Slotbabon Slotbabon Winstar4D Halte4D Halte4D Kakakjudi Winstar4D
Bisnis  

Cara Mendapatkan Media Partner untuk Bisnis

Cara Mendapatkan Media Partner untuk Bisnis
Cara Mendapatkan Media Partner untuk Bisnis

Media Partner dapat membantu mempromosikan bisnis Anda dan menjangkau lebih banyak konsumen. Berikut cara mendapatkannya!

Untuk bisnis, penting untuk mendapatkan publikasi strategis agar dapat menjangkau lebih banyak konsumen.

Kegiatan publikasi ini meliputi promosi, penawaran, dan pemasaran seluruh produk, jasa, bahkan tujuan bisnis kepada calon pihak.

Dalam hal ini, calon konsumen, investor, pemasok, dan pemerintah menjadi target publikasi yang ideal.

Namun, melakukan publikasi yang baik tidaklah mudah. Dibutuhkan perencanaan yang matang agar materi yang dibagikan dapat diterima dengan baik dan seluas-luasnya.

Oleh karena itu, terkadang sebuah bisnis perlu bekerjasama dengan bisnis lain yang bergerak di bidang media dan publikasi.

Kerja sama ini seringkali dibentuk dalam bentuk kemitraan media yang saling menguntungkan.

Jadi, apa itu Media Partner dan bagaimana cara mendapatkannya? simak penjelasannya dibawah ini.

Definisi Mitra Media

Menurut Adjust, media partner adalah bisnis yang memiliki platform untuk beriklan dalam beberapa kapasitas, termasuk menjual platform tersebut kepada pengiklan dalam waktu tertentu.

Mitra media menjual platform mereka ke bisnis lain untuk iklan dan promosi.

Misalnya, mitra media yang bergerak di bidang media cetak dapat menyewakan ruang di majalahnya untuk mengiklankan bisnis lain.

Contoh lainnya adalah media digital yang dapat menyewakan feed atau InstaStory mereka untuk mempublikasikan bisnis lain secara terbatas.

Batasan tersebut berarti bahwa iklan atau promosi yang dipasang dibatasi untuk jangka waktu tertentu.

Jika periode iklan telah berakhir, materi iklan juga akan dihapus atau berhenti dipasang.

Setiap perusahaan media atau advertiser tentunya memiliki segmen pasar yang berbeda-beda. Oleh karena itu, bisnis dapat menyesuaikan segmen pasar tersebut sesuai dengan target iklannya.

Bagaimana memilih Mitra Media yang Tepat

Pemilihan media partner untuk bisnis perlu dilakukan dengan benar agar dapat menjangkau prospek bisnis yang diinginkan.

Read More:  Menyongsong Persaingan dalam Bidang Harga: Strategi Efektif

Berikut tips yang bisa Anda terapkan.

1. Ketahui Target Audiensnya

Sebelum bekerja sama dengan mitra media, pastikan Anda telah menentukan siapa target pasar bisnis Anda.

Bisnis perlu menyelaraskan target pasar mereka dengan segmen audiens dari perusahaan media tempat mereka akan bekerja.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis kuliner, maka sebaiknya pilih media partner yang juga bergerak di bidang kuliner.

Hindari memiliki mitra media yang kurang relevan dengan bisnis. Oleh karena itu, iklan yang Anda posting akan diterima oleh audiens yang tidak potensial.

2. Tetapkan hasil yang diharapkan dari Mitra Media

Sebelum menjalin kemitraan, Anda perlu menentukan tujuan atau hasil yang ingin dicapai.

Sasaran ini dapat berupa penjualan, jumlah klik tautan, peningkatan pengikut media sosial, atau peningkatan lalu lintas situs web.

Misalnya, jika Anda memasang iklan soft selling melalui media partner, Anda dapat menargetkan berapa persen peningkatan penjualan yang Anda harapkan.

Contoh lainnya adalah menargetkan pertumbuhan konsumen dan pengikut bisnis dengan bekerja sama dengan perusahaan media.

Dengan memiliki target yang jelas dan terukur, Anda dapat mengetahui tingkat keberhasilan iklan yang Anda jalankan.

3. Bagikan konten yang relevan

Setelah menetapkan hasil yang diharapkan, Anda harus menyiapkan materi konten yang relevan dengan media pilihan Anda.

Misalnya, jika Anda bekerja dengan media cetak, Anda perlu menyiapkan bahan tulisan yang baik untuk dimasukkan ke dalam media tersebut.

Contoh lainnya adalah ketika Anda bekerja dengan platform media sosial, maka Anda perlu menyiapkan materi promosi yang ideal, seperti feed, komidi putar, reel, dan lain sebagainya.

Selain tips di atas, hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah rekam jejak perusahaan media yang akan bekerja sama dengan Anda.

Read More:  Cara Membuat Iklan di Facebook Ads dari Awal Sampai Publish

Pastikan media partner memiliki legalitas resmi, memiliki portofolio yang baik, dan mampu menjawab kebutuhan kliennya.

Cara Mendapatkan Media Partner

Pada dasarnya, untuk mendapatkan media partner tidak sesulit mendapatkan investor. Oleh karena itu, kerja sama dengan media merupakan bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.

Manfaat yang didapat juga bisa dihitung dan disepakati sejak awal. Misalnya, bagi pengiklan, mereka akan mendapatkan platform khusus untuk promosi.

Sedangkan untuk media, mereka mendapatkan pendapatan atau platform sewa untuk iklan.

Cara mendapatkan media partner sama dengan bentuk kerjasama lainnya yaitu pengajuan proposal atau kesepakatan serupa.

Secara umum, alur kerja sama berikut dengan Media Partner, yaitu:

Langkah 1: Teliti mitra media yang tepat, sesuai dengan prospek bisnis dan target pasar yang dicari. Perhatikan relevansi bidang usaha dengan mitra media, serta platform yang digunakan.

Langkah 2: Buat daftar mitra media yang ideal. Anda dapat mengurutkannya berdasarkan perusahaan media yang paling Anda harapkan. Komposisi calon mitra tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

Langkah 3: Hubungi mitra media Anda. Anda bisa menghubungi daftar calon media partner yang harus Anda tanyakan informasi lebih lanjut. Termasuk kemungkinan terjalinnya kerjasama, alur kerjasama, dan jalur komunikasi yang maju.

Langkah 4: bangun komunikasi yang lebih intens. Setelah menemukan calon pasangan yang ideal, Anda dapat menjalin komunikasi lebih lanjut. Ada beberapa hal spesifik yang bisa Anda tanyakan, seperti basis audiens bulanan, prospek pasar, syarat kerjasama, dan lain sebagainya.

Langkah 5: Ajukan proposal kerjasama. Dalam proposal kerjasama tersebut, dinyatakan dengan jelas segala syarat yang diharapkan dari kemitraan yang telah terjalin. Termasuk hak dan kewajiban, tunjangan bagi kedua belah pihak, Pembayaran, Syarat penyelesaian kerja sama, dan lain sebagainya.

Read More:  5 Pola Candlestick yang Paling Menguntungkan

Demikian penjelasan Media Partner dan cara mendapatkannya yang bisa Anda coba untuk meningkatkan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *