Cara Mengembalikan Data Flashdisk atau Memori Card yang Tidak Sengaja Terhapus Oleh Virus

Andrie Kristianto - Cara Mengembalikan Data Flash disk atau Memory Card yang Tidak Sengaja Terhapus Oleh Virus. Pengalaman yang saya alami beberapa hari yang lalu, saat ingin melihat file desain yang ada di flash disk yang saya miliki. Namun saat saya mencolokkan flash disk tersebut, tiba-tiba saja anti-virus mendeteksi adanya data yang terinfeksi virus dan data tersebut otomatis terhapus.

Kejadian tersebut membuat saya panik, karena tidak hanya file desain saja tapi file kerjaan kantor, dan file-file lainnya yang penting banyak terdapat di flash disk tersebut. Berbagai cara saya lakukan untuk mengembalikan data file saya tapi tetap saja gagal. Hingga pada akhirnya saya mendapatkan solusi dari teman kampus saya terkait cara mengembalikan data flash disk yang tidak sengaja terhapus oleh virus.

Dan ternyata dari solusi yang diberikan tersebut data flash disk yang hilang oleh virus itupun kembali seperti semula, dan bisa dibuka atau dipergunakan kembali. Berikut adalah caranya:

1Jalankan Program Command Prompt (CMD)

Jalankan program Command Prompt (CMD), caranya bisa lewat form pencarian kemudian ketikkan CMD dan pilih hasil dengan nama tersebut
Langkah 1. Buka Command Prompt (CMD)

2Mengetikkan Direktori Flashdisk

Setelah Command Prompt terbuka, lalu lihat direktori dari flash disk yang Anda miliki, biasanya sih kalo tidak E: G: atau H. Setelah itu ketikkan E: atau G: sesuai dengan jenis direktori dari flash disk Anda.
Langkah 2: Mengetikan Direktori Flashdisk

3Ketikkan Kode Perintah

Selanjutnya ketikkan kode perintah ini: attrib -s -h *.* /s /d (perhatikan spasinya), karena jika ada kurang spasi atau spasi lebih sudah pasti akan gagal, pesan ini langsung disampaikan oleh teman saya haha. Kemudian tekan enter.
Langkah 3: Mengetikkan Kode Perintah Untuk Mengembalikan Data Flashdisk

Kode perintah diatas sukses dalam mengembalikkan data flash disk atau memory card yang tidak sengaja terhapus oleh anti virus, saya sudah pernah mempraktekkannya secara langsung dan berhasil.

Namun jika masih belum berhasil juga Anda bisa mengulangi langkah 1-3, lalu untuk langkah 3 ketikkan kode perintah ini : attrib -r -a -s -h *.* /s /d /l atau attrib -s -r -h -a G:*.* /s /d (G: adalah direktori flash disk Anda).

Selamat Mencoba dan Semoga Berhasil.
Comments

35 Komentar

Cancel