Cara Nyoblos Pilpres Pemilu 2019 di Tempat Tinggal Saat ini, Jadi Tidak Perlu Pulang Kampung

Andrie Kristianto - Cara Nyoblos Pilpres Pemilu 2019 di Tempat Tinggal Saat ini, Jadi Tidak Perlu Pulang Kampung. Pemilu adalah proses memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu, jabatan yang diduduki beraneka ragam, mulai dari presiden dan wakil presiden, dewan perwakilan rakyat di berbagai tingkat pemerintahan, sampai kepala desa. Jika dilihat saat ini sudah saatnya untuk memilih calon presiden dan wakil presiden yang akan digelar pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

Nah bagi pemilih yang kemungkinan tidak bisa pulang kampung ke tempat domisili asal KTP yang dimiliki, tetap dapat memberikan hak suaranya yaitu melalui TPS (Tempat Pemungutan Suara) terdekat di daerahnya masing-masing. Contoh saja seperti orang yang sedang magang, pekerja jauh, mahasiswa, santri, dan sebagainya.

Cara Untuk Mengetahui Seseorang Telah Terdaftar Sebagai Pemilih

Pertama kali diberitau saya masih ragu atau belum yakin apakah saya sudah terdaftar atau belum sebagai pemilih, karena pertama kendala saya yaitu masih merantau juga dan tidak bisa pulang ke rumah domisili KTP saya. Oleh karena itu saya khawatir saya tidak bisa berkontribusi untuk nyoblos pilpres 2019 nanti. Namun sekarang saya sudah tau bagaimana cara melihat apakah seseorang telah terdaftar atau belum sebagai pemilih di Pemilu 2019 mendatang.

Pertama, buka LindungiHakPilihmu.kpu.go.id melalui browser, lalu ketikkan Nama Lengkap dan Nomor KTP Elektronik yang teman-teman miliki. Lalu KLIK Cari.

Setelah itu maka akan langsung muncul Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, dan TPS asal yang sesuai dengan domisili di KTP. Jika muncul berarti terdaftar sebagai pemilih di Pemilu 2019 mendatang.
Pemberitahuan : Apabila pemilih melakukan pengecekan data dirinya kemudian belum terdaftar dalam DPT, mereka bisa mengisi formulir yang disiapkan di aplikasi tersebut. Nanti pihak KPU akan mengurus secara berjenjang untuk dimasukan ke dalam daftar pemilih khusus (DPK).
KPU pun telah menyiapkan aplikasi bernama KPU RI Pemilu 2019 yang bisa diunduh di smartphone pemilih masing-masing. Lewat aplikasi ini, warga negara bisa mengecek apakah dirinya sudah tercantum dalam DPT atau belum.

Memiliki Formulir A5 Sebagai Syarat Untuk Nyoblos Pilpres 2019 Dari Luar Daerah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI membuka kesempatan bagi warga untuk pindah tempat memilih saat pemilu 2019. Komisioner KPU RI Viryan berkata, warga bisa berpindah tempat memilih jika telah mengantongi formulir A5 yang diberikan penyelenggara pemilu kabupaten/kota. Formulir itu akan diberikan jika pemilih terkait mengurus perpindahan tempat memilih.


Dengan membawa formulir A5 ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) di kelurahan terdekatnya maka pemilih bisa menggunakan hak pilihnya. Warga yang pindah tempat memilih akan masuk Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Untuk pindah tempat memilih, warga harus memenuhi beberapa persyaratan.

Pertama, warga terkait harus mendatangi KPU Kabupaten/Kota asal atau tujuan. Setelah itu, data pemilih terkait akan dihapus dari TPS awalnya. Terakhir, ia akan mendapat formulir A5 dari KPU Kabupaten/Kota dan bisa digunakan saat hari pemungutan suara.
Pertanyaan - Pertanyaaan :
1. Bagaimana Jika Nama dan KTP yang saya miliki belum terdaftar di aplikasi ? Tenang saja. Jika merasa belum terdaftar, pemilih segera melapor ke kelurahan terdekat. Bahkan, jika menjelang hari H belum juga terdaftar, pemilih bisa langsung datang ke TPS dengan membawa e-KTP.

2. Bagaimana Jika Belum memiliki e-KTP ? Tenang, pemilih bisa menggunakan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat untuk memilih di KPU.

3. Bagaimana Jika saya tidak sempat untuk ke kelurahan untuk mendaftarkan diri saya sebagai pemilih ? Pemilih bisa mendownload aplikasi yang sudah dipersiapkan KPU bernama KPU RI Pemilu 2019 , mereka bisa mengisi formulir yang disiapkan di aplikasi tersebut. Nanti pihak KPU akan mengurus secara berjenjang untuk dimasukan ke dalam daftar pemilih khusus (DPK).
Semoga informasi ini bermanfaat ya bagi yang sedang diluar daerah atau kota, semoga pilihannya bisa memberikan yang terbaik. Semangat Nyoblos Pilpres 2019 dari luar daerah :D

Sumber Foto : Gudeg.net
Sumber Berita : https://tirto.id/kpu-ri-buka-kemungkinan-warga-pindah-tempat-memilih-di-pemilu-2019-cXe4
Comments

58 Komentar

Cancel