[UPDATE] - 5 Tahap Cara Menambahkan Alamat Rumah dan Bisnis Agar Terindeks di Google Maps

andrie.id - Pada beberapa bulan yang lalu postingan ini berisi artikel tentang sebuah pertanyaan, yang dimana pertanyaan tersebut banyak sekali dijawab oleh berbagai macam blogger di Seluruh Indonesia. Pertanyaan yang saya ajukan adalah Bagaimana Cara Menambahkan Alamat Rumah yang Belum Terindeks Agar Bisa Terindeks di Google Maps. Dari pertanyaan tersebut banyak sekali respon positif dan negatif yang aku dapatkan, mulai dari dimarahin karena menambahkan alamat rumah tidak diperbolehkan, karena takutnya nanti disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dan ada juga yang memberikan respon positif dengan memberitahukan cara-caranya, mulai dari cara yang sederhana sampai cara yang sangat detail sekali.

Wahh, dari sini aku sangat berterimakasih kembali kepada teman-teman yang sudah membantuku, dan akhirnya alamat rumahku sudah terindeks di semua aplikasi google maps. Sehingga kalau mau ngirim barang atau menerima barang tidak kesulitan lagi karena alamat yang tidak terindeks.

Nahh dari informasi yang aku dapatkan dari berbagai teman-teman blogger yang merespon, aku mau update artikel ini dengan artikel Cara Menambahkan Alamat Rumah dan Bisnis Agar Terindeks di Google Maps (di semua aplikasi pengguna yang terinstall google maps).

1. Langkah Pertama, masuk ke google maps atau bisa klik https://www.google.com/maps. Pastikan Anda sudah masuk atau login di google.

2. Langkah kedua, masukkan nama alamat rumah atau bisnis yang Anda miliki lalu tambahkan alamat tersebut sebagai alamat bisnis Anda, lihat contoh seperti pada di gambar. Setelah proses diatas, Anda selanjutkan akan diarahkan ke halaman " Tambah Bisnis " untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

3. Langkah Ketiga, setelah masuk ke halaman tambah bisnis lalu masukkan informasi tentang bisnis Anda, mulai dari nama bisnis, alamat bisnis, kontak, kategori bisnis, dan lain sebagainya. Dalam langkah ini alamat bisnis Anda belum bisa dilihat oleh seluruh pengguna, karena untuk memverifikasikannya Anda membutuhkan sebuah kode.

Setelah proses selesai Anda akan dikirimkan sebuah surat dari google yang berisi kode verifikasi alamat, yang dimana kode tersebut untuk memverifikasi alamat apakah benar atau tidak dan sasaran nya tepat. Oleh karena itu alamat bisnis yang dimasukkan harus benar dan lengkap, agar surat bisa sampai ke tangan Anda.
Sumber gambar : http://www.suparnoblog.com/cara-menambahkan-lokasi-bisnis-di-google-maps/

Setelah menerima kode verifikasi seperti diatas, silahkan lakukan verifikasi dengan login ke akun google bisnis Anda saat pertama kali mendaftar pada waktu itu.

4. Langkah keempat, Masukkan kode verifikasi yang sudah didapatkan pada kolom yang sudah disediakan. Lalu klik tombol 'kirim'.

5. Langkah terakhir, Selamat! Verifikasi alamat Anda sudah berhasil. Sekarang lokasi bisnis atau alamat yang Anda tambahkan sebelumnya sudah muncul di google maps. Dengan ini orang-orang akan dengan mudah menemukan lokasi bisnis yang Anda kelola, baik itu kos, rumah makan, kontrakan, tempat tinggal, dan lain-lain.

Begitulah 5 Tahap Cara Menambahkan Alamat Rumah dan Bisnis Agar Terindeks di Google Maps, semoga dengan artikel ini bisa memberikan manfaat kepada Anda semua yang ingin tahu atau belum tahu cara menambahkan alamat yang belum terindeks menjadi terindeks di seluruh smartphone yang terinstall google maps. Bahkan tidak hanya google maps, namun di aplikasi aplikasi lain yang menggunakan API Google maps juga akan muncul. Semoga bermanfaat :)

Comments

48 Komentar

Cancel