pernah ke banned, tapi balik lagi alhamdulilah. Karena nakal, eh kebanned lagi.
    Dan saya pun jadi sadar.
    Wkwk....😂

    ReplyDelete
  23. wah baru tahu saya mah kalo aktivitas kita sendiri juga bisa menyebabkan banned, saya kira dibanned itu karena bajak orang. Makasih infonya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget tuh mas, tetap selalu hati hati dalam menggunakan sosial media wuehehe :D

      Delete
  24. Tadi saya bikin komen panjang sayang jaringan jelek. Yah, sebaiknya saya ketik komen di word dulu lalu pindahkan ke kolom komentar. Intinya, saya sangat terbantu dengan artikel ini agar tak lakukan kesalahan seperti di atas. Kala di awal bikin akun Instagram, saya pernah mengikuti banyak akun teman Facebook yang terinteghrasi di Instagram. Tak tahu berapa namun syukurnya tak kena banned, he he.
    Kegiatan apa pun memang harus dilakukan secara wajar, kita bukan robot maka jangan coba-coba lakulan aktivitas menyerupai bot, he he.
    Tewrima kasih sarannya, Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh sayang sekali ya mba, coba menggunakan wifi saja wueheh, saya di kos pake wifi sinyalnya jadi stabil :D

      Nahh bener banget tuh mba, apapun yang dilakukan secara berlebihan pasti mengakibatkan hal yang fatal. Tidak hanya di dunia real life saja, di blog, sosial media, atau media lainnya pasti memiliki batasan yang diberikan, Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar mba :D

      Delete
  25. Bermanfaat banget nih mas, banyak banget yang ngeluh akunnya di banned.
    Kadang dengan rempongnya kita, mau update seperlunya itu sulit, terlebih yang di update bukan cuman 1 medsos.

    Yang terjadi, sekali buka medsos, langsung kalap, like, komen, follow, unfollow dll hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahaha nah itu dia, makanya banyak banget sampe trending waktu it di twitter soal banned akun instagram, saya juga heran apa yang menyebabkan hal tersebut. Sehingga saya cari permasalahannya, langsung deh nemu artikel bahasa inggris, ada yang menuliskan tentang hal ini dan saya pahami. Dan ternyata memang dari pihak instagrammnya dengan sepihak melakukan hal tersebut, karena dituduh melakukan spam.. wuehehe

      Delete
  26. Benar kan, buat gunain aplikasi sosmed seperti instagram tuh ... , ngga boleh bernafsu atau kegatelan tangan kita menfollow banyak orang sekaligus.
    Ujung-ujungnya akun akan dibanned.

    Ini pernah terjadi dengan akun ig salah satu temanku, mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget mas, harus bisa sabar dan jngan bar bar whahaa

      Delete
  27. Inilah yang menjadi permasalahan saya selama ini mas, data sudah lengkap, saat buat akun baru di fb; foto profil terpasang, pokoke wis lengkap tapi belum sampai 1 hari, bikinnya pagi dan cek sore hari sudah ada notifikasi akun ditutup...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduhhh pasti melakukan spam tuh mas, apa dengan menyebarkan link ke berbagai grup atau postingan atau melakukan spam lain.. Atau kemungkinan kedua ada yang melaporkan akun mas gitu

      Delete
  28. Mas, klo tiap hari berbagi postingan masuk kategiri spam gak ya di FB...soale itu yang sy lakukan sekarang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selama gak ada yang laporin aman aja mas, biasanya kalo ke banned itu ada yang merasa terganggu lalu melaporkan akun fb nya dan setelah di riview sama fb terbukti biasanya ngirim link apapaun gak bisa..

      Kalau udah ke banned sih solusinya diarahkan ke website lain aja dlu, kayak menggunakan safelink gitu.. Kalau saya menggunakan safelink dari milik saya sendiri yaitu :

      be-pelink.blogspot.com

      Delete
  29. Makasih info dan tips-tipsnya kak Bepe.
    Aku juga pernah ngalami akun Instagramku di banned gara-gara terlalu banyak follow artis luar .Tapi Alhamdulilah akhirnya akunku dikembalikan lagi. Sekarang aku malah jarang main sosmed sejak nulis blog. Tapi ntar setelah akun G+ diberhentikan aku akan main sosmed lagi untuk nge share artikel2 blog ku.

    ReplyDelete
  30. Alhamdulillaahs elama ini socmed aku sih belum pernah kejadian kayak gitu... eh pernah sebentaaaar banget IG hang, tapi langsung bisa lagi. Ga tau juga karena apa soalnya kayaknya normal2 aja. Thanks infonya ya bermanfaat banget, mas BEpe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh saat ini malah sudah gencar sekali tuh, sampe ada yang nutup akunnya wuehehe :D

      Delete
  31. saya pernah dapat peringatan gak bole add orang untuk sementara waktu karna terlalu banyak ngeadd orang dalam sehari hehehe

    ReplyDelete

How To Use
  • Put the link on the
  • Generate Link box with http:// or https://
  • Use  CTRL + V  on keyboard to put the link.
  • Click Generate button to get encrypted link.
  • Click Copy URL button.
  • Done