[GRATIS] Cara Mengurus Ijazah, Surat atau Berkas File Penting yang Hilang dan Rusak Akibat Banjir

https://hot.liputan6.com/read/4148192/video-cara-mengganti-ijazah-rusak-karena-banjir
[GRATIS] Cara Mengurus Ijazah, Surat atau Berkas File Penting yang Hilang dan Rusak Akibat Banjir. Banjir yang saat ini menggenangi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya ini tidak hanya membuat akses jalan yang tergenang dengan air, atau perumahan yang tenggelam. Banyak masyarakat juga mengalami kehilangan berbagai macam jenis surat, ijasah sekolah, serta berkas-berkas penting lainnya yang hilang ataupun rusak akibat banjir.

Lalu bagaimana cara mengurus Ijazah, surat, serta berkas penting lainnya agar dapat diganti dengan yang baru supaya dikemudian hari jika dibutuhkan dapat digunakan dengan baik. Untuk pengurusan arsip atau berkas-berkas ini bisa dilakukan di beberapa tempat yang membuka layanannya, seperti:

1. ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)
2. Dukcapil
3. Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan
4. Kantor Polisi Daerah

Setiap tempat pelayanan untuk penggantian surat memiliki persyaratan yang harus dipenuhi agar proses pergantian atau pengurusan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)


Info Selengkapnya :  https://www.anri.go.id/publikasi/berita/gerak-cepat-pemerintah-dalam-inventarisasi-arsip-sertipikat-terdampak-banjir

Dukcapil 

Informasi Selengkapnya :  https://www.instagram.com/p/B62Ey4bJRzd/

Ditlantas POLDA METRO JAYA

Info Selengkapnya :  https://www.instagram.com/p/B69f74kJfhv/

Demikian Informasi yang bisa saya sampaikan, semoga teman-teman lain yang terdampak banjir bisa cepat pulih dan bisa melanjutkan aktivitasnya. Jangan lupa bantu teman-teman kita yang terkena dampak banjir ataupun yang belum terkena bantuan agar bisa cepat melapor agar dapat ditangani secara cepat oleh relawan ataupun gabungan tni polri yang berlokasi disana.

Post a Comment

40 Comments

  1. Sangat membantu sharing ini. Melihat begitu mengerikannya ketika aset di dalam rumah rusak seketika karena banjir, karena tak sempat menyelamatkan.
    Banjir merupakan bencana medium, tak seperah kebakaran, tapi tetap saja namanya musibah memberikan kedukaan yang serupa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, harus tetap waspada dan was was selalu

      Delete
  2. ini buat kawan-kawan kita yang di jakarta semoga baca postingan ini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dibantu share dong kak makanya, agar pesan ini mudah tersampaikan dengan teman-teman disana hehe

      Delete
  3. Yang di arsip nasional itu dokumennya bakal diapain ya? Kok jadi penasaran metode restorasinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe pastinya akan diperbaiki kembali yang rusak tersebut ;D

      Delete
  4. Makasih mas Andrie, penting banget ni infonya buat teman-teman yang kena musibah, sampai berkas pentingnya hilang dan rusak.

    ReplyDelete
  5. Wah ini tips yang sangat membantu ya buat yang lgi kehilangan arsip

    ReplyDelete
  6. Info yang amat sangat bermanfaat buat warga yang terdampak banjir

    ReplyDelete
  7. Info yang bermanfaat. Seringkali korban banjir kebingungan mengurus ke mana, takut ribet, takut keluar biaya lagi

    ReplyDelete
  8. Musim hujan gini, memang harus menyimpan dokumen penting dengan baik
    Kalau terjadi banjir, atau hal lainnya masih aman dan terselamatkan
    Tapi jika terjadi hal yang tidak terduga, datang ke kantor kelurahan setempat. Biar secepatnya diurus atau dapat salinannya

    ReplyDelete
  9. Terima kasih infonya, Mas. Btw untuk yang di luar Jakarta, apa ada info juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama saja kak, tinggal datang saja ke kantor administrasi daerah setempat...

      Delete
  10. info bermanfaat….
    thank you for sharing

    ReplyDelete
  11. Syukurlah, emang harus ada kemudahan untuk korban bencana alam ya...
    itu kan force major yang di luar kendali kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang diluar dugaan si, jadi ya harus bagaimana lagi

      Delete
  12. Saya juga pernah lihat Kegiatan tsb di TV mas yg di siarkan langsung oleh salah satu televisi. Dengan adanya program tsb, sangat memudahkan bagi masyarakat umumnya, khususnya yg terdampak banjir yang dokumen2 pentingnya rusak atau hilang. Semoga program kegiatan tsb selalu ada, sehingga masyarakat tdk merasa kesusahan dan kesulitan dalam mengurus Dokumen2 penting yg hilang atau rusak. Tentunya sesuai dengan peraturan dan prosedur yg sdh ditetapkan oleh instansi yg mengadakan kegiatan tsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih semoga bisa selamanya ada hahaha, jadi tidak hanya ada banjir aja.. Dibiayai pemerintah dalam mengurus surat surat tersebut kan jadi enak.. Selain gratis juga bisa proses nya cepet :D

      Delete
  13. Msi inget dlu ngurusin beginian mayan capek bingit ya.. semoga next lebih dipermudh lg

    ReplyDelete
  14. Duh pasti pusing banget yah kalo dokumen penting sampe rusak atau hilang karena banjir. Mudah2 sodara2 kita yang terkena banjir bisa mendapat lagi dokumennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, apalagi kalau melamar pekerjaan atau melamar cewe kan butuh surat juga hjehehe ;D

      Delete
  15. waduh ga yakin gratis nih mas hehe. karna pengalaman stnk pribadi hillang ya masih aja minta

    ReplyDelete
  16. Syukurlah ya, banyak bantuan yang memudahkan para korban banjir.
    Semoga para korban bisa mengurus semua ijazah dan surat-surat berharganya dengan mudah dan cepat.
    Memang ya, kita wajib banget mengumpulkan semua surat berharga dalam 1 temmpat yang mudah digapai.
    Agar kalau ada bencana, kita bisa nyelamatin surat-surat berharga tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, semoga saja tetap aman dan selamat semua ya

      Delete
  17. Thanks, Mas NAdrie atas informasinya. Pemerintah sigap ya kini masyarakat bisa menindaklanjuti dokumen2 yang hilang maupun rusak karena bencana banjir dsb.

    ReplyDelete
  18. Wahh bener nih informasi nya mas. Pas momennya. Hal kunci lainnya memang butuh literasi bagi keluarga buat mengurangi resiko rusaknya dokumen/arsip keluarga saat bencana. Terutama daerah rawan banjir. Sependek pengetahuan saya, ANRI sudah mulai menggerakkan gerakan sadar arsip gitu, untuk meminimalkan angka kerusakan dokumen keluarga saat bencana terjadi

    ReplyDelete
  19. Waah, temen ku seminggu lalu kehilangan ijazah tuh
    Lagi bingung ngurus kemna biar bisa dapet lagi

    Harus baca ini deh

    ReplyDelete
  20. menarik dan bermanfaat.. semoga dibaca sama korban banjir yang membutuhkan info ini

    ReplyDelete
  21. Penasaran dengan mode restorasi diarsip nasional. Ini akan sangat membantu memulihkan arsip di sekolahan yg terendam banjir. Makasih infonya mas Andri

    ReplyDelete
  22. Seep. Tulisanny sngat membantu

    ReplyDelete
  23. Kalau ijazah yang hilang dan tak ada salinan arsip, apa bisa ya? Apa ngurusnya mesti di kota yang sama tempat ijazah dikeluarkan?

    ReplyDelete
  24. Terima kasih infonya Mas, sangat membantu sekali. Artikel sederhana, tapi berbobot. Semoga bisa memberikan manfaat terutama bagi mereka yang terkena dampak banjir

    ReplyDelete

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.