Cara Ganti Password Gmail Dengan Mudah dan Cepat

Cara Ganti Password Gmail Dengan Mudah dan Cepat
Cara Ganti Password Gmail Dengan Mudah dan Cepat

Cara Ganti Password Gmail|| Mengubah kata sandi email di Gmail harus dilakukan secara berkala, tujuannya adalah untuk melindungi akun Gmail dari orang-orang yang ingin meretas atau melakukan sesuatu di email. Cara Mengganti Password Gmail sangat mudah, dan bisa dilakukan di HP atau di PC.

Apalagi jika Anda memilih password yang mudah ditebak dan terdiri dari kata atau angka yang sederhana, sebaiknya ganti password dengan menggunakan password yang lebih sulit agar tidak mudah diretas.

Email di Gmail memang cukup rentan dalam pelanggaran yang dilakukan oleh hacker. Jadi mengubah password secara teratur, akan membuat akun email aman dan tidak mudah diserang oleh hacker.

Cara mengubah kata sandi Gmail melalui HP dan PC

Dalam mengubah password atau kata sandi pada akun Gmail ini, tentunya Anda harus memiliki akses ke email, yaitu alamat email dan kata sandi. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil dalam mengubah password email Anda termasuk:

1. Masuk atau masuk ke Gmail terlebih dahulu

Langkah pertama adalah masuk atau masuk ke akun Gmail Anda. Artinya, dengan masuk ke browser dan memasukkan alamat email dan kata sandi lama di sana.

2. Masuk ke menu pengaturan

Setelah dapat membuka email, Anda dapat langsung masuk ke pengaturan dengan mengklik tombol Roda Gigi di sebelah kanan dan pilih menu lihat semua pengaturan. Selanjutnya silahkan pilih menu Akun dan impor dan ubah kata sandi.

3. Buat kata sandi baru

Langkah ketiga dalam cara mengubah kata sandi Gmail adalah dengan melihat tab baru. Untuk memasukkan kata sandi lama atau kata sandi yang saat ini masih digunakan, untuk memverifikasi.

Setelah itu klik tombol Next sehingga Anda dapat melanjutkan pada tahap lain. Masukkan kata sandi baru untuk mengubah kata sandi lama. Masukkan kata sandi 2 kali dan kemudian klik tombol Ubah kata sandi lagi.

4. Berhasil Mengubah Kata Sandi Gmail

Proses mengubah kata sandi pada akun Gmail akhirnya berhasil. Untuk memeriksa, Anda harus masuk lagi di perangkat lain, atau di browser lain menggunakan kata sandi baru.

Tips untuk membuat kata sandi baru di akun Gmail

Cara Mengganti Password Gmail sangat mudah, dan tidak memerlukan waktu yang lama atau cara yang rumit. Fasilitas ini juga akan membantu Anda dalam mengubah password Gmail Anda secara teratur.

Meskipun mungkin tampak merepotkan jika Anda harus terus-menerus mengubah kata sandi, mengubah kata sandi secara teratur akan membantu mengurangi risiko hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan melindungi keamanan akun Gmail.

Hal yang tidak diinginkan bisa apa saja misalnya berupa data curian atau bisa juga dari tangan hacker, dalam meretas data di dalamnya. Kemudian ikuti tips ini ketika Anda mengubah kata sandi email Anda dengan yang baru.

Kata sandi baru yang Anda buat diharapkan akan jauh lebih kuat, sulit ditebak, dan tidak mudah diretas. Berikut adalah beberapa jaringan di bawah ini:

Buat kata sandi yang panjang, yang bisa berupa angka, huruf, atau kombinasi angka dan huruf.
Buat kata sandi dari menggabungkan kata-kata yang sulit ditebak orang lain.

  • Gunakan kombinasi huruf kapital, angka, huruf kecil, dan simbol.
  • Jangan memasukkan unsur informasi yang bersifat personal karena akan lebih mudah ditebak.
  • Jangan gunakan kata sandi yang sama pada beberapa akun yang berbeda.
  • Dalam menghindari peretasan atau pencurian data dengan membuat kata sandi yang panjang, atau kombinasi huruf, angka, simbol, dan sebagainya, itu tampaknya lebih merepotkan. Selain itu, kata sandi yang membingungkan akan sulit diingat bahkan oleh Anda sendiri.

Untuk itu Anda bisa menggunakan software tambahan, yaitu software Password Manager. Perangkat lunak ini akan membantu Anda menyimpan kata sandi untuk sejumlah akun yang anda miliki di internet.

Terutama jika Anda harus mengubah kata sandi secara teratur, diperlukan penyimpanan khusus dan aman, untuk menyimpan kata sandi baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page