Begini Cara Mendaftarkan Email yang Pernah Ditolak Google Adsense

www.andrie.id - Begini Cara Mendaftarkan Email yang Pernah Ditolak Google Adsense. Mengajukan pendaftaran beberapa blog ke google adsense memberikan saya pengalaman baru yang membuat saya paham dan mengerti mengapa blog saya bisa ditolak atau diterima oleh google adsense.

Beberapa waktu yang lalu saya iseng membuat blog baru dan email baru, yang kemudian blog dan email tersebut saya gunakan untuk mendaftar google adsense, sayangnya pendaftaran yang pertama kali ini tidak berjalan baik alias ditolak mentah-mentah oleh google adsense.

 Beginilah kurang lebih isi email penolakan Google Adsense:

Status Permohonan Google Adsense, Terima kasih atas minat Anda pada Adsense. Setelah melakukan peninjauan, staf kami menyimpulkan bahwa permohonan Anda tidak memenuhi kriteria program kami. Oleh karena itu, kami tidak dapat menerima Anda untuk berpartisipasi dalam program kami. Kebijakan program Adsense kami didesain untuk memastikan keefektifan iklan google untuk penayang maupun pengiklan kami. Kami meninjau semua penayang dan berhak untuk menolak permohonan. Jika Anda dapat melakukan perubahan untuk memenuhi kreteria program kami, ajukan kembali permohonan di masa mendatang. Perhatikan bahwa kami mungkin tidak dapat menjawab pertanyaan mengenai alasan spesifik dibalik keputusan kami. Terima kasih atas pengertian Anda, Terima Kasih. Tim Google Adsense.  

Terkadang informasi yang disampaikan melalui email tersebut membuat saya bingung, karena saya tidak tahu kesalahan apa yang saya perbuat sehingga blog dan email saya ditolak oleh Google Adsense. Padahal semua kebijakan dan syarat sudah saya penuhi semuanya, namun tetap ada kesalahan tertentu.

  • PERTAMA, konten atau artikel yang saya buat sudah yakin sesuai dengan Kebijakan dan Syarat Google Adsense
  • KEDUA, isi dari konten atau artikel yang saya tulis sangat layak untuk bisa berpartisipasi dalam program google adsense.
  • KETIGA, dari segi desain dan tampilan sangat responsive dan blog mudah untuk dinavigasi baik melalui PC/Komputer ataupun Smartphone.
  • EMPAT, situs blog yang saya buat sangat mudah diakses baik menggunakan domain www ataupun non www, karena sudah redirect secara otomatis.
  • LIMA, domain atau email yang didaftarkan pada program google adsense belum pernah terdaftar, dan ini adalah pendaftaran yang pertama kalinya

Setelah mendapatkan pesan dari email, ada sebuah link yang akan memperlihatkan detail kesalahan blog terkait alasan mengapa ditolak oleh google adsense. Link tersebut akan mengarah langsung ke halaman dashboard Google Adsense.

Seperti inilah isi link penolakan yang ada pada dashboard Google Adsense:
Informasi Penolakan Pendaftaran Google Adsense - Investaris Berharga

Terkait informasi diatas ternyata alasannya sangat sederhana sekali, Investaris Berharga: Sedang dibuat. Maksud dari pesan diatas yaitu seperti yang dinyatakan dalam kebijakan program, pihak google adsense mungkin tidak ingin menampilkan iklan pada halaman yang navigasi atau interaksi terhadap kontennya sengaja dibuat sulit. Atau intinya blog tersebut masih dalam proses pembuatan ulang alias masih baru, tidak berfungsi, atau mengarah ke halaman error yang tidak bisa diakses. 

Solusi Memperbaiki Kesalahan Terkait Penolakan Google Adsense

  1. Terkait halaman yang Error atau tidak bisa diakses, pastikan URL situs blog dialihkan dengan benar. Jika di blogger pastikan kotak checkbox yang ada pengaturan custom domain sudah dicentang agar domain teredirect secara otomatis dari non www ke www. Jangan lupa juga untuk ketersediaan HTTPS yang ada di blog juga diaktifkan. 
  2. Terkait Tampilan atau Widget Blog, pastikan widget yang ada pada blog tidak ada yang error atau tidak berjalan dengan baik. Pastikan lagi bahwa setiap text yang mengandung link mengarah ke link yang benar. Untuk melihat report link rusak bisa lihat disini: https://www.brokenlinkcheck.com
  3. Terkait artikel yang dipublikasikan, pastikan menambahkan postingan blog yang memberikan informasi lengkap, jadi tidak setengah-setengah. Minimal artikel yang ditulis memiliki kurang lebih 500 kata. Untuk mempercantik bisa ditambahkan gambar atau infografis lainnya.
  4. Terkait usia blog untuk mendaftar google adsense, pastikan situs blog memiliki umur yang cukup. Jadi tidak boleh blog baru langsung didaftarkan ke google adsense, hal ini untuk menghindari penolakan Investaris Berharga: Sedang Dibuat. 
  5. Terkait jumlah artikel atau pengunjung blog, pastikan memiliki artikel yang cukup (tidak harus banyak). Berdasarkan pengalaman saya minimal 5 saja sudah cukup asalkan blog tersebut memiliki interaksi dengan pengunjung. Tidak ada batasan jumlah pengunjung blog untuk bisa diterima google adsense

Terkait solusi nomor 4 dan 5 memang usia blog atau pengunjung blog bukanlah menjadi jaminan apakah blog bisa diterima google adsense. Berdasarkan pengalaman yang pernah saya lakukan saat ingin mendaftarkan google adsense, jumlah artikel 5 dengan jumlah pengunjung keseluruhan 1000-2000 dan pengunjung harian tidak sampai 20 sudah bisa diterima oleh google adsense.

Bahkan untuk pengajuan yang pertama kalinya, hari ini mendaftar besoknya sudah langsung keterima. Tidak perlu menunggu lama iklan langsung tayang di blog saya yang baru tersebut. Usia baru 1bulan -2bulanan. 

Berikut bukti Screenshot Pendaftaran Google Adsense 1 Hari langsung diterima:
Diterima Google Adsense Hanya Sekali Pendaftaran
Setelah saya memastikan solusi diatas sudah dilaksanakan dengan baik, akhirnya saya paham dan mengerti mengapa blog saya bisa diterima ataupun ditolak google adsense. Bahkan untuk pendaftaran blog untuk google adsense lainnya jadi lebih mudah untuk diterima. 

Oh iya, mungkin dari teman-teman sekalian ada beberapa pesan penolakan yang berbeda daripada saya, seperti contohnya saja:
  1. Ditolak Adsense karena sudah memiliki akun lain
  2. Ditolak Adsense karena konten salinan
  3. Ditolak Adsense karena alasan tidak ada konten
  4. Ditolak Adsense karena tidak ada balasan, alias tidak ada respon sama sekali saat terakhir mendaftar
  5. Ditolak Adsense karena konten terpotong
  6. Ditolak Adsense karena email 
  7. Ditolak Adsense karena alasan COVID-19
  8. Ditolak Adsense karena alasan-alasan lainnya 

Sebenarnya sangat banyak sekali alasan-alasan penyebab penolakan google adsense, jika ada alasan lain selain diatas silahkan komentar dibawah agar bisa saya bantu dan teman-teman bisa diterima pengajuan google adsense nya seperti saya. 

Nah terkait penolakan-penolakan diatas saya berikan beberapa solusi terkait pemasalahan pesan yang dikirimkan melalui email:

1. Ditolak Adsense karena sudah memiliki akun lain

Sebenarnya penyebab penolakan ini ada banyak lagi sub-subnya, akun yang dimaksud disini apakah akun adsense, akun email, akun google, no.hp, alamat, dan lain sebagainya. Dalam kebijakan dan syarat google adsense memang pengguna yang berpartisipasi kedalam google adsense tidak diperbolehkan memiliki 2 akun adsense. 

Namun, jika teman-teman ingin memiliki akun adsense lain atau ingin mendaftarkan ulang blog ke google adsense pastikan email, no.hp, alamat belum pernah didaftarkan sebelumnya. Atau sementara untuk pendaftaran pertama bisa menggunakan alamat rumah teman, saudara, ataupun kekasih. Untuk selanjutkan jika sudah diterima 100% teman-teman bisa mengganti alamat tersebut ke alamat teman-teman saat ini yang mudah dijangkau.

2. Ditolak Adsense karena konten salinan

Saat mengajukan blog ke google adsense dan menambahkan kode yang diberikan kedalam blog, maka situs blog teman-teman akan ditinjau oleh tim google adsense. Pastikan blog teman-teman layak untuk bisa diterima google adsense, dengan memberikan konten atau artikel yang bermanfaat untuk pengunjung dan bukan konten salinan dari website lain. Karena yang meninjau situs blog teman-teman adalah orang asli dari tim google adsense, berikanlah rasa puas kepada peninjau tersebut.

3. Ditolak Adsense karena alasan tidak ada konten

Kalau dibilang tidak ada konten, sebenarnya itu salah. Sudah jelas sekali bahwa blog yang kita miliki memiliki konten didalamnya. Tapi mengapa email penolakan yang diberikan karena alasan tidak ada konten? 

Saran saya sih minimal teman-teman memiliki 5 konten artikel yang dimana artikel tersebut sudah terindex dengan baik di google pencarian, dan konten tersebut memiliki interaksi yang cukup pada pengunjung. Untuk mendatangkan pengunjung teman-teman bisa melakukan blog walking kebeberapa blogger yang ada di Indonesia ini.

4. Ditolak Adsense karena tidak ada balasan saat terakhir mendaftar

Pernah gak sih merasakan menunggu sekian lama menunggu balasan dari google adsense. Saya pernah mendengar cerita dari beberapa teman blogger yang pernah saya temui, dari cerita mereka ada beberapa blogger yang menunggu balasan google adsense yang tidak kunjung datang. 

Sebenarnya apa penyebabnya ? Mengapa balasan tidak kunjung datang saat terakhir mendaftar ke google adsense. Yuk intropeksi lagi blognya, apa aja yang kurang. Mungkin teman-teman sudah diberitahu namun kesalahannya tetap sama, mungkin itu salah satu penyebab kenapa tidak ada balasan sejak terakhir mendaftar google adsense. 

5. Ditolak Adsense dengan alasan konten terpotong

Saya sebenarnya tidak terlalu paham kenapa alasan penolakannya seperti itu, apakah yang dimaksud konten terpotong? Mungkin saja blog yang didaftarkan tidak responsive sehingga saat dibuka di media lain konten yang teman-teman publikasikan terpotong sehingga sulit untuk dibaca melalui PC atau melalui smartphone. 

Pastikan mennggunakan template blog yang benar, responsive, dan sesuai dengan kebijakan dan syarat Google Adsense.

6. Ditolak Adsense karena alasan memiliki email lain

Sebenarnya beberapa waktu yang lalu, saya sudah membahas mengapa google adsense ditolak karena alasan memiliki email lain. SIlahkan baca disini :  Google Adsense Ditolak Karena Terkait Email Lain.

7. Ditolak Adsense karena alasan COVID-19

Ini merupakan alasan baru karena masa pandemi COVID-19 ini. Pengguna yang ditolak karena alasan COVID-19 sebenarnya tidak sepenuhnya ditolak, hal ini disebabkan karena karyawan google melakukan pekerjaannya secara online atau tidak langsung dari kantor tim google adsense secara langsung. Mungkin saja blog teman-teman masih dalam proses antrian dari beberapa blog yang juga mengajukan permintaan pendaftaran google adsense. 

Yang terpenting ajukan saja terus untuk pendaftaran google adsensenya, sampai diterima. Nanti juga blog yang didaftarkan dapat diterima asal sesuai dengan kebijakan dan syarat google adsense. 


Nah begitulah teman-teman terkait pengajuan google adsense beserta solusi terhadap penolakannya.  Untuk mendaftarkan google adsense kita tidak akan lepas dari yang namanya email. domain, alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Pastikan keempat syarat awal tersebut bisa teman-teman penuhi tinggal kebijakan dari google adsense yang bisa kita ikuti.

Semoga pengalaman saya ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua. Semangat!