Cara Memasang Captcha Google di Form Login WordPress

Cara Memasang Captcha Google di Form Login Wordpress
Cara Memasang Captcha Google di Form Login Wordpress

andrie.id – Cara memasang captcha google di Form Login WordPress. Captcha adalah sebuah langkah yang bisa dipergunakan untuk memproteksi halaman atau fitur penting yang ada di wp. Contohnya saja seperti form login, form komentar, dan halaman lainnya.

Penggunaan captcha juga berfungsi untuk mencegah tindahkan bruce force attack yang merupakan salah satu jenis serangan pada website. Cara kerjanya ialah dengan menebak username dan password secara terus menerus atau berulang kali dalam waktu yang singkat.

Untuk mencegah terjadinya serangan bruce force attack itu ialah dengan memasang captcha google pada form login atau fitur wp lainnya. Captcha ini disediakan gratis oleh google, dan bisa kamu install pluginnya di wordpress.

Read More

Cara Memasang Captcha Google di Form Login WordPress

  1. Login ke halaman dashboard WordPress kamu
  2. Klik menu ‘ Plugins ‘ lalu pilih ‘ Add New ‘
  3. Pada kolom pencarian ketik: Login No Captcha reCAPTCHA
  4. Lalu klik tombol install dan aktifkan plugin
  5. Selesai

Setelah mengaktifkan plugin Login No Captcha reCAPTCHA (Google), maka akan muncul pilihan baru pada menu Settings bertuliskan ” Login NoCaptcha “. Silahkan diklik nanti akan muncul form pengaturan untuk memasukkan kode site key dan secret key Google ReCaptcha khusus untuk website kamu.

Kode site key dan secrect key ini bisa kamu dapatkan pada halaman Google reCAPTCHA. Berikut langkah-langkahnya cara mendapatkannya.

  1. Login ke halaman Google reCAPTCHA
  2. Lalu isi form yang telah disediakan
  3. Isi form disesuaikan dengan data website kamu
  4. Klik tombol submit
  5. Selesai

Pada langkah ini kamu akan mendapatkan kode site key dan secret key untuk dimasukkan pada laman dashboard plugin wordpress yang kamu install dilangkah sebelumnya. Jika sudah benar, maka silahkan bersihkan cache browser kamu dan login ulang ke halaman wordpress kamu.

Maka secara otomatis akan muncul kotak verifikasi google reCAPTCHA pada halaman form login wordpress kamu, jadi sebelum login kamu harus melakukan verifikasi tebak gambar terlebih dahulu. Seru kan!

Oiya jika kamu menginginkan jenis verifikasi lain seperti perhitungan angka, tebak huruf, menyusun balok, dan lain sebagainya. Kamu bisa install plugin wordpress lain seperti WP Captcha, Better WordPress reCAPTCHA, image Captcha, dan lain sebagainya.

Demikianlah cara memasang Captcha Google di Form Login WordPress, semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

11 comments

  1. Wah, makasih banyak informasinya! Kalo ada Captcha Google ini jadinya lebih aman, yaa. Apalagi kalau udah berselancar di dunia internet, banyak banget hal yang perlu diproteksi, termasuk di bagian form login WordPress ini.

  2. molly otw pasang juga nih. pernah denger sih soal bruce force attack untuk website wordpress. jadi parno pas abis baca ini. otw pasang ahh

  3. Salah satu kekhawatiran adalah adanya tindakan serangan pihak luar ke blog kita. Kadang malah bikin nggak nyenyak tidur segala lho. Tapi kira-kira bisa cocok nggak ya ke templateku? Kadang kan ada plugin yang nggak cocok terus malah bikin crush. Coba dulu deh. Mana tahu kalau belum dicoba. Hehehe

  4. Inginnya dipasang Captcha Google di Form Login WordPress, tapi entah kenapa WP ku tuh suka 404 gitu.. Kebayang kalo ada captcha-nya, pada stres gak yaa…yang akan BW dan komen?
    Tapi kerennya, ini untuk menghindari serangan bruce force attack yah…
    Canggih~

  5. Kepake banget ini tutorialnya buat blog satunya yg khusus trip mancing. Secara pake wordpress.
    Bakal balik ulang deg, ngepasi ngoprek si blog

  6. Wahh makasih tipsnya kak. Nanti bila suatu saat saya bikin blog di wordpress, akan saya terapkan tips ini. Sekarang masih betah nge-blog pakai blogspot nih

  7. Wahh perlu banget di coba nih, supaya meminimalisir terjadinya spam dan berakhir peforma blog turun dehhh