2 Langkah Mudah Cara Membuat dan Menambahkan Alamat di Google Maps

2 Langkah Mudah Cara Membuat dan Menambahkan Alamat di Google Maps Lewat PC/HP 2 Langkah Mudah Cara Membuat dan Menambahkan Alamat di Google Maps Lewat PC/HP. Dari waktu ke waktu banyak sekali kemudahan yang didapatkan, yang dimana pada awalnya menambahkan lokasi baru di google maps itu membutuhkan kode verifikasi yang dikirimkan langsung oleh google. Memang dengan cara seperti itu lokasi akan lebih cepat terindeks langsung di seluruh aplikasi-aplikasi yang menggunakan layanan google maps.

Namun ternyata untuk menambahkan lokasi baru di google maps bisa dilakukan hanya 2 langkah saja serta beberapa sub-langkah sebagai pelengkapnya. Dengan langkah ini saya berhasil menambahkan beberapa lokasi di google maps, dan saat ini terindeks sebagai beberapa tempat yang sudah saya tandai.

Apalagi dengan membantu google menambahkan lokasi-lokasi penting di maps ini, banyak sekali kejutan-kejutan yang akan kita dapatkan dari google secara langsung. Apalagi tahun 2019 kemarin saya barusan mendapatkan hadiah spesial langsung dari google maps, melalui program Google Local Guides.

Google Local Guides merupakan komunitas global yang ada di seluruh dunia yang menulis ulasan dan pengalamannya di beberapa lokasi tertentu yang ada di google maps dengan berbagi foto, cerita, video, menjawab pertanyaan serta menambahkan atau mengedit tempat.


Komunitas Google Local Guides ini sering sekali mengadakan beberapa acara yang mempertemukan berbagai kreator google maps di seluruh dunia, contoh saja seperti yang masih baru dan anget yaitu Google Connect 2019, dari Indonesia sendri diwakilkan oleh beberapa orang.

Di Indonesia sendiri banyak sekali komunitas-komunitas Google Local Guides yang tersebar di berbagai wilayah, contohnya seperti Yogyakarta, klaten, magelang, jakarta, palembang, dan berbagai wilayah di Indonesia lainnya. Bisa langsung cari di google atau komunitas sosial media Anda.

Wah pokoknya kalo diceritakan akan panjang sekali, dan manfaat yang didapatkan juga banyak sekali. Jadi menambahkan tempat atau lokasi penting di google maps memang banyak sekali manfaat tak terduga yang akan kita dapatkan, salah satunya seperti diatas mewakili negaranya untuk bisa hadir dan menjadi bagian atau salah satu yang ada di foto itu dari berbagai belahan di dunia.

Kembali lagi ke " 2 Langkah Mudah Cara Membuat dan Menambahkan Alamat di Google Maps Lewat PC/HP ", penambahkan lokasi di google maps antara PC atau HP sama saja, mungkin hanya berbeda di tampilan saja baik untuk dekstop atau mobile. Langsung saja, berikut langkah langkahnya:


Langkah Pertama, buka google maps melalui PC atau HP Anda google maps. Lalu klik tombol " Lokasi Anda " yang berada di pojok kanan bawah, lokasi ini membutuhkan izin pencarian lokasi dari smartphone atau PC Anda. Lalu klik izinkan.


Setelah itu klik menu yang ada di pojok kiri atas, lalu pilih Tambahkan Tempat. Scroll saja kebawah dan Anda akan menemukan tulisan atau menu tambahkan tempat (dalam versi bahasa Indonesia). Untuk versi bahasa lainnya tinggal menyesuaikan saja dari terjemahannya.


Setelah Anda klik menu Tambahkan Tempat tersebut, Anda bisa langsung menambahkan lokasi atau tempat baru secara langsung di google maps dengan mengisi beberapa informasi seperti nama lokasi, kategori lokasi, Alamat lokasi, dan lain sebagainya. Jika sudah langsung klik kirim.


Sampai tahap ini Anda sudah menambahkan suatu lokasi baru di Google Maps, namun butuh beberapa hari agar lokasi Anda bisa ditelusuri oleh semua orang di goole maps. Namun sayangnya Anda tidak bisa mengelola lokasi ini secara langsung, tapi lokasi ini tetap akan ada di Google maps.

Maksud dari pengelolaan lokasi ini, Anda bisa menambahkan foto, video, dan berbagai fitur lainnya di google maps secara langsung. Dan biasanya akan muncul  keterangan lengkap saat ingin mencari lokasi di halaman pencarian google, seperti contohnya dibawah ini:


Di gambar tersebut saya mengetikkan " Andrie Kristianto " di halaman pencarian google, maka akan langsung otomatis muncul informasi lengkap yang ada di sebelah kanan dari pencarian tersebut. Jika Anda ingin seperti itu anda harus memverifikasi lokasi Anda dengan mengklaim lokasi tersebut.

Klaim ini hanya untuk verifikasi bahwa lokasi tersebut benar-benar lokasi milik Anda, dan cara verifikasi yang dilakukan yaitu google akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat yang Anda tambahkan lalu Anda memverifikasi kode tersebut melalui Halaman Google Bussiness.

Maka setelah itu Anda bisa mengelola lokasi tersebut seperti menambahkan Alamat lengkap, jam buka, website, no handphone, dan lain sebagainya.

Catatan: Lokasi Kost Andrie Kristianto diatas bukanlah lokasi kost saya, karena kost saya sudah baru. Lokasi diatas belum saya update ke lokasi terbaru.

Terima kasih, semoga artikel : 2 Langkah Mudah Cara Membuat dan Menambahkan Alamat di Google Maps Lewat PC/HP ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa dilain kesempatan.

Tambahkan Komentar

56 Komentar

Cancel

Jangan Lupa follow blog ini, silahkan klik disini ya.. Terima Kasih sudah berkunjung.