Cara Cek IMEI Handphone, Apakah Terdaftar Legal atau Belum


Hi, the content of the article below is in Indonesian, please choose your language via the button above. Thank you for visiting. Hopefully, we can help what you are looking for here.
Cara Cek IMEI Handphone, Apakah Terdaftar Legal atau Belum dan Cara Mengatasinya
blog andrie.id - Cara Cek IMEI Handphone, Apakah Terdaftar Legal atau Belum dan Cara Mengatasinya. IMEI kependekan dari International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas khusus yang dikeluarkan oleh asosiasi GSM untuk tiap slot kartu yang dikeluarkan oleh produsen HP. 

Setiap handphone yang dibuat pasti memiliki nomor ini, baik handphone lama, handphone baru, handphone bekas, dan lain sebagainya. Betapa pentingnya nomor imei ini di Indonesia, karena kementrian perindustrian melakukan pemblokiran bagi hp yang imei nya tidak terdaftar di kementrian perindustrian. Hal ini tentu untuk mengurangi penjualan produk-produk ilegal yang masuk ke Indonesia. 

Biasanya panjang IMEI berupa angka 15 digit yang bisa digunakan untuk cek berbagai informasi seperti negara asal, pabrik yang membuat hp, dan nomor model. Untuk memeriksa IMEI di smartphone atau hp yang Anda miliki saat ini yaitu:

Cara Cek IMEI Handphone

1. Kode Dialing *#06#

Untuk cek imei melalui kode dialing handphone, Anda hanya perlu menelpon kode dialing tersebut melalui HP yang Anda miliki. Cara ini berlaku untuk pengguna Android ataupun IOS. Masuk ke menu Dialer HP Anda > ketikkan *#06# > kemudian tekan tombol call / panggil. 

2. Tertera di Bungkus HP Saat Membeli

Saat Anda membeli sebuah smartphone atau HP baru tentu saja akan mendapatkan kotak hp yang berisi berbagai informasi penting mengenai HP yang Anda beli tersebut, termasuk kode IMEI ini. Jika smartphone Anda memiliki 2 SIM ganda, maka kode IMEI Anda juga akan memiliki kode yang ganda. 

3. Melalui Pengaturan HP

Untuk cara ketiga ini Anda bisa cek IMEI melalui pengaturan ponsel yang Anda miliki. Pertama-tama buka Menu Setting > selanjutnya pilih About Phone > lalu pilih Status untuk melihat kode IMEI pada kartu Android/IOS Anda. 

Jika cara-cara diatas sudah dilakukan, maka jangan lupa catat kode tersebut lalu salin dan tempel kode itu dihalaman cek imei milik kementrian perindustrian apakah terdaftar legal atau belum : https://imei.kemenperin.go.id/

Jika IMEI Anda terdaftar Legal, maka hasilnya akan seperti ini:
Cara Cek IMEI Handphone, Apakah Terdaftar Legal atau Belum dan Cara Mengatasinya

Baiklah demikian Cara Cek IMEI Handphone, Apakah Terdaftar Legal atau Belum dan Cara Mengatasinya. Semoga bisa bermanfaat. 
Tambahkan Komentar

49 Komentar

Cancel

Silahkan memberikan komentar sesuai dengan topik diatas, dan dimohon untuk tidak memberikan link aktif yang tidak sesuai dengan topik yang dibawakan.