Cara Nyoblos CAPRES dan CAWAPRES Saat Pemilu Masyarakat Indonesia Tidak Perlu Pulang Kampung

Cara Pilih Calon Presiden CAPRES dan Calon Wakil Presiden CAWAPRES Tidak Perlu Pulang Kampus
blog andrie.id - Nyoblos Calon Presiden CAPRES dan Calon Wakil Presiden CAWAPRES Saat Pemilu Tidak Perlu Pulang Kampung. PEMILU adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan politik yang ada di Indonesia. Jabatan yang harus diisi tersebut beraneka ragam, mulai dari presiden dan wakil presiden, lalu ada DPR, hingga kepala desa. 

Pemilu yang diadakan di Indonesia saat ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, dan seluruh masyarakat Indonesia yang usianya sudah berusia diatas 18 tahun bisa ikut memilih calonnya untuk bisa menduduki kursi yang kosong tersebut. 

Jika pada jaman dulu saat pemilu lalu memilih calon yang sudah dipersiapkan, nah untuk bisa memilih masyarakat Indonesia yang berada di perantauan harus pulang terlebih dahulu berdasarkan tempat tinggal yang ada di KTP nya. Hal itu pasti sangat merepotkan sekali, apalagi kalau jarak yang sangat jauh tentu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. 

Saat ini masyarakat Indonesia yang ingin mengikuti pemilu dan sudah berusia diatas 18 Tahun tidak perlu lagi pulang kampung untuk bisa memilih calonnya maju ke kursi pemerintahan atau kepala daerah. 

CEK Apakah Terdaftar Sebagai Peserta Pemilu   

Download Aplikasi KPU Pemilu RI 2024

Cek ini untuk melihat apakah Anda terdaftar sebagai peserta pemilu atau tidak, jika terdaftar Anda bisa langsung meminta formulir khusus untuk masyarakat yang berada di perantauan untuk bisa menjadi peserta pemilu yang resmi untuk bisa coblos calonnya di KPU.

Silahkan download aplikasi KPU melalui Google Play Store : KPU RI PEMILU 2019
Saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia di Android saja, untuk IOS belum ada. MungkinAnda ingin mendaftar menjadi developer nya dan ikut mengembangkan aplikasi PEMILU yang akan datang ?

Ikut PEMILU Masyarakat Indonesia Tidak Perlu Pulang Kampung

Bagi masyarakat Indonesia yang berada diluar tempat tinggal KTP atau berada di perantauan tidak perlu pulang kampung untuk bisa mengikuti PEMILU di Indonesia. Bahkan masyarakat Indonesia yang berada di luar negeri pun bisa ikut PEMILU langsung dari negara atau tempat tinggalnya masing-masing.

Masyarakat Indonesia yang berada diluar tempat tinggal atau berada diluar negeri hanya perlu memiliki surat A5, yang dimana lembar surat tersebut lah yang menjadi pegangan masyarakat Indonesia untuk membuktikan bahwa ia terdaftar dan bisa mengikuti atau coblos calonnya langsung dari tempat tinggalnya masing-masing.


Lalu bagaimana cara mendapatkan lembar surat formulit A5 ?

Hal yang harus dipersiapkan untuk bisa mendaftar dan mendapatkan lembar surat formulir A5 yaitu:
  1. e-KTP atau identitas resmi yang berlaku di Indonesia secara Nasional
  2. Berusia 18 tahun ke atas
  3. Terdaftar sebagai pemilih pada pemilu yang berlangsung 
  4. Warga Negara Indonesia

Untuk bisa mendapatkan lembar surat formulir A5 ini, setiap masyarakat Indonesia bisa langsung mendatangi KPU yang berada di tempat tinggalnya saat ini > lalu mendaftar sebagai pemilih yang berasal dari luar daerah. 

Langkah selanjutnya jika sudah mendaftar dan terdaftar sebagai pemilih, maka Anda akan mendapatkan lembar surat formulir A5 untuk bisa mencoblos calon yang sudah Anda persiapkan baik untuk calon presiden dan wakil presiden atau calon kepala daerah. 

Pertanyaan - Pertanyaan yang sering diajukan :

1. Bagaimana Jika Nama dan Nomor KTP saat CEK Tidak Terdaftar, padahal saya sudah berusia 18+ ?
Tenang, jika Anda merasa belum terdaftar, Anda bisa langsung melapor ke kelurahan terdekat dari lokasi Anda saat ini untuk bisa mendaftarkan diri menjadi peserta PEMILU. 

Anda juga bisa langsung datang pada saat Hari H untuk bisa mendapatkan lembar surat formulir A5 tersebut. Akan tetapi resiko jika Anda datang saat hari H saja, bisa saja lembar surat formulir tersebut habis, dan Anda harus mencari di tempat atau KPU lainnya. 

2. Bagaimana Jika Belum Memiliki e-KTP ? 
Tenang, pemilih bisa menggunakan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat untuk memilih di KPU.

3. Bagaimana Jika saya tidak sempat untuk ke kelurahan untuk mendaftarkan diri saya sebagai pemilih ?
Pemilih bisa mendownload aplikasi yang sudah dipersiapkan KPU bernama KPU RI Pemilu 2019 , mereka bisa mengisi formulir yang disiapkan di aplikasi tersebut. Nanti pihak KPU akan mengurus secara berjenjang untuk dimasukan ke dalam daftar pemilih khusus (DPK).

Nah begitulah terkait cara agar masyarakat Indonesia yang berada diluar daerah tetap bisa mengikuti PEMILU, jadi tidak harus pulang kampung. Semoga informasi ini bisa memberikan manfaat kepada Anda. Terima kasih.

Post a Comment

58 Comments

  1. jadi bagi para perantau nggak perlu panik karena hak memilih anda tetap terjamin

    ReplyDelete
  2. Nah ini, aku KTP masih jawa barat sedangkan domisili Bantul hehe
    ternyata hanya perlu isi formulir A5 saja ya mas, Thank for sharing mas :)

    ReplyDelete
  3. jangan lupa coblos no. urut 10 , nurhadi-aldo :V

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh iya nurhaldi aldo ajaa wes tronjal tronjol seru wkwkwk

      Delete
  4. ayo jangan pada golput yah hehe ini mempengaruhi masa depan bangsa Indonesia,, sangat penting, jangan dilewatkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pilih nomor 10 Nurhaldi Aldo untuk Indonesia yang tronjal tronjol lebih baik wuehehe

      Delete
    2. silakan pilih mas, di dunia nurhadi wkwkwk

      Delete
  5. nice sharing mas Bepe, demi mengurangi angka golput hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, 1 suara berarti sekali seabgai penentu

      Delete
  6. Sayang kalau hanya dapet presiden doang.. Baiknya sih pulang kampung aja, biar bisa milih dpr sesuai hati nurani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa DPR juga, tapi sayang nya kalau untuk DPR tidak bisa, harus pulang kampung dlu

      Delete
  7. Oya ..., sekarang yang jauh di perantauan ngga bisa pulkam buat nyoblos bisa ikutan nyoblos juga ?.
    Nah, dari dulu napaaaa ya dilaksanin begitu ...
    Banyak loh dulu yang golput gegara ngga bisa pulkam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mereka kebanyakan malas cari tahu sepertinya mudah-mudahan angka golput tahun ini berkurang

      Delete
  8. Alhamdulilah sekarang semakin dipermudah ya mau nyoblos dimanapun ga harus pulkam.. kalau harus pulkam lumayan juga ongkosnya

    ReplyDelete
  9. Wah, manfaat banget info ini. Jadi tak ada alasan gak milih gara-gara tak bisa pulkam.

    ReplyDelete
  10. Wah terima kasih banyak. Informasinya sangat bermanfaat dan saya juga baru tahu, hehe.

    ReplyDelete
  11. tadi ngecek di webnya, ndak ada nama saya mas T.T

    Semoga nanti diperbarui lagi datanya sehingga bisa milih haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh boleh datang ke kelurahan untuk mendaftar secara langsung, nanti ditunjuk tempat nyoblosnya dimana gitu

      Delete
  12. Zaman now ga perlu risau takut ga bisa nyoblos gara2 ga pulang kampung ya :) Asal tau caranya, plong deh hati ini. Jadinya ga golput. Sip tq infonya oke bingits deh.

    ReplyDelete
  13. semoga dengan adanya fitur ini bisa membantu rekan yang ada di luar daerah

    ReplyDelete
  14. Cara ini pernah aku terapkan saat aku ga di Medan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhh bisa nih pake formulir A5 untuk nyoblosnya wuehehe

      Delete
  15. Males ngurusnya mas, wkwkwk

    Yasud lah yah, mikirin masa depan sendiri aja.

    ReplyDelete
  16. Wah, sekarang jadi gak ada alasan unyuk golput ya. Semakin dipermudah :)

    ReplyDelete
  17. Info yang sangat membantu, jadi tak perlu lagi tak kehilangan hak milih karena tidak pulang kampung..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget, dimanapun sekarang bisa nyoblos wuehehe

      Delete
  18. sangat bermanfaat sekali baru tau sumpah hehehe

    ReplyDelete
  19. Jadi, tidak ada alasan ini itu untuk tidak nyoblos! Sip sip.

    ReplyDelete
  20. Betul banget mas, saat ini sudah tidak perlu bolak balik kos-kosan hanya sekedar nyoblos, dulu sih saya gitu mau nyblos aja harus pulang dulu. Bahkan di waktu hari H yg kerja bisa nyoblos di tempat kerja... wis penak tenan pokoke..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa sekarang lebih dimudahkan, saya pun merantau disini. Sekarang bisa nyoblos dimanapun kita berada wueheh

      Delete
  21. Alhamdulillah nama saya sudah terdaftar :D

    Terkait bisa memilih dengan cara langsung ke TPS dan menunjukkan KTP, sayangnya saya masih mendengar cerita bahwa dirinya ditolak dan tidak bisa memilih di TPS yang bersangkutan. Padahal sudah mengikuti prosedur utk pindah memilih. Mungkin hanya oknum dan semoga tidak terulang kembali kejadian seperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wihhh bagus dong, tinggal nunggu hari H nya uwhehe

      Delete
  22. Hanya ut capres yah. Ut legislatifnya kayaknya gak bisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mas, kalo untuk DPR gitu harus pulang kampung wuehehe

      Delete
    2. gpplah yang penting bisa nyoblos ut pilplres

      Delete
  23. makin banyak kemudahan untuk menyuarakan aspirasi kita termasuk dalam pemilihan sebagai negeri demokrasi ini ya mas. bagi anak-anak rantau ngga perlu ribet cari tiket pulang lagi deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesshhh, betul banget.. tinggal nunggu hari H nya nih wuehehe buat nyoblos

      Delete
  24. Makasih infonya Andrie, bermanfaat buat yang merantau agar nggak golput dan bisa menggunakan hak pilihnya..Sukses selalu Andrie

    ReplyDelete
  25. Mantap, sudah cek nama dan ternyata ada. Thank you, infonya bermanfaat!

    ReplyDelete
  26. Sip berarti ngurus formulir a5 dulu biar tetap bisa ikut pemilu

    ReplyDelete
  27. Smg banyak yg menggunakan hak pilihnya, jadi jangan golput yak. ..

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.