[GRATIS] Cara Mengurus Ijazah, Surat atau Berkas File Penting yang Hilang dan Rusak Akibat Banjir

Andrie Kristianto
https://hot.liputan6.com/read/4148192/video-cara-mengganti-ijazah-rusak-karena-banjir
[GRATIS] Cara Mengurus Ijazah, Surat atau Berkas File Penting yang Hilang dan Rusak Akibat Banjir. Banjir yang saat ini menggenangi wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya ini tidak hanya membuat akses jalan yang tergenang dengan air, atau perumahan yang tenggelam. Banyak masyarakat juga mengalami kehilangan berbagai macam jenis surat, ijasah sekolah, serta berkas-berkas penting lainnya yang hilang ataupun rusak akibat banjir.

Lalu bagaimana cara mengurus Ijazah, surat, serta berkas penting lainnya agar dapat diganti dengan yang baru supaya dikemudian hari jika dibutuhkan dapat digunakan dengan baik. Untuk pengurusan arsip atau berkas-berkas ini bisa dilakukan di beberapa tempat yang membuka layanannya, seperti:

1. ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)
2. Dukcapil
3. Pelayanan Keliling Administrasi Kependudukan
4. Kantor Polisi Daerah

Setiap tempat pelayanan untuk penggantian surat memiliki persyaratan yang harus dipenuhi agar proses pergantian atau pengurusan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Untuk persyaratan yang harus dipenuhi antara lain:

ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia)


Info Selengkapnya :  https://www.anri.go.id/publikasi/berita/gerak-cepat-pemerintah-dalam-inventarisasi-arsip-sertipikat-terdampak-banjir

Dukcapil 

Informasi Selengkapnya :  https://www.instagram.com/p/B62Ey4bJRzd/

Ditlantas POLDA METRO JAYA

Info Selengkapnya :  https://www.instagram.com/p/B69f74kJfhv/

Demikian Informasi yang bisa saya sampaikan, semoga teman-teman lain yang terdampak banjir bisa cepat pulih dan bisa melanjutkan aktivitasnya. Jangan lupa bantu teman-teman kita yang terkena dampak banjir ataupun yang belum terkena bantuan agar bisa cepat melapor agar dapat ditangani secara cepat oleh relawan ataupun gabungan tni polri yang berlokasi disana.
Comments

40 Komentar

  • $cocoper6
    Sangat membantu sharing ini. Melihat begitu mengerikannya ketika aset di dalam rumah rusak seketika karena banjir, karena tak sempat menyelamatkan.
    Banjir merupakan bencana medium, tak seperah kebakaran, tapi tetap saja namanya musibah memberikan kedukaan yang serupa.
  • Khanif
    ini buat kawan-kawan kita yang di jakarta semoga baca postingan ini :D
    • Andrie Kristianto
      Dibantu share dong kak makanya, agar pesan ini mudah tersampaikan dengan teman-teman disana hehe
  • Pungkas nurrohman
    Yang di arsip nasional itu dokumennya bakal diapain ya? Kok jadi penasaran metode restorasinya.
  • Lantana Magenta Hermosa
    Makasih mas Andrie, penting banget ni infonya buat teman-teman yang kena musibah, sampai berkas pentingnya hilang dan rusak.
  • Farah Salsabila
    Wah ini tips yang sangat membantu ya buat yang lgi kehilangan arsip
  • Adinizm
    Info yang amat sangat bermanfaat buat warga yang terdampak banjir
  • Vicky Cahyagi
    Info yang bermanfaat. Seringkali korban banjir kebingungan mengurus ke mana, takut ribet, takut keluar biaya lagi
  • Djangkaru Bumi
    Musim hujan gini, memang harus menyimpan dokumen penting dengan baik
    Kalau terjadi banjir, atau hal lainnya masih aman dan terselamatkan
    Tapi jika terjadi hal yang tidak terduga, datang ke kantor kelurahan setempat. Biar secepatnya diurus atau dapat salinannya
  • Pipit Widya
    Terima kasih infonya, Mas. Btw untuk yang di luar Jakarta, apa ada info juga?
    • Andrie Kristianto
      Sama saja kak, tinggal datang saja ke kantor administrasi daerah setempat...
  • Tanza Erlambang
    info bermanfaat….
    thank you for sharing
  • Hanila
    Syukurlah, emang harus ada kemudahan untuk korban bencana alam ya...
    itu kan force major yang di luar kendali kita.
  • Eka Ikhsanudin
    Saya juga pernah lihat Kegiatan tsb di TV mas yg di siarkan langsung oleh salah satu televisi. Dengan adanya program tsb, sangat memudahkan bagi masyarakat umumnya, khususnya yg terdampak banjir yang dokumen2 pentingnya rusak atau hilang. Semoga program kegiatan tsb selalu ada, sehingga masyarakat tdk merasa kesusahan dan kesulitan dalam mengurus Dokumen2 penting yg hilang atau rusak. Tentunya sesuai dengan peraturan dan prosedur yg sdh ditetapkan oleh instansi yg mengadakan kegiatan tsb.
    • Andrie Kristianto
      Iya nih semoga bisa selamanya ada hahaha, jadi tidak hanya ada banjir aja.. Dibiayai pemerintah dalam mengurus surat surat tersebut kan jadi enak.. Selain gratis juga bisa proses nya cepet :D
  • Vika Hamidah
    Msi inget dlu ngurusin beginian mayan capek bingit ya.. semoga next lebih dipermudh lg
  • Bang Day
    Duh pasti pusing banget yah kalo dokumen penting sampe rusak atau hilang karena banjir. Mudah2 sodara2 kita yang terkena banjir bisa mendapat lagi dokumennya
    • Andrie Kristianto
      Bener banget, apalagi kalau melamar pekerjaan atau melamar cewe kan butuh surat juga hjehehe ;D
  • Arenapublik
    waduh ga yakin gratis nih mas hehe. karna pengalaman stnk pribadi hillang ya masih aja minta
  • Reyne Raea (Rey)
    Syukurlah ya, banyak bantuan yang memudahkan para korban banjir.
    Semoga para korban bisa mengurus semua ijazah dan surat-surat berharganya dengan mudah dan cepat.
    Memang ya, kita wajib banget mengumpulkan semua surat berharga dalam 1 temmpat yang mudah digapai.
    Agar kalau ada bencana, kita bisa nyelamatin surat-surat berharga tersebut.
  • Nurul Sufitri
    Thanks, Mas NAdrie atas informasinya. Pemerintah sigap ya kini masyarakat bisa menindaklanjuti dokumen2 yang hilang maupun rusak karena bencana banjir dsb.
  • Rahmat Fadhli
    Wahh bener nih informasi nya mas. Pas momennya. Hal kunci lainnya memang butuh literasi bagi keluarga buat mengurangi resiko rusaknya dokumen/arsip keluarga saat bencana. Terutama daerah rawan banjir. Sependek pengetahuan saya, ANRI sudah mulai menggerakkan gerakan sadar arsip gitu, untuk meminimalkan angka kerusakan dokumen keluarga saat bencana terjadi
  • AuL Howler
    Waah, temen ku seminggu lalu kehilangan ijazah tuh
    Lagi bingung ngurus kemna biar bisa dapet lagi

    Harus baca ini deh
  • Heri Heryanto
    menarik dan bermanfaat.. semoga dibaca sama korban banjir yang membutuhkan info ini
  • Dewi Apriliana
    Penasaran dengan mode restorasi diarsip nasional. Ini akan sangat membantu memulihkan arsip di sekolahan yg terendam banjir. Makasih infonya mas Andri
  • imyonie
    Seep. Tulisanny sngat membantu
  • Deris Afriani
    Kalau ijazah yang hilang dan tak ada salinan arsip, apa bisa ya? Apa ngurusnya mesti di kota yang sama tempat ijazah dikeluarkan?
  • Hendra Media
    Terima kasih infonya Mas, sangat membantu sekali. Artikel sederhana, tapi berbobot. Semoga bisa memberikan manfaat terutama bagi mereka yang terkena dampak banjir
Cancel

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.