Membuat 2 Blog atau Website Dalam Satu Domain / Link / URL, KOK BISA ?


Hi, the content of the article below is in Indonesian, please choose your language via the button above. Thank you for visiting. Hopefully, we can help what you are looking for here.
Andrie Kristianto - Membuat 2 Blog atau Website Dalam Satu Domain / Link / URL, KOK BISA ?, Kok Bisa. Beberapa waktu yang lalu ada yang menanyakan ke saya terkait link yang ada pada bio media sosial saya, yaitu twitter. Sebagian dari mereka ada yang bingung karena setiap link yang ada pada bio tersebut mengarah pada website / blog yang berbeda-beda. 

Setiap link yang dipasang atau diletakkan pada deskripsi media sosial memang wajar jika link yang berbeda pada saat di klik mengarah ke blog yang berbeda. Akan tetapi beda dengan blog Andrie Kristianto, terutama pada sub-domain link.andrie.id. 

Jika diliat secara sekilas memang domain atau link tersebut sama, tapi saat di klik link domain tersebut akan mengarah ke 2 blog yang berbeda. Kok bisa ? Padahal kan linknya sama. 

Jika Anda penasaran, silahkan kunjungi media sosial twitter saya : @andriekristiant  , setelah itu klik link yang ada pada deskripsi / bio saya, maka secara tidak langsung akan langsung diarahkan ke blog yang berbeda. Hahahaha, gimana bingung kan? 

# MARI KITA KUPAS TERLEBIH DAHULU 

Sejak awal sebetulnya yang terpasang di platform blogger itu adalah sub-domain www, dalam kasus bio twitter saya itu merupakan 2 sub domain yang berbeda yaitu www.link.andrie.id dan link.andrie.id. 


Sama seperti domain utama andrie.id, sebenarnya sejak awal yang terpasang di platform blogger itu adalah sub-domain www, dalam hal ini www.andrie.id, bukan domain utama yang beralamat di andrie.id. 

Hanya saja domain utama itu akhirnya kita arahkan ke domain www, karena kita mencentang kotak redirect pada setelah domain blogger. Sehingga saat kita mengetik domain andrie.id pada browser akan secara otomatis langsung diarahkan / redirect ke www.andrie.id.

# TAPI SAYANGNYA .... 

Alasan saya membuat sub-domain www.link.andrie.id yaitu untuk membuat halaman pengalihan saja, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya saya mengisi artikel khusus tentang tutorial-tutorial mulai dari tutorial blogspot, wordpress, serta berbagai bahasa pemograman lainnya pada sub-domain www.link.andrie.id tersebut.

Sayangnya  sub-domain dari blog andrie.id ini tidak bisa redirect seperti domain utamanya. Kalau semisal kita mencentang kotak redirect yang ada di setelan domain blogger, maka domain utama yang kita miliki akan redirect ke sub-domain ini. Waduh!


Jadi jika kita mencentang kotak redirect diatas, maka domain utama andrie.id akan redirect ke sub-domain www.link.andrie.id, kalau seperti ini bisa gaswat!

Untuk mengakalinya akhirnya saya buat 1 blog lagi untuk mengisi kekosongan sub domain non www tersebut. Jadi saya memiliki 3 blog yaitu www.link.andrie.id, link.andrie.id, dan andrie.id.

  1. www.link.andrie.id : Topik tentang Tutorial-tutorial Blog dan Bahasa Pemograman Lainnya
  2. link.andrie.id    : Berbagi template blogspot dan wordpress gratis dan premium 
  3. www.andrie.id : Topik tentang ulasan tips, trik mulai dari media sosial, teknologi, dan gaya hidup. 
  4. Coming Soon : andrieidmedia.com 
Soalnya pernah kejadian dimana salah satu pengunjung andrie.id mengunjungi sub-domain link.andrie.id itu diarahkan ke halaman error google, soalnya pada waktu itu saya belum mengaitkan sub domain tersebut ke website atau blog manapun. Agar hal itu tidak terulang kembali akhirnya saya buat blog baru untuk mengisi kekosongan sub-domain tersebut.

Begitulah  Pemahaman Terkait Membuat 2 Blog atau Website Dalam Satu Domain / Link / URL. Sebenarnya cara ini saya terinspirasi dari blog Bungfrangki.com, pada waktu itu bungfrangki melakukan eksperimen membuat 1 domain yang berisi 2 blog pada domain utamanya.

Jadi untuk domain www.bungfrangki.com ia pasang di blogger yang saat ini ia gunakan, sedangkan sub domain www nya ia pasang di wordpress. Untuk caranya bisa lihat di blog bungfrangki langsung :  Cara Menggunakan Subdomain www untuk Blogger dan Domain Utama untuk WordPress .


Terima kasih, dan semoga bermanfaat. 
Tambahkan Komentar

33 Komentar

Cancel

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.