Membuat 2 Blog atau Website Dalam Satu Domain / Link / URL, KOK BISA ?

Andrie Kristianto
Andrie Kristianto - Membuat 2 Blog atau Website Dalam Satu Domain / Link / URL, KOK BISA ?, Kok Bisa. Beberapa waktu yang lalu ada yang menanyakan ke saya terkait link yang ada pada bio media sosial saya, yaitu twitter. Sebagian dari mereka ada yang bingung karena setiap link yang ada pada bio tersebut mengarah pada website / blog yang berbeda-beda. 

Setiap link yang dipasang atau diletakkan pada deskripsi media sosial memang wajar jika link yang berbeda pada saat di klik mengarah ke blog yang berbeda. Akan tetapi beda dengan blog Andrie Kristianto, terutama pada sub-domain link.andrie.id. 

Jika diliat secara sekilas memang domain atau link tersebut sama, tapi saat di klik link domain tersebut akan mengarah ke 2 blog yang berbeda. Kok bisa ? Padahal kan linknya sama. 

Jika Anda penasaran, silahkan kunjungi media sosial twitter saya : @andriekristiant  , setelah itu klik link yang ada pada deskripsi / bio saya, maka secara tidak langsung akan langsung diarahkan ke blog yang berbeda. Hahahaha, gimana bingung kan? 

# MARI KITA KUPAS TERLEBIH DAHULU 

Sejak awal sebetulnya yang terpasang di platform blogger itu adalah sub-domain www, dalam kasus bio twitter saya itu merupakan 2 sub domain yang berbeda yaitu www.link.andrie.id dan link.andrie.id. 


Sama seperti domain utama andrie.id, sebenarnya sejak awal yang terpasang di platform blogger itu adalah sub-domain www, dalam hal ini www.andrie.id, bukan domain utama yang beralamat di andrie.id. 

Hanya saja domain utama itu akhirnya kita arahkan ke domain www, karena kita mencentang kotak redirect pada setelah domain blogger. Sehingga saat kita mengetik domain andrie.id pada browser akan secara otomatis langsung diarahkan / redirect ke www.andrie.id.

# TAPI SAYANGNYA .... 

Alasan saya membuat sub-domain www.link.andrie.id yaitu untuk membuat halaman pengalihan saja, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya saya mengisi artikel khusus tentang tutorial-tutorial mulai dari tutorial blogspot, wordpress, serta berbagai bahasa pemograman lainnya pada sub-domain www.link.andrie.id tersebut.

Sayangnya  sub-domain dari blog andrie.id ini tidak bisa redirect seperti domain utamanya. Kalau semisal kita mencentang kotak redirect yang ada di setelan domain blogger, maka domain utama yang kita miliki akan redirect ke sub-domain ini. Waduh!


Jadi jika kita mencentang kotak redirect diatas, maka domain utama andrie.id akan redirect ke sub-domain www.link.andrie.id, kalau seperti ini bisa gaswat!

Untuk mengakalinya akhirnya saya buat 1 blog lagi untuk mengisi kekosongan sub domain non www tersebut. Jadi saya memiliki 3 blog yaitu www.link.andrie.id, link.andrie.id, dan andrie.id.

  1. www.link.andrie.id : Topik tentang Tutorial-tutorial Blog dan Bahasa Pemograman Lainnya
  2. link.andrie.id    : Berbagi template blogspot dan wordpress gratis dan premium 
  3. www.andrie.id : Topik tentang ulasan tips, trik mulai dari media sosial, teknologi, dan gaya hidup. 
  4. Coming Soon : andrieidmedia.com 
Soalnya pernah kejadian dimana salah satu pengunjung andrie.id mengunjungi sub-domain link.andrie.id itu diarahkan ke halaman error google, soalnya pada waktu itu saya belum mengaitkan sub domain tersebut ke website atau blog manapun. Agar hal itu tidak terulang kembali akhirnya saya buat blog baru untuk mengisi kekosongan sub-domain tersebut.

Begitulah  Pemahaman Terkait Membuat 2 Blog atau Website Dalam Satu Domain / Link / URL. Sebenarnya cara ini saya terinspirasi dari blog Bungfrangki.com, pada waktu itu bungfrangki melakukan eksperimen membuat 1 domain yang berisi 2 blog pada domain utamanya.

Jadi untuk domain www.bungfrangki.com ia pasang di blogger yang saat ini ia gunakan, sedangkan sub domain www nya ia pasang di wordpress. Untuk caranya bisa lihat di blog bungfrangki langsung :  Cara Menggunakan Subdomain www untuk Blogger dan Domain Utama untuk WordPress .


Terima kasih, dan semoga bermanfaat. 
Comments

35 Komentar

  • Bayu Fajar Pratama
    Waktu pertama kali saya coba klik link yang ada di bio Twitter, jujur terheran-heran mas. Akhirnya sekarang bisa tidur dengan tenang hahaha :))
    • Andrie Kristianto
      Hihih, bisa juga dilakukan untuk domain utama mas, tapi sayangnya untuk domain utama tidak bisa untuk blogger, harus di wordpress atau domainnya harus di hosting :D
  • Akhmad Muhaimin Azzet
    Dengan demikian, semua pengunjung yang mengakses bisa lancar ya, Mas, siippp...
  • iidyanie
    Wah ilmu baru lagi nih tentang domain, makasi infonya ya mas :)
  • Agus Warteg
    Link.andrie.id dan andrie.id itu keduanya pakai blogspot apa beda mas?

    Aku dulu pernah beli domain TDL tapi tiap mau akses kalo tidak ada www kok eror. Jadi misalnya domain www.sarilah.com itu jika ditulis sarilah.com saja tidak bisa diakses, kalo dikasih www.sarilah.com baru bisa. Kenapa begitu ya?
    • Andrie Kristianto
      untuk settingan domain bloggernya jangan lupa dicentang mas.. kalo tidak nnti error seperti sub-domain saya..
  • Himawan Sant
    Dapat ilmu domain lagi main kesini.
    Terimakasih ilmunya, suhu.
  • NA
    Susah juga ta sampai 3 blog, redirect secara pusing (recursive)
  • Ridsal
    Udah ada topiknya masing-masing. Jadi mudah dikenal nih blog-nya..
    • Andrie Kristianto
      Sebenanrnya pengen 1 blog aja mas, tapi saya kepengen banget nyimpen template atau tutorial blog di web gitu, jadi ya saya buatkan lagi dari subdomain blog yang saya miliki hehehe
  • Azhafizah MN
    ohh faham..kiranya domain with www dan subdomain without www. Terima kasih atas penjelasannya.
    • Andrie Kristianto
      Iyaa kaa, untuk domain utama juga sebenarnya bisa. Tapi untuk yang non www nya gak bisa dipasang di blogger, karena dia butuh di hosting. Trus untuk domain www nya bisa dipasang di blogger, sama seperti blog andrie.id ini.. Saya terinspirasi dari bungfrangki pada saat itu..
  • Wisnu Tri
    Tak kira semacam bikin di link.tree gitu mas. Kalau ini langsung dari blognya, ya?
  • Haris Discussion
    cukup lama saya baca ulang ulang, ahaha.. yang saya pahami agan menambahkan "www" itu sebagai sub domaian hingga menjadi www.link.andrie.id kah?
    • Andrie Kristianto
      Iya mas, untuk tutorial pemasangannya bisa dilihat di web bungfrangki aja hhe.. Link nya ada di artikel terakhir
  • Rudi Chandra
    Dapat ilmu baru lagi nih, terima kasih buat ilmunya ya Mas.
  • Roem Widianto
    Ternyata satu domain bisa dibuat dua blog ya, mas? Hebat banget lho, mas Andri bisa handle banyak blog. Aku aja cuma punya satu sudah keteteran.:-D
  • Djangkaru Bumi
    Wah begitu caranya
    Bisa main sub domian
    Kalau saya hanya menghilangkan www saja agar ke djangkarubumi dot com
    Repot juga pastinya mengelola blog lebih dari satu dalam satu domain
    • Andrie Kristianto
      Hahah saya juga kan mengikuti mas nya :D, gimana mas mengelola 2 blog yang berbeda?
  • Ainun
    owhhhh jadi begini ceritanya
    kalau aku waktu itu alamat blog yang lama aku redirect ke yang sekarang, waktu itu masih pake blogspot, nah pas pindah ke TDL ya dilink-kan. itu aja temen aku yg membantu

    duhh kayaknya gini ini kudu privat atau bener bener dipahami banget tapi nunggu waktu longgar, biar bisa mikir hehe
  • Justcherry
    Hebat nich punya blog 3.
    Makasih info nya Andrie senang dapat ilmu baru..
  • Dede Sandi Rahmat
    info yang sangat bagus sekali. tapi saya belum berniat untuk membuat blog lain. mungkin kedepannya cara ini bisa saya gunakan. terima kasih ilmunya
  • Vika Hamidah
    Jadi kalau pasang gitu langsung k redirect sendiri ya ka..
  • Priant
    Salah satu kelebihan blogger yang saya suka ya ini, kalau sudah pakai Domain TLD/ccTLD bisa bebas bekreasi buat subdomain jadi gk perlu ribet beli domain baru lagi.
  • $cocoper6
    Kebetulan sy masih pakai blogspot, satu email sy bs buat 3 akun blogger, tapi tetap blog pertamanya ya ada. Sisanya hanya melanjutkan.

    Seperti sy, punya Naturality, Naturality shop dan postingan pribadi
  • Bara Anggara
    kalau di blog wordpress apa bisa ya??
  • dear anies
    bagi saya cukuplah satu tapi konsisten untuk mengendalikannya😊
  • Lia The Dreamer
    Wow, aku kira selama ini "www" dengan tanpa "www" itu sama aja, akan mengarah ke blog yang sama tapi ternyata berbeda dan bisa dibuat menjadi 2 blog berbeda ya. Yaampun, kemana aja aku baru tahu 🤣
    Terima kasih atas pengetahuannya ya kak Andrie!
Cancel

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.