Trend:

Mengenal Freeport Dari Dekat; Papua, Freeport, dan Indonesia

Mengenal Freeport Dari Dekat; Papua, Freeport, dan Indonesia. Papua memiliki sumber daya yang melimpah. Sebagai wilayah yang berada di bagian timur Indonesia, dan dikenal dengan sebutan " Bumi Cendrawasih " ini banyak sekali menyimpan pesona yang jarang sekali diketahui oleh masyarakat luas, terutama masyarakat yang berada diluar papua. Mulai dari pesona alam yang sangat indah untuk pariwisata dunia, budayanya yang sangat kental,  hingga sumber daya manusia dan alam sebagai aset yang sangat berharga.

Bagi Soekarno, Indonesia tanpa papua sama seperti tubuh tanpa ujung jemari. -otobiografi soekarno: Penyambung Lidah Rakyat Indonesia


Papua memang wilayah yang kaya akan pesona dan sumber dayanya, seperti wilayah-wilayah Indonesia lainnya. Pesona dan kekayaan terbesar yang dimiliki papua adalah  alamnya yang berupa tambang tembaga, emas, dan perak. Pertambangan emas perak dan tembaga ini dikelola langsung oleh PT Freeport Indonesia yang saat ini beralih ke PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum).


PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama dan terbesar di Indonesia yang bergerak dalam bidang peleburan Alumunium. Inalum sendiri memiliki kepemilikan saham Freeport Indonesia sebesar 51,23% yang bermula hanya 9.63% saja.

MENGENAL LEBIH DEKAT PT FREEPORT INDONESIA

PT Freeport Indonesia (PTFI) merupakan tambang mineral afiliasi dari Freeport-McMoran (FCX) dan Mining Industry Indonesia (MIND ID). PTFI menambang dan memproses bijih konsentrat yang mengandung tembaga, emas, dan perak. Pemasaran yang dilakukan pun dilakukan ke seluruh penjuru dunia dan Indonesia, yang tentu diolah kembali dalam berbagai bentuk serta olahan lainnya agar bisa dipergunakan dan dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat luas.

Selama kurang lebih 50 tahun beroperasi di Papua, Kontribusi Freeport untuk masyarakat telah memberikan dampak positif, melalui program-program pembinaan usaha, kesehatan, serta pembangunan infrastruktur di wilayah papua dan sekitarnya. Hingga saat ini program-program yang terus berjalan dan berkelanjutan diantaranya ialah:

Program Pemberdayaan Masyarakat Papua

Sejauh ini, Freeport Indonesia telah memberikan binaan serta pelatihan kepada masyarakat lokal papua dalam pengembangan bisnis, seperti :
- Mendirikan peternakan ayam Yayasan Jayasakti Mandiri
- Pembinaan pengembangan bisnis bagi sekitar 220 usaha kecil dan menengah  
- Menciptakan 1000 lapangan kerja bagi masyarakat lokal papua - Pembinaan dilakukan terhadap 317 nelayan di 19 desa, bekerjasama dengan Keuskupan Mimika. Produksi tangkapan ikan 57,5 ton
- Sebanyak 227 petani mitra di 5 desa Kamoro dan 24 petani mitra di desa Utikini Baru dan Wangirja menerima bantuan pelatihan, bibit, pendampingan dan pemasaran produk sayuran
- Sebanyak 92 petani kopi organik berpartisipasi dalam pengemangan kopi di Moenamani dan Wamena, serta memperoleh perpanjangan sertifikasi organic dari Rainforest.


Program Kesehatan, Pendidikan, dan Beasiswa

Sumbangsih bagi negeri tidak hanya pengembangan bisnis lokal dan infrastruktur saja, tetapi bidang lainnya juga berfokus pada pemberdayaan bagi anak-anak dan remaja papua agar dapat siap dan mampu bersaing baik skala nasional maupun internasional.

Meski terbilang jauh dari ibukota bukan berarti masyarakat papua kehilangan kesempatan untuk mengenyam pendidikan. Freeport Indonesia sejak tahun 1996 telah memberikan lebih dari 9000 beasiswa serta beasiswa luar negeri, serta pembangunan sekolah tinggi di tanah papua.

Freeport Indonesia memberikan harapan baru, semangat baru bagi masyarakat Papua untuk maju dan berkembang melalui pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya yang ada dalam menunjang kesejahteraan hidup mereka dan keluarga.

Dengan harapan dan semangat baru itu tentu dapat menciptakan berbagai prestasi-prestasi yang dapat membanggakan masyarakat papua dan Indonesia di dunia internasional dalam berbagai bidang.
Referensi:
- https://id.wikipedia.org/wiki/Freeport_Indonesia
- https://ptfi.co.id/id/about
Tambahkan Komentar

6 Komentar

  • Agus Warteg 16 Januari 2020 15.04
    Banyak juga ya sumbangsih dari PT Freeport, tapi sayangnya di Papua masih ada gerakan KKB ya.
  • Ibrahim 18 Januari 2020 10.12
    Sepupu saya ada yang kerja di sana bang, katanya untuk cari uang di tambang itu enak sekali, namun resikonya besar
    • andrie.id 20 Januari 2020 00.43
      Setiap pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing, tapi kalau kita memanajemen dengan baik dan memahami setiap tindakan yang dilakukan bisa meminimalisir kejadian atau hasil hasil yang tidak diinginkan..
  • Djangkaru Bumi 19 Januari 2020 13.52
    Kini freport mulai perduli dengan sekitarnya ya
    Saya ikut senang, ada pemberdayaan masyarakt di papua
    Saya suka sekali membaca secarah awal berdirinya freport
    • andrie.id 20 Januari 2020 00.44
      Sudah lama nih, sejak tahun 1996 sudah mulai membantu banyak hal.. Jadi tidak baru baru ini.. Dan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat papua pun terasa, bahkan hingga saat ini. Bahkan banyak putra dan putri papua yang berhasil dan hebat di luar sana..
Cancel

Jangan Lupa follow blog ini, silahkan klik disini ya.. Terima Kasih sudah berkunjung.