5 Alasan Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan serta Cara Memulihkannya


5 Alasan Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan serta Cara Memulihkan atau Mengembalikannya - Sosial Media sekarang memang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita, hampir seluruh kegiatan atau aktivitas yang kita lakukan selalu di publish di sosial media, baik itu facebook, twitter, instagram, maupun sosial media lainnya.

Terkadang pula karena keasikan bermain sosial media, ternyata banyak sekali kebiasaan yang sering kita lakukan yang bisa membuat akun sosial media kita dinonaktifkan atau diberhentikan sementara. Kebiasaan-kebiasaan tersebut seperti meng-update status, menambahkan foto/video, menambahkan cerita, ataupun berkomunikasi di sosial media tersebut.

Jika tidak kita ketahui sejak dini, hal ini tentu akan berdampak pada akun yang dimiliki seperti dinonaktifkan atau tidak bisa diakses sama sekali. Hal ini tentu sangat merugikan sekali, belum lagi kalau misalnya kita sudah banyak menambahkan cerita atau foto kedalamnya, dan pasti akan hilang sia-sia. 

Oleh karena itu kenali yuk kebiasan-kebiasaan yang dapat membuat sosial media yang kita miliki dinonaktifkan dan cara menghindarinya:

Penyebab Akun Sosial Media Dinonaktifkan dan Cara Menghindarinya

Penyebab dari penonaktifan akun sosial media bisa bermula dari kegiatan-kegiatan atau kebiasan yang sering kita lakukan di akun yang kita miliki, dan kebiasaan tersebut biasanya dilakukan secara tidak wajar atau melanggar kebijakan dan privasi sosial media yang digunakan. Untuk menghindari hal tersebut bisa dilakukan dengan cara-cara dibawah ini:

1. Jangan Terlalu Massive Menggunakan Sosial Media
Gunakanlah sosial media secara wajar dan tidak melebihi batas yang telah ditentukan oleh pengembangnya, misalnya saja melakukan spamming, menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan jumlah pengikut/Followers, ataupun membagikan konten yang melanggar kebijakan yang telah dibuat oleh pengembangnya seperti judi, pornografi, atau berpura-pura menjadi orang lain. Pelan-pelan saja, upload sewajarnya, dan beraktifitas secukupnya saja.

2. Kenali Limit - Limit yang ada di Sosial Media 
Dalam menggunakan sosial media kita harus paham apa saja kebijakan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan di aplikasi-aplikasi tersebut, dan tentu kita pun harus menaatinya. Karena yah namanya juga numpang, dikasih platform yang gratis, upload sepuasnya, berbagi sepuasnya, dan tentu kita pun harus taat akan peraturan yang ada di dalamnya.

Seperti contohnya saja Limit yang diberikan oleh pengembang platform guna menghindari akun-akun yang dicurigai bot dengan melakukan aktifitas yang tidak wajar, seperti melakukan spamming, pishing, dan berbagai aktifitas lainnya. Seperti contohnya saja platform yang memberikan limit kepada para penggunanya yaitu Instagram. 

Instagram memiliki batasan-batasan dalam setiap aktifitasnya, kita sendiri pun tau ada 5 aktifitas utama yang bisa dilakukan di instagram : Like, Comment, Follow, Unfollow, dan Post. Masing-masing dari ke lima aktifitas tersebut memiliki batasnya masing-masing, seperti :
  • Follow : 60/Jam
  • Unfollow : 60/Jam
  • Likes : 300/Jam
  • Comment : 25/Jam
Catatan : Sebenarnya tidak ada jaminan akun yang sobat miliki akan aman dari banned jika mengikuti limit yang ada diatas. Angka ini saya dapatkan berdasarkan riset dan aktifitas yang sudah pernah saya lakukan sebelumnya. Mungkin saja di beberapa akun ada yang bahkan bisa lebih dari angka diatas. Namun angka ini bagi saya tetap menjadi acuan dalam saya mempromosikan bisnis atau post yang ingin saya tampilkan atau aktifitas lainnya seperti follow, likes, dan comment.

3. Jangan Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga yang Mengharuskan Memasukkan Kata Sandi
Aplikasi pihak ketiga memang sangat membantu kita dalam mengoptimasi akun sosial media yang kita miliki, apalagi dengan banyak pengikut atau followers juga bisa memberikan effect yang begitu tinggi kepada pengguna lain. Sehingga banyak dari pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan followers yang dimilikinya secara tidak wajar, atau bahkan sampai ada aplikasi yang mengharuskan penggunanya memasukkan kata sandi di aplikasi tersebut. Bahkan di Kebijakan yang sudah ada dan dibuat oleh pengembangnya pun sudah melarang atau tidak merekomendasikan menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk meningkatkan aktifitas yang tidak wajar di aplikasi mereka.

4. Gunakan Foto Profil 
Gunakanlah foto profil dalam sosial media yang sobat miliki, jangan biarkan akun sosial media yang sobat miliki kosong. Karena hal ini pihak sosial media akan menganggap akun tersebut tidak aktif atau bisa saja disangka bot.

5. Isi Keterangan Dengan Lengkap
Setiap platform sosial media pasti memiliki halaman profilnya masing-masing, di halaman profil tersebut isilah keterangan profil sobat dengan lengkap. Dan juga jangan lupa untuk meningkatkan keamanan pada akun yang sobat miliki, seperti contoh saja verifikasi email, menautkan akun ke berbagai sosial media lainnya, menautkan nomor handphone. Hal ini agar dari pihak pengembang dapat memverifikasi sobat adalah pemegang akun resmi dari akun yang ada, jika suatu saat terjadi masalah pada akun tersebut, seperti banned, dihack, hilang, atau semacamnya. 

Kesimpulan

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan terkait 5 Alasan Penyebab Akun Facebook dinonaktifkan serta Cara Memulihkannya. Pada Intinya adalah gunakanlah sosial media sewajarnya saja, jangan terlalu berlebihan. Karena jika sosial media yang kita miliki bagus maka akan berkembang dengan sendirinya tanpa perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga atau apapun.  Bagi yang akunnya sudah kebanned dan bingung harus ngapain, bisa langsung berkomentar dibawah ini supaya bisa saya bantu selesaikan. Karena saya juga sudah pernah ke banned, karena aktifitas yang tidak wajar. Aktifitas yang saya lakukan ialah terlalu banyak follow mem-follow akun secara massal dan melakukan komentar yang juga secara massal, dan akhirnya di banned, namun akun tersebut dapat kembali lagi dengan beberapa persyaratan. Persyaratan sudah saya jelaskan pada bagian Tips satu sampai dengan lima.  Jika masih ada yang bingung bisa berkomentar, see you ~ Next time : Cara Mengembalikan Akun yang ke Banned oleh Pihak Instagram, Twitter, atau Facebook. :D
Comments

62 Komentar

Cancel