\ [UPDATE] - 5 Tahap Cara Menambahkan Alamat Rumah dan Bisnis Agar Terindeks di Google Maps - Andrie Kristianto

[UPDATE] - 5 Tahap Cara Menambahkan Alamat Rumah dan Bisnis Agar Terindeks di Google Maps

andrie.id - Pada beberapa bulan yang lalu postingan ini berisi artikel tentang sebuah pertanyaan, yang dimana pertanyaan tersebut banyak sekali dijawab oleh berbagai macam blogger di Seluruh Indonesia. Pertanyaan yang saya ajukan adalah Bagaimana Cara Menambahkan Alamat Rumah yang Belum Terindeks Agar Bisa Terindeks di Google Maps. Dari pertanyaan tersebut banyak sekali respon positif dan negatif yang aku dapatkan, mulai dari dimarahin karena menambahkan alamat rumah tidak diperbolehkan, karena takutnya nanti disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan ada juga yang memberikan respon positif dengan memberitahukan cara-caranya, mulai dari cara yang sederhana sampai cara yang sangat detail sekali.

Wahh, dari sini aku sangat berterimakasih kembali kepada teman-teman yang sudah membantuku, dan akhirnya alamat rumahku sudah terindeks di semua aplikasi google maps. Sehingga kalau mau ngirim barang atau menerima barang tidak kesulitan lagi karena alamat yang tidak terindeks.

Nahh dari informasi yang aku dapatkan dari berbagai teman-teman blogger yang merespon, aku mau update artikel ini dengan artikel Cara Menambahkan Alamat Rumah dan Bisnis Agar Terindeks di Google Maps (di semua aplikasi pengguna yang terinstall google maps).

1. Langkah Pertama, masuk ke google maps atau bisa klik https://www.google.com/maps. Pastikan Anda sudah masuk atau login di google.

2. Langkah kedua, masukkan nama alamat rumah atau bisnis yang Anda miliki lalu tambahkan alamat tersebut sebagai alamat bisnis Anda, lihat contoh seperti pada di gambar. Setelah proses diatas, Anda selanjutkan akan diarahkan ke halaman " Tambah Bisnis " untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

3. Langkah Ketiga, setelah masuk ke halaman tambah bisnis lalu masukkan informasi tentang bisnis Anda, mulai dari nama bisnis, alamat bisnis, kontak, kategori bisnis, dan lain sebagainya. Dalam langkah ini alamat bisnis Anda belum bisa dilihat oleh seluruh pengguna, karena untuk memverifikasikannya Anda membutuhkan sebuah kode.

Setelah proses selesai Anda akan dikirimkan sebuah surat dari google yang berisi kode verifikasi alamat, yang dimana kode tersebut untuk memverifikasi alamat apakah benar atau tidak dan sasaran nya tepat. Oleh karena itu alamat bisnis yang dimasukkan harus benar dan lengkap, agar surat bisa sampai ke tangan Anda.

Sumber gambar : http://www.suparnoblog.com/cara-menambahkan-lokasi-bisnis-di-google-maps/

Setelah menerima kode verifikasi seperti diatas, silahkan lakukan verifikasi dengan login ke akun google bisnis Anda saat pertama kali mendaftar pada waktu itu.

4. Langkah keempat, Masukkan kode verifikasi yang sudah didapatkan pada kolom yang sudah disediakan. Lalu klik tombol 'kirim'.

5. Langkah terakhir, Selamat! Verifikasi alamat Anda sudah berhasil. Sekarang lokasi bisnis atau alamat yang Anda tambahkan sebelumnya sudah muncul di google maps. Dengan ini orang-orang akan dengan mudah menemukan lokasi bisnis yang Anda kelola, baik itu kos, rumah makan, kontrakan, tempat tinggal, dan lain-lain.

Begitulah 5 Tahap Cara Menambahkan Alamat Rumah dan Bisnis Agar Terindeks di Google Maps, semoga dengan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada Anda semua yang ingin tahu atau belum tahu cara menambahkan alamat yang belum terindeks menjadi terindeks di seluruh smartphone yang terinstall google maps. Bahkan tidak hanya google maps, namun di aplikasi aplikasi lain yang menggunakan API Google maps juga akan muncul. Semoga bermanfaat :)

48 comments:

  1. kalo gk salah sih harus tertaut sama Google plus, coba tanya ke kompiajaib dot com, dia lebih paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia, memang lewat google.. kan mau dimasukkin ke google maps, tapi masalahnya gak ke deteksi untuk rumah itu di google maps itu jadi dia gak ketemu.

      Delete
  2. Jadikan rumah itu sebagai kantor, Mas. Misalnya Be-Pe Office. Soalnya berulang kali saya sudah mendaftarkan rumah, tapi tak pernah direstui Google. Maaf bukan apa-apa, level Local Guides saya udah bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal level Local Guides saya udah bagus. Dan level ini bermanfaat ketika edit tempat lain, hasil editnya keluar lebih cepat.

      Delete
    2. Wahh kalo lcoal guides kan udah ke deteksi tuh alamatnya, kalau di tempat saya ini masalahnya belum ke deteksi jadi gak bisa buat bikin riview ataupun mau share lock lokasi rumah itu..

      Delete
  3. Kalau saya baru mulai mencoba google maps. Untuk tempat baru, saya menambahkannya di 'add missing a place' atau tempat baru. Semua tinggal di isi dan selesai. Nah untuk kendala yang sering saya jumpai adalah pas mengisi alamatnya. Sering saatku masukkan alamat, tertulis keterangan 'error'. Akhirnya terpaksa menghubungkannya dengan lokasi yang sudah terbaca google maps.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh saya sudah mecoba cara tersebut dengan menambahkan tempat baru, tapi yang bertambah cuma dari aplikasi google maps saya. Ya memang ke deteksi, tapi hanya untuk saya sendiri saja. Jika orang lain mengakses google maps dan mencari alamat rumah itu tidak terlihat dan tidak terdeteksi...

      Delete
    2. Iya juga.. Coba lapor ke google maps atau yang bisa dihubungi langsung ke google. Siapa tahu dibalas..

      Delete
    3. Wahhh ada no handphonenya mas ? hehe

      Delete
  4. Ah gampang iku....
    kunjungi Google bisnis
    https://business.google.com/locations?hl=id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi untuk kategori rumah kok tidak ada yaaa? Kalo misalkan rumah ada mungkin akan banyak simbol rumah di google mapsnya :D

      Delete
    2. Nah itu dia mas Andrie Kristianto, saya juga bingung kenapa kok tidak ada kategori rumah. Mungkin saja rumah tidak termasuk kedalam google bussiness. Saya yang bingung itu cara menambahkan rumah kita ke google maps, setidaknya ada nama jalannya lah dan rumah saya bisa ada disitu.. Kalo gak ada kan susah kalo misal mau kirim barang atau ada kiriman kerumah kan?

      Delete
  5. wah enggak tau mas, soalnya saya juga belum punya rumah
    ini aja numpang sama orangtua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanya orang tuanyaaa, pakkkkkkk :(

      Delete
    2. Wwwkkkwkkk ....
      Ikut ngakak baca komentar mas Niki dan mas Bepe :D

      Delete
    3. Wkwkwkw saya juga ngakak balasnya itu -___-

      Delete
  6. Gak tau saya, daridulu takut kalo daftarin rumah di GMaps. Takut disalahgunakan.

    Takut kalo fans-fans akuh gerebek rumah akuh.. :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh siapa tau fans fansnya mau kirim barang mas, jadi salah alamat deh wkwkw :D

      Delete
  7. Kalau saya tidak saya daftarkan Mas Rumah saya, biar ngak di kejar - kejar fans, hahahah...bcanda kok.

    ReplyDelete
  8. Saya tak tahu, Mas. Tak punya sarana untuk itu, sih. He he. Namun apakah akan aman jika alamat rumah bisa terindeks Google map? Bagaimana jika ada orang jahat nyalahgunain untuk niat jahatnya?
    Bingung saya. Semoga saja tak negatif melulu. Segi positif akan sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih bisa saja di salahgunakan, cuman saya sangat sulit sekali jika ingin mengirim barang atau dikirimkan barang dari orang lain, alamat saya tidak terdeteksi di google maps. Jadi yah pake manual gitu, abis ini kesini abis itu kesitu gitu :D

      Delete
  9. Saya juga udah nyoba bikin alamat di google tapi belum berhasil. Sepertinya persyaratannya cukup ketat mas.

    ReplyDelete
  10. WAH saya sering pusing kalau masuk template abang ini canggih banget

    ReplyDelete
  11. Belum pernah mencoba. Malah baru tahu informasi seperti ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. pengen si pake kaya gnian tapi belum berani otak atik blog nih

    ReplyDelete
  13. Belum pernah tahu hahaha. Tapi semoga ketemu solusinya ya hehehe. Saya lihat banyak yang menjawabnya. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum terjawab huwaaaahhh, help me :(

      Delete
    2. Mungkin ada persyaratan tertentu yang harus dipenuhi kah? *nanya balik hahaha* :D

      Delete
    3. Hemmm sepertinyaa, tapi gatau juga

      Delete
  14. Belum pernah mencoba, jadi nggak tahu.. :D

    ReplyDelete
  15. Saya malah nggak pernah kepikir sampai kesitu mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walahhh saya jadi kepikiran malahan mas :(

      Delete
  16. Bukannya ini mungkin ada di terms & conditions yang terkait dengan privacy, ya? Kalau Google berani taruh alamat pribadi tanpa bisa konfirmasi yang minta itu betul-betul yang punya rumah atau tidak, serem nggak sih? Soalnya pihak Google juga nggak tahu kan, ini orang pemilik, penyewa, kebetulan nebeng, atau gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hemmm kalo penyebab rumah tidak terdeteksi di google itu kenapa ya mba, soalnya rumah saya tidak ada di google. Jadi kalau mau kirim barang itu penjual suka ragu karena tidak adanya rumah tersebut di google. Nanti disangkanya orang ini beneran beli apa gak, apakah nipu atau gimana. Seperti gojek dan sebagainya gitu kan suka was was kalo ada alamat di google tapi tidak ada

      Delete
  17. wah, klo saya justru menghindari umbar data pribadi secara publik apalagi alamat rumah,,,

    ReplyDelete
  18. Rumah pribadikan privat yah. Bisa jadi google mau menghargai privacy orang hehehe

    ReplyDelete
  19. Aku belum pernah mencoba mendaftarkan alamat rumah di google maps, mas.
    Jadi ngga tau caranya.

    Tapi apa untuk segi keamanan apa terjamin ya alamat rumah kita secara jelas dilihat publik ?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penambahan alamat ini hanya dimaksudkan untuk Toko, tempat wisata, tempat ibadah, dan sebagainya. Tidak untuk rumah pribadi, saya ingin menambahkannya di google maps karena alamat saya untuk tempat kerja saya, jadi klien bisa dengan mudah menemukan saya di alamat yang saya daftarkan. Begitu.

      Delete