Pentingnya Menggunakan Email Profesional Dalam Bisnis atau Usaha Anda


Hi, the content of the article below is in Indonesian, please choose your language via the button above. Thank you for visiting. Hopefully, we can help what you are looking for here.
Andrie Kristianto - Pentingnya Menggunakan Email Profesional Dalam Bisnis atau Usaha Anda. Email profesional adalah alamat email yang menggunakan nama domain situs web setelah tanda "@" (at), dan biasanya digunakan untuk memberikan arah informasi kepada pelanggan agar lebih terstruktur. Sebagai contoh email yang berhubungan dengan informasi kontak akan diarahkan ke info@rumahweb.com, sedangkan email yang berhubungan dengan informasi teknis diarahkan ke teknis@rumahweb.com.

Dalam segi manfaat menggunakan email yang diikuti dengan domain situs web membuat Anda terlihat seperti seorang profesional, pelanggan akan memandang Anda sebagai pemilik bisnis yang serius. Selain itu dengan memiliki email profesional ini, segala proses atau verifikasi pun jauh lebih mudah dan cepat di berbagai platform resmi online. 

Andaikan saja jika Anda mengirimkan email ke pelanggan Anda, hal ini bukan tentang apa yang Anda katakan di email Anda, tetapi apa yang dikatakan alamat email domain Anda tentang Anda. Jika Anda menggunakan alamat email yang umum dan gratis yang ada saat ini mungkin akan jauh berbeda, dan kesan pertama yang diberikan pelanggan Anda pun juga sangat penting. 

Bayangkan saja jika Anda mendapatkan email terkait produk atau promo diskon dari email umum atau gratisan yang tidak ada ekstensi domain dibelakang "@" (at), pasti kesan pertama yang Anda berikan akan jauh berbeda jika Anda mendapatkan email yang berekstensi namadomainbisnis.com atau mendapatkan email langsung dari google.com. 

Hal inilah mengapa Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis atau Usaha, terutama untuk memberikan kesan pertama kepada pelanggan Anda. 


Ditengah informasi yang begitu mudah dilingkup masyarakat, banyak sekali mitos-mitos yang membuat ketakutan atau menghambat pelaku bisnis atau usaha agar tidak menggunakan email yang profesional dalam bisnis atau usaha diantaranya:

1. Menggunakan Email Profesional dalam Bisnis atau Usaha itu Mahal

Seringkali orang berpendapat bahwa untuk bisa membuat email yang profesional dalam bisnis atau usaha itu mahal, padahal sebenarnya tidak. Karena harga atau biaya untuk bisa mendapatkan alamat email yang memiliki ekstensi domain khusus dapat dibundel dengan beberapa paket atau layanan didalamnya, bahkan Anda pun bisa mendapatkannya secara gratis baik email ataupun domainnya.

Seperti contoh saja Anda memesan paket layanan Hosting Indonesia di rumahweb.com. Nah di rumahweb sendiri terdapat beberapa paket layanan hosting murah mulai dari cloud hosting, wordpress hosting, VPS/Cloud server, unlimited hosting, dan lain sebagainya. Dari beberapa paket layanan tersebut Anda bisa mendapatkan domain gratis dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di rumahweb.

Atau jika Anda ingin memiliki alamat email dengan ekstensi domain saja, maka biaya tersebut tergantung kepada berapa banyak alamat email yang Anda perlukan. Jika Anda membutuhkan banyak email Anda tidak perlu khawatir karena rumahweb menyediakan promo terkait layanan yang Anda butuhkan, sehingga biaya yang Anda keluarkan pun dapat lebih murah. 

2. Menggunakan Email Gratisan Sudah Cukup untuk Kebutuhan Bisnis atau Usaha Saya

Jika dilihat memang email umum atau gratisan cukup untuk kebutuhan bisnis atau usaha saat ini, mengapa hanya saat ini? Karena bisnis atau usaha akan terus berkembang dari masa ke masa dan pelanggan yang Anda miliki juga pasti akan sangat banyak, belum lagi jika kebutuhan pelanggan terhadap bisnis atau usaha Anda beraneka ragam. Bagaimana Anda dapat mengatur hal itu semua? 

Dengan menggunakan email yang profesional dalam bisnis atau usaha, Anda dapat mengatur berbagai macam permasalahan diatas, karena sifat email ini lebih terstruktur dan mudah untuk digunakan terkait pengembangan bisnis atau usaha Anda. 

Dengan hal ini pemasaran layanan atau promosi produk yang Anda miliki pun dapat Anda kelola dengan lebih mudah. Berdasarkan survey konsumen yang dilakukan oleh Adestra di Amerika Serikat mengatakan bahwa 72% konsumen menyukai bentuk komunikasi pemasaran melalui email.


Mengapa konsumen lebih menyukai bentuk komunikasi pemasaran melalui email? Karena hal ini mencerminkan terkait bagaimana Anda dalam mengelola bisnis yang Anda jalankan. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan email domain profesional dalam bisnis, apalagi jika Anda mendapatkan kesempatan untuk bisa hadir dalam forum tertentu dan ada beberapa orang meminta kontak Anda. 

Dari pertemuan tersebut Anda dapat memberikan alamat kontak email Anda misalnya namaanda@namabisnis.com, dari hal itu rekan bisnis Anda akan penasaran terkait bisnis yang Anda kelola dari kesan pertama melihat email yang Anda miliki. Anda akan dipandang sebagai orang yang profesional karena Anda memiliki alamat email sendiri dengan ekstensi domain bisnis Anda. 

Jika Anda membagikan cerita terkait bisnis yang Anda jalankan pun akan mendapatkan kepercayaan penuh dari calon pelanggan atau rekan bisnis Anda. Hal ini bisa menjadi keuntungan bagi Anda untuk bisa mendapatkan pelanggan baru atau partner kerja dalam lingkup bisnis Anda. 

3. Menggunakan Email Profesional Tidak Akan Membantu Bisnis atau Usaha Saya

Dalam survey yang dilakukan oleh Custora, Ecommerce Customer Acquisition Snapshot pada penduduk di Amerika Serikat mengatakan bahwa penggunaan email masih merupakan cara yang lebih efektif untuk mendapatkan pelanggan daripada media lainnya. 

Dalam survey ini menunjukkan bahwa Pentingnya Penggunaan Email Profesional dalam Bisnis atau Usaha Anda, terlebih lagi penggunaan email di Indonesia dan dunia saat ini sangat besar sekali. Menurut Radicati Group (2017), lebih dari 6,32 Miliar akun email tersebar diseluruh dunia dan diprediksi bahwa angka tersebut akan terus meningkat 7-8 miliar pada tahun 2021. 

Dengan meningkatnya penggunaan email di seluruh dunia termasuk Indonesia, Anda bisa memanfaatkan moment tersebut untuk mempromosikan produk atau layanan yang Anda miliki. Strategi mendatangkan pelanggan melalui email merupakan cara yang efektif dan efisien, karena biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dengan tingkat pelanggan relevan yang besar. Ditambah lagi jika ada moment hari raya di Indonesia saat ini, bisa menjadi peluang mendapatkan pelanggan baru jauh lebih besar dengan promo-promo yang Anda bagikan melalui email. 

4. Penggunaan Email Profesional Dalam Bisnis Terlalu Rumit atau Ribet

Banyak alasan orang tidak ingin menggunakan layanan yang sebenarnya dapat memudahkan segala aktivitas yang mereka lakukan, alasannya mulai dari biaya yang dikeluarkan mahal, tidak butuh, penggunaan yang rumit, gaptek(gagap teknologi), dan masih banyak lagi.


Di zaman teknologi seperti sekarang ini sudah banyak sekali orang meninggalkan cara lama agar segala urusan dan pekerjaan yang ia lakukan dapat lebih efisien serta bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar jika dibandingkan menggunakan cara lama.

Walaupun pada awalnya terlihat sedikit menolak, namun saat sudah tahu caranya, solusinya, dokumentasinya ternyata lebih efisien dan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan akhirnya cara lama tersebut ia tinggalkan.

Sama seperti penggunaan email domain profesional dalam bisnis, soal rumit tidaknya semua bisa dipelajari. Anda pun tidak perlu khawatir karena jika Anda membeli produk email domain profesional di rumahweb.com, Anda akan mendapatkan layanan 7/24 Jam selama setahun. Setiap hari setiap minggu setiap bulan segala permasalahan yang Anda hadapi dapat terselesaikan bersama rumahweb.com.


Apalagi yang Anda tunggu? Dapatkan kustom email domain profesional untuk bisnis atau usaha Anda sekarang juga di rumahweb.com. Sebelum Anda memulai mendaftarkan kustom email domain  profesional dalam bisnis atau usaha Anda, terlebih dahulu mendaftar sebagai member atau anggota di Registrasi Pendaftaran Rumahweb.com . Berikut langkah-langkah daftar email profesional di rumahwebcom cepat, mudah, dan murah.

1. Langkah pertama, Kunjungi halaman web registrasi email profesional rumahweb  disini . Lalu masukkan jumlah alamat email yang ingin Anda daftarkan serta periode jangka waktunya. Untuk paket layanan yang disediakan rumah web ada 2 yaitu Basic dan Bussiness, silahkan pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, dan tentu setiap paket layanan yang diberikan akan berbeda. Untuk informasi apa yang bisa Anda dapatkan dari paket layanan tersebut bisa Anda lihat dengan scroll kebawah.


2. Langkah Kedua, setelah Anda mengisi jumlah email yang ingin Anda daftarkan dan periode jangka waktunya silahkan tekan tombol  ORDER . Lalu ketikkan nama domain Anda, pastikan nama domain ini mewakili bisnis atau usaha yang Anda jalankan saat ini. 


3. Langkah Ketiga, setelah Anda mengetikkan nama domain bisnis Anda, silahkan tekan tombol Search lalu scroll kebawah dan pilih domain yang tersedia disana, jika domain tidak tersedia maka Anda harus membuat nama lain atau menggunakan ekstensi domain lainnya. 

Jika domain yang Anda daftarkan tersedia, silahkan tekan tombol Daftar lalu tekan tombol Lanjutkan. 




4. Langkah Keempat , Pilih paket layanan email domain profesional yang Anda daftarkan, pada langkah ini dicek terlebih dahulu apakah data yang Anda masukkan pada langkah pertama sudah benar apa belum. Jika sudah maka lanjut ke langkah berikutnya. 


5. Langkah Kelima, silahkan pilih metode pembayaran yang ingin Anda lakukan, apakah ingin menggunakan pembayaran instan atau melalui transfer bank. Pada langkah ini saya menggunakan Tranfer Bank sebagai metode pembayaran yang ingin saya lakukan. 

Sebelumnya jika Anda belum terdaftar sebagai member atau anggota Rumahweb.com, silahkan lakukan pendaftaran terlebih dahulu melalui : https://clientzone.rumahweb.com/register.php. 


6. Langkah Terakhir, Silahkan cek kembali apakah data yang Anda masukkan pada langkah sebelumnya sudah benar dan sesuai dengan bisnis atau usaha yang Anda bangun saat ini. Jika sudah silahkan tekan Tombol CHECKOUT. 

Informasi pemesanan yang Anda pesan akan dikirimkan ke alamat email yang Anda daftarkan di Rumahweb.com, silahkan lakukan pembayaran sesuai dengan biaya yang tertera di email tersebut atau tertera pada langkah ke 6 tadi. Jika sudah lakukan pembayaran selanjutnya akan diserahkan kepada Operator teknis Rumahweb.com, jangan lupa untuk sering-sering menghubungi layanan chat Rumahweb.com melalui tombol chat yang ada dibawah kanan halaman website rumahweb.com 

Mengenal Lebih Dekat Rumahweb.com 


Rumah Web Indonesia merupakan salah satu perusahaan hosting terbesar di Indonesia, yang sudah melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan. Berdiri pada tahun 2002 di Yogyakarta yang diwali dari 1 server saja, hingga saat ini rumahweb.com telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud. 

Rumah Web Indonesia tidak lepas dari pelanggan-pelanggan yang sudah mempercayakan rumahweb sebagai layanan yang mereka gunakan hingga saat ini, sudah banyak orang yang sukses di nasional maupun internasional dengan produk-produk dari rumahweb.

Tidak hanya email domain profesional dalam bisnis saja, rumahweb juga menyediakan berbagai layanan lain seperti penyewaan domain, hosting, wordpress, instalasi website, VPS/Cloud, serta keamanan bagi pelanggan rumah web mulai dari internet security dan mencegah penyebaran virus dalam sebuah web, spam, dan lain sebagainya. 


Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan layanan dan produk Rumah Web Indonesia, jika berbincang dengan teman yang sudah menggunakan produk dari rumah web hingga saat ini itu pasti bilangnya " Rumah Web: Produk Domain dan Hosting Terpercaya yang Banyak Promonya." Sering sekali saya mendengar hal seperti itu di berbagai komunitas blogger dan diskusi di website. 

Bahkan saat saya merekomendasikan produk dan layanan rumahweb.com ini kepada teman-teman yang ada di komunitas, mereka memberikan feedback yang baik kepada saya seperti; Customer servicenya cepat merespon, penyampaian informasinya jelas, produknya lengkap, CS nya tersedia setiap saat jika dibutuhkan. Dari hal itu saya menjadi sangat senang karena bisa membantu teman-teman terkait pengalaman menggunakan rumahweb. Saya tahu rumahweb juga berdasarkan rekomendasi dosen yang ada di kampus saya, selain kantornya juga ada di Yogyakarta, jadi kalau mau konsultasi yang teknis bisa langsung ke kantornya. 

Di rumahweb juga banyak fitur-fitur untuk menjaga website kita agar tetap aman, fitur backup untuk website serta produk-produk gratis lainnya yang bisa kita dapatkan jika memesan paket layanan di rumahweb.com. Jadi gak rugi deh, dengan poduk yang berkualitas, layananan yang cepat, serta biaya yang terjangkau. 

Oiya dari sekian banyak penyedia layanan domain dan hosting, Rumah Web Indonesia jarang sekali down, bahkan saya dan teman-teman saya yang menggunakan layanan serta produk rumahweb.com ini tidak pernah mendapatkan pengalaman down website. Jadi aman aman aja deh menggunakan layanan serta produk dari rumahweb.com 


Dengan tingkat kredibilitas rumahweb.com merupakan rekomendasi untuk layanan sewa domain dan hosting di Indonesia, sudah banyak orang memberikan kepercayaan kepada rumah web baik untuk bisnis atau usahanya. Dengan tingkat kredibilitas ini sudah tidak diragukan lagi, apalagi jika Anda memiliki email domain profesional untuk bisnis yang Anda bangun.

Oiya saat ini Rumah Web Indonesia sedang merayakan hari jadinya yang ke 18 tahun, sudah 18 tahun rumahweb.com melayani customernya dari berbagai penjuru atau wilayah di Indonesia. Bayangkan saja rumahweb.com sudah ada sejak saya kecil, hehe. Untuk rumahweb semoga tetap menjadi layanan sewa domain dan hosting indonesia nomor 1, serta bisa mempertahankan atau meningkatkan lagi sektor usahanya. Dan untuk pelaku bisnis semoga usahanya bisa berkembang dan banyak pelanggan yang datang melalui penggunaan email domain profesional dalam bisnis atau usaha.

Tidak perlu khawatir karena hanya dari email pun Anda bisa mendapatkan pelanggan yang relevan dengan produk serta layanan jasa yang Anda bangun. Jangan menyerah dan putus asa. Tetap semangat. 

Sumber Referensi :
https://www.rumahweb.com/tentang/
http://www.bizreport.com/2016/04/85-of-consumers-sign-up-for-marketing-emails-hoping-for-a-re.html
https://www.mckinsey.com/business-functions/marketing-and-sales/our-insights/why-marketers-should-keep-sending-you-emails

Infografis:
Andrie Kristianto - andrie.id

Tambahkan Komentar

26 Komentar

Cancel

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.