Tools  

6 Alat Gratis yang Membantu Mengoptimalkan Situs Web Anda

6 Alat Gratis yang Membantu Mengoptimalkan Situs Web Anda
6 Alat Gratis yang Membantu Mengoptimalkan Situs Web Anda

Andrie.id~ Apa yang membuat situs web “baik”? Peringkat organik tinggi? Konten yang berharga? Pengalaman pelanggan ? Atau sesuatu yang sama sekali?

Sementara para ahli di seluruh dunia memiliki berbagai pendapat tentang seperti apa tampilan situs web, mereka semua setuju bahwa tidak ada faktor tunggal untuk menentukan kualitas situs web.

Inilah sebabnya mengapa mengoptimalkan situs web Anda untuk kedua mesin pencari, dan pengguna adalah bagian penting dari strategi situs web.

Dan berikut adalah 6 Alat Gratis yang Membantu Mengoptimalkan Situs Web Anda dengan lebih baik.

1. Hotjar

Hotjar adalah setelan lengkap Anda untuk mengumpulkan data kualitatif. Ini mencakup serangkaian alat yang membantu Anda menghasilkan peta panas, pelacakan corong, jajak pendapat pengguna, survei, dan semuanya kualitatif.

Hotjar menawarkan webmaster dan pakar SEO sejumlah alat untuk digunakan, mudah digunakan, dan gratis untuk semua.

2. Google Analytics

Memahami perilaku pengguna sangat penting untuk mengoptimalkan situs web Anda. Apakah Anda adalah situs web e-niaga yang mencoba memaksimalkan konversi Anda atau situs web informasi yang ingin memperpanjang waktu pengguna di situs web Anda, membentuk strategi SEO tanpa memahami apa yang dilakukan pengunjung di situs web Anda adalah hal yang sia-sia.

Google Analytics memungkinkan webmaster melacak perilaku pengguna saat mereka menavigasi situs. Ini secara otomatis mengumpulkan data dan menawarkan laporan yang disesuaikan untuk memahami perilaku pengguna dengan lebih baik. Dan itu gratis untuk digunakan.

3. Pengoptimalan Google

Jika Anda ingin menguji fitur baru di situs web Anda, pengoptimalan Google adalah tempat yang Anda inginkan.

Ditawarkan secara gratis oleh Google, pengoptimalan Google memungkinkan webmaster menguji berbagai variasi pada halaman seperti font, ajakan bertindak, tajuk utama, salinan produk, penempatan produk, dan mencocokkannya dengan tujuan yang diinginkan.

Jika Anda mencari alat gratis untuk pengujian A/B di situs web Anda, Anda tidak akan menemukan yang lebih baik dari Google Optimize. Dan juga terintegrasi dengan mulus dengan Google Analytics.

4. PageSpeed ​​Insights

Alat gratis lain yang ditawarkan oleh Google, PageSpeed ​​Insights digunakan untuk mengukur kinerja situs web di desktop dan perangkat seluler.

Ini memberikan skor untuk setiap situs web pada skala peringkat dari 0 hingga 100. Situs web yang diberi peringkat lebih dari 90 dianggap baik, 50 hingga 90 perlu ditingkatkan, dan di bawah 50 dianggap buruk.

Skor kinerja didasarkan pada data lab, yang berarti kinerja dievaluasi dalam lingkungan yang terkendali. Hasil dari PageSpeed ​​memberi webmaster tampilan akurat tentang bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs web.

5. Google Search Console

Premis Google Search Console sangat mudah. Ini memungkinkan webmaster untuk melihat kinerja situs web mereka di Google.

Konsol juga berguna jika Anda perlu memecahkan masalah situs web Anda, memperbaiki masalah pengindeksan, meminta pengindeksan ulang untuk konten baru, dan banyak fitur lainnya.

Namun komponen penting dari konsol yang membuatnya sangat berharga bagi webmaster adalah kemampuannya untuk menyediakan data terkait penelusuran.

Seberapa sering peringkat situs web Anda dalam pencarian? Apa kata kunci yang Anda rangking? Dan seberapa sering pengguna mengklik ke situs web Anda?.

6. Screaming Frog

Screaming Frog adalah perayap yang merayapi situs web Anda untuk mengetahui masalah umum SEO. Ia menemukan tautan yang rusak, menemukan konten duplikat, menemukan pengalihan, mengekstrak data yang relevan dari halaman web, menganalisis judul halaman dan tag meta, di antara beberapa kegunaan lainnya.

Screaming Frog memudahkan webmaster untuk mendeteksi kelainan dalam situs web dan meningkatkan elemen yang memengaruhi peringkat SEO.

Semakin cepat Anda memulai pengoptimalan situs web, semakin baik. Setiap alat yang disebutkan di atas mudah digunakan dan menawarkan informasi berharga untuk mengoptimalkan kinerja situs web Anda.

Dan sementara semua alat ini gratis, beberapa juga datang dengan versi berbayar jika Anda merasa perlu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.