Layanan Sewa Virtual Office dan Pembuatan PT atau CV di Indonesia

Andrie Kristianto

andrie.id -  Layanan Sewa Virtual Office dan Pembuatan PT atau CV di Indonesia. Perkembangan dunia digital kini membuat semua layanan dapat diakses dengan mudah, cepat, dan tanpa ada batasan waktu. Hal ini pun membuat semua aspek bidang berubah secara signifikan hampir diseluruh Indonesia.

Perubahan-perubahan yang terjadi pun tidak hanya disektor teknologi saja, akan tetapi juga disektor lain seperti bidang ekonomi, layanan jasa, dan pariwisata.

Seiring dengan hal tersebut, perkembangan infrastruktur pun mengalami peningkatan. Mudahnya mencari layanan jasa di internet, akses yang cepat dalam berbagai aspek, serta munculnya perusahaan-perusahan berbasis digital di Indonesia.

Layanan Sewa Virtual Office dan Pembuatan PT atau CV di Indonesia

Pada umumnya perusahaan-perusahaan di Indonesia memiliki kantor atau tempat kerja secara fisik dibeberapa lokasi. Hal ini tentu agar proses operasional pekerjaan sehari-hari menjadi lebih lancar, serta kinerja karyawan pun bisa dimonitoring. 

Namun bukan tidak mungkin dijaman sekarang ini perusahaan berbasis digital mulai bermunculan di Indonesia. Hal ini membuat perusahaan tidak perlu memiliki kantor secara fisik, akan tetapi operasional perusahaan tetap berjalan normal setiap harinya.

Virtual Office, Layanan Sewa Kantor di Indonesia

Dalam pengertian yang sederhana virtual office adalah sebuah "ruang kerja" yang berlokasi di dunia internet, sehingga segala aktivitas atau layanan bisnis dilakukan secara profesional atau pribadi tanpa harus memiliki lokasi atau ruang kerja fisik.

Saat ini sudah banyak sekali layanan sewa virtual office di jakarta, surabaya, tangerang, serta berbagai kota-kota besar lain di Indonesia. Dalam hal ini menyewa kantor virtual berarti menyewa alamat gedung tersebut sebagai lokasi usaha, bukan menyewa bangunan atau ruangannya secara fisik.

Kehadiran virtual office di Indonesia ini membuat pengusaha-pengusaha yang baru memulai bisnis atau usahanya merasa terbantu, karena dengan modal yang pas-pasan atau karyawan yang belum terlalu banyak mereka tetap bisa menjalankan perusahaan dengan terdaftar secara administrasi dan sah di mata hukum. 

Jika dilihat secara keseluruhan kantor virtual (virtual office) ini tidak jauh berbeda dengan kantor biasa (service office) pada umumnya, bahkan kantor virtual bisa saja seperti kantor biasa jika memang dibutuhkan. 

Seperti contohnya ada pengusaha yang ingin mengadakan pertemuan atau rapat secara langsung, pengusaha tersebut dapat menggunakan lokasi kantor virtual itu sebagai lokasi rapat atau pertemuan dengan klien. 

Layanan Sewa Virtual Office dan Pembuatan PT atau CV di IndonesiaSumber Gambar: https://www.digitalinformationworld.com

Manfaat Sewa Layanan Virtual Office

Mungkin kedepan virtual office ini akan bertransformasi kearah metaverse seperti yang sedang trend saat ini. Memiliki kantor yang benar-benar virtual dan bertemu dengan klien serta partner usaha virtual, mungkin akan menjadi lebih menarik lagi.

Adapun beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menyewa layanan virtual office bagi perusahaan, pengusaha, atau startup di Indonesia diantaranya.

Fasilitas Lengkap dan Memadai

Walaupun berbasis kantor virtual, layanan sewa ini tetap bersikap profesional layaknya kantor biasa pada umumnya. Dalam segi fasilitas tidak ada perbedaan yang signifikan, pelanggan yang menyewa tetap akan mendapatkan layanan voice email, penjawab telepon, hingga fasilitas ruang pertemuan apabila benar-benar dibutuhkan.

Akan tetapi konsep virtual office ini jelas berbeda dengan co-working space. Co-working space menyediakan tempat kerja yang bisa digunakan oleh siapa saja mulai dari pekerja lepas, mahasiswa, pelajar, hingga masyarakat umum. 

Namun berbeda dengan kantor virtual atau virtual office, karena virtual office kepemilikannya lebih pribadi oleh perusahaan, dan tidak bisa digunakan secara bebas oleh masyarakat luas pada umumnya. 

Kawasan Virtual Office dengan Lokasi yang Strategis

Untuk mencari layanan virtual office di jakarta, surabaya, tangerang, yogyakarta, atau kota-kota besar lain sebenarnya tidak terlalu sulit. Apalagi saat ini sudah banyak sekali layanan virtual office yang bisa disewa dari berbagai perusahaan seperti;

  • Layanan virtual Office99
  • CoHive Space
  • Voffice
  • Xwork Indonesia
  • GoWork 
  • ArvaHub 
  • SmartLegal
  • dan lain sebagainya.

Lokasi dari beberapa layanan jasa sewa virtual office diatas tersebar diseluruh wilayah Indonesia, tinggal dipilih saja layanan sewa kantor virtual mana yang cocok dengan perusahaan. Pastikan selalu benefit apa yang bisa diberikan dan fasilitas yang disediakan. 

Menyediakan Layanan Pembuatan PT atau CV di Indonesia

Pada saat pengguna atau perusahaan menyewa layanan sewa virtual office, biasanya layanan jasa tersebut menyediakan layanan pembuatan PT atau CV yang berlaku dan sah dimata hukum Indonesia. Bagi pengusaha yang dimana perusahaannya belum memiliki legalitas usaha, bisa mempercayakan pembuatannya di layanan ini. 

Harga yang ditawarkan oleh masing-masing layanan biasanya berbeda-beda, tinggal diatur saja kesepakatannya bagaimana dan disiapkan segala surat-menyurat serta izin yang dibutuhkan untuk mendirikan sebuah PT atau CV di Indonesia. 

Kesimpulan

Virtual office merupakan sebuah alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh pengusaha, startup, atau UMKM yang ingin memiliki alamat kantor yang sah secara administrasi dan hukum di Indonesia tanpa harus memiliki kantor fisik sendiri. 

Pelayanan yang diberikan pun tidak jauh berbeda dengan kantor offline pada umumnya, akses lebih cepat mudah dan tanpa ada batasan waktu. 

Komentar