Cara Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Untuk SEO Website atau Blog

Cara Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Untuk SEO Website atau Blog

Andrie Kristianto - Cara Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Untuk SEO Website atau Blog. Tidak banyak orang yang paham mengenai apa itu DA dan PA, Domain Authority dan Page Authority sebenarnya masih sedikit ada hubungan dengan SEO dan biasanya menjadi tolak ukur apakah website ini berkualitas baik atau tidak. Mungkin ada yang pernah mendengar PageRank Google, jika disejajarkan hampir mirip-mirip sedikit. Bedanya kalau DA dan PA diukur berdasarkan angka, makin besar atau banyak angkanya maka semakin bagus website atau blog tersebut. Jika PageRank Google kan nilai terbesar untuk paling baik itu 10, jika DA dan PA nilai bagus untuk paling baik bisa mencapai angka 100.

Untuk SEO Website dan Blog, DA dan PA sangat penting sekali. Karena banyak sekali pelaku-pelaku SEO mencari DA dan PA yang tinggi untuk menanamkan link mereka di website tersebut supaya bisa meningkatkan ranking website mereka di mata mesin pencari. Sehingga banyak dari website berlomba-lomba agar website yang mereka miliki dapat muncul di Page 1 google, sehingga mudah untuk dilirik dan menghasilkan banyak pengunjung organik dari pencarian yang dicari oleh pengguna. Lalu apasih perbedaan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) Pada Website dan Blog? 

Apa itu Domain Authority (DA) ?

Domain Authority adalah Tolak ukur untuk sebuah domain website atau blog secara keseluruhan, DA ini biasanya mengukur kekuatan nama sebuah domain di mesin pencari. Semakin tinggi nilai angkanya maka semakin bagus pula website atau blog tersebut.  Ada 3 Faktor yang mempengaruhi Domain Authority (DA), yaitu: 
  • Umur Domain : Hal ini menunjukkan bahwa blog atau website tersebut sudah berapa lama ada di internet, semakin lama maka akan semakin baik. 
  • Popularitas Domain : Semakin banyak backlink atau inbound link yang mengarah pada situs web, semakin populer pula situs web tersebut. Dengan kepopuleran domain tersebut maka DA akan naik dan kepercayaan pengguna terhadap website atau blog tersebut semakin baik. 
  • Ukuran Domain : Pada faktor ketiga ini dipengaruhi oleh jumlah postingan yang ada di blog atau website tersebut, dengan semakin banyak postingan maka akan semakin banyak backlink yang masuk ke situs web. Cara ini tentu bisa meningkatkan DA atau Domain Authority. 
Cara Meningkatkan Domain Authority (DA) : Untuk meningkatkan nilai angka pada DA yaitu tentu harus melihat dari ke-3 faktor diatas diantaranya Umur Domain, Popularitas Domain, Ukuran Domain. Untuk bisa mencapai ke-3 faktor tersebut tentu harus banyak melakukan promosi blog di berbagai platform yang ada mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Email, dan masih banyak lagi. Promosi disini dalam kontes tidak melakukan spamming secara massal, lakukan sewajarnya saja.

Apa itu Page Authority (PA) ?

Page Authority adalah tolak ukur untuk sebuah domain untuk satu halaman saja pada situs website atau blog. Jadi kalau DA mengukur secara keselutuhan website tersebut, kalau PA ini mengukur kekuatan website hanya dari satu halaman atau postingan yang ada di website atau blog tersebut. PA yang tinggi biasanya halaman tersebut sering muncul di mesin pencari.

Sebenarnya tidak ada cara khusus untuk meningkatkan Page Authority (PA) ini, namun jika ingin menaikkan PA tentu harus memperhatikan konten yang original atau konten yang ditulis berdasarkan ketikan dari penulisnya, dan menarik untuk dibaca. Selain artikel post yang memiliki banyak kata kunci atau keyword, tentu harus memperhatikan hal-hal lainnya seperti title post, headings, struktur URL Blog, internal link, dan masih banyak lagi.<
Cara Meningkatkan Page Authority (PA) : Untuk meningkatkan nilai angka pada PA yaitu dengan belajar bagaimana mengelola suatu artikel, yaitu memilih kata kunci atau keyword yang sesuai lalu judul yang pas, meta tag pada blog, headings, internal links, dan masih banyak lagi. Tentu itu semua sangat berpengaruh sekali untuk kemunculan postingan blog di halaman mesin pencari seperti Google.

Jika sudah tahu apa perbedaan keduanya tentu teman-teman ingin tahu bagaimana mengecek cara mengecek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) pada website atau blog domain yang teman-teman miliki. DA dan PA sendiri diukur dari range 1 - 100, dan nilai terbaiknya adalah nilai angka yang paling besar yaitu 100. Untuk mengetahuinya silahkan tuliskan nama domain blog atau website teman-teman pada kolom dibawah ini : Contoh : https://be-pe.blogspot.com 

KESIMPULAN

Nah sekarang kita semua sudah tau apa itu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) untuk SEO pada website dan Blog. Bagi teman-teman yang ingin menaikkan DA dan PA nya terutama di mesin pencari, tentu harus sering update konten dan jangan lupa untuk memperhatikan kata kunci atau keyword didalam setiap postingan website atau blog yang teman-teman miliki. Dan dengan bantuan tools diatas kita semua bisa tau berapa DA dan PA website atau blog yang kita miliki, semoga artikel ini bermanfaat dan tools yang ada bisa berguna ya :D. Terima kasih.
Comments

103 Komentar

Cancel