Inilah Fungsi Rem Sesungguhnya, Ternyata Tidak Untuk Memberhentikan Kendaraan

Sample-001
Andrie Kristianto - Inilah Fungsi Rem Sesungguhnya, Ternyata Tidak Untuk Memberhentikan Kendaraan. Banyak orang belum sadar dan tidak mengetahui fungsi rem yang sesungguhnya, kebanyakan mungkin akan menjawab bahwa fungsi rem yaitu untuk memberhentikan kendaraan.

Disaat kaget atau panik saat berkendara pasti teman-teman akan secara spontan menginjak rem dari kendaraan teman-teman sendiri, padahal hal ini sangat tidak dianjurkan. Pemikiran atau mindset bahwa nge-rem adalah untuk berhenti itu harus diubah, yang bisa membuat kendaraan berhenti hanya beton, pohon, ataupun benda-benda berat lainnya.

Sebenarnya fungsi utama kendaraan sendiri yaitu untuk mengurangi kecepatan, bukan untuk menghentikan kendaraan. Karena jika teman-teman terlalu menekan untuk menginjak rem maka akan berakibat fatal, kendaraan tidak akan berhenti melainkan ban akan tergelincir karena cengkraman ban ke aspal akan berkurang.

Nah begitulah fungsi utama rem sesungguhnya, ternyata tidak untuk memberhentikan kendaraan tetapi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan jika kecepatan kendaraan melebihi batas yang dianjurkan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

50 Comments

  1. Simpel mengena, memang begitu seharusnya. Mengerem juga harus dilakukan dengan halus. Meremasnya (pada motor) bukan secara spontan biar tidak terjadi slip. btw ada kalimat yg mungkin kurang di paragraf 4 kalimat pertama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap harus hati-hati baik untuk diri sendiri atau keselamatan orang lain ya

      Delete
  2. hihihih, kebayang kalo fungsi rem adalah untuk memberhentikan kendaraan. dia melaju kencang dan dia rem apa yang terjadi. cet dia berhenti "dengan selamat" ^_^. seprti ndak logic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akan sungguh membahayakan jika langsung rem keras saat melaju kencang, jadi fungsi rem untuk mengurangi kecepatan bukan untuk memberhentikan kendaraan

      Delete
  3. Bener banget tuh, kalo tiba-tiba nginjak rem dengan kuat, bukannya berenti, tapi malah kecelakaan.

    ReplyDelete
  4. Duh mungkin gara2 stigma rem ini saya masih belum lulus mengemudi, udah kagok aja klo pas rem 😅

    ReplyDelete
  5. Sepintas ya tidak jauh beda ya, antara menghentikan kendaraan dan mengurangi kecepatan.
    Dengan perlahan mengurangi kecepatan, pastinya kendaraan perlahan juga akan berhenti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berhenti langsung berhenti, kalo mengurangi bisa dilakukan dari jauh jauh agar kecepatan kendaraan bisa berkurang dan berhenti dengan selamat

      Delete
  6. Padahal fungsi rem yang sesungguhnya untuk memberhentikan itu ada pada pundak sang sopir.. bang, bang, pasar minggu berhenti.. :D

    ReplyDelete
  7. Kalau langsung berhenti, yang terjadi kecelakaan. Untung fungsinya sebagai pengurang kecepatan..

    ReplyDelete
  8. wkwkwk.. gw pikir ya rem memamng buat memberhentikan kendaraan :D

    ReplyDelete
  9. Ingat banget waktu pertama kali belajar mobil, sama pengajarnya dibilang kalau mau berhenti harus rem pelan-pelan kira-kira 10m dari tempat pemberhentian, jangan ngedadak.

    ReplyDelete
  10. Ternyata fungsi utamanya mengurangi kecepatan, berarti selama ini banyak yang salah kaprah ya

    Ngayap.com

    ReplyDelete
  11. Iya juga sih, kalo langsung berhenti, hukum fisika nanti berlaku. Kendaraan mungkin bisa berhenti pada rem yang mencengkeram bagus, tapi nanti malah mencelakai pengendara sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya harus hati hati dalam memberhentikan kendaraannya kak

      Delete
  12. kirain buat menhentiin,, ternyata cuma buat ngurangi laju aja hehe

    ReplyDelete
  13. Tapi kadang suka jengkel juga sama angkot yang suka ngerem ngedadak wkwkwk,,,ingin berkata kasar jadinya,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya bisa membahayakan keselamatan orang lain juga kak

      Delete
  14. Klo edisi ngeyel.. kan pada akhirnya brenti juga mas hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi bisa membahayakan keselamatan orang lain juga kak

      Delete
    2. Mksdnya perlahan-lahan pada akhirnya berhenti juga kan :D

      Delete
    3. Iyaaa kak maksudnya memang seperti itu, jadi jika ingin berhenti harus ngerem dari jauh jauh, agar berhentinya tidak mendadak hehe

      Delete
  15. Makanya kalau mau bilang Kiri ke supir Bus paling tidak 100 m sebelum tujuan

    ReplyDelete
  16. Owalah begitu ya..
    Tapi sama saja sih, klo mau berhenti memarkirkan harus injekrem juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin lebih ke cara memberhentikan kendaraanya kak, tidak mendadak saja hehe

      Delete
  17. Wahhh bener banget tuh, memang rem untuk mengurangi kecepatan.. Makanya ak sering banget kalau mau berhenti gitu harus ngerem dari jauh jauh biar berhentinya sesuai dengan yang ak inginkan... Jadi kalau memberhentikan kendaraan dengan rem tiba-tiba malah bisa membahayakan keselamatan diri sendiri ataupun orang lain hehe

    ReplyDelete
  18. betul sih mas, tapi kan saya jadi ketawa.
    dulu saya juga pernah ngerem mendadak gitu dan hampir aja jatuh...
    kalau mau nginjak rem emang kudu pake perasaan ngaak boleh asal injek aja, ntar malah nyolot

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget kak, harus selalu hati-hati memang.. Kalau tidak bisa membahayakan kakak sendiri, apalagi jika orang yang dibelakang kita kaget karena kita ngerem mendadak malah jadi bahaya kan.. hehe

      Delete
  19. Saya dulu pertama belajar mengendarai sepeda motor juga dikasih tahu ayah bahwa fungsi utama rem adalah untuk mengurangi kecepatan. Kalau mengeremnya terlalu menekan, kendaraan auto terbang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gituh auto terbang.... Masa sih bohong banget deh ih

      Delete
  20. betul-betul..
    fungsi rem itu ya untuk mengurangi kecepatan, ada bener nya juga sih utk memberhentikan kendaraan, tetapi secara perlahan..

    ReplyDelete
  21. Jika ternyata rem fungsinya bukan untuk menghentikan besok besok mamang mah mau menghentikan kendaraannya pake sendal jepit aja ah... tak injek bannya supaya berhenti

    ReplyDelete
  22. Mengurangi kecepatan,,kalau mau memberhentikan kendaraan yaitu denan jangan menyalakan kendaraannya

    ReplyDelete
  23. Sangat menarik ini, tapi memang kebanyakan orang juga mengatakan demikian bahwa fungsi rem itu ya supaya berhenti walaupun butuh proses hehehehe

    ReplyDelete
  24. kalau terus berhenti, lain pula yang jadi nanti...

    ReplyDelete
  25. Pendapat setiap orang pasti seperti ini, tapi ternyata lebih tepatnya untuk mengurangi kecepatan pada kendaraan ya. Gak kebayang kalo memang fungsi utama rem untuk membuat kendaraan berhenti...

    ReplyDelete
  26. Oo... itulah sebabnya berbahaya kalau mengerem mendadak ya. Baru tahu info ini.

    ReplyDelete
  27. Iya bnr bgt, rem itu untuk mengurangi kecepatan, bukan menghentikan.
    Perlu edukasi, agar sepemahaman bagi pengendara kendaraan. Terutama edukasi buat si kecil, spy mengubah mindset

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.