Slotbabon Slotbabon Winstar4D Halte4D Halte4D Kakakjudi Winstar4D

Cara Setting Permalink WordPress Yang Baik dan Benar

Cara Setting Permalink WordPress Yang Baik dan Benar
Cara Setting Permalink WordPress Yang Baik dan Benar

Permalink adalah bagian penting dari struktur situs web WordPress Anda. Ini adalah URL permanen yang menunjukkan alamat dari setiap halaman atau postingan di situs Anda.

Mengatur permalink dengan benar sangat penting untuk SEO (Search Engine Optimization) dan kenyamanan pengguna.

Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengatur permalink WordPress yang baik dan benar untuk meningkatkan kinerja situs Anda.

Apa itu Permalink?

Sebelum kita mulai membahas cara mengatur permalink, mari kita pahami apa itu permalink. Permalink adalah singkatan dari “permanent link,” yang berarti tautan permanen atau alamat tetap untuk setiap halaman, posting, atau arsip di situs web Anda.

Permalink tidak hanya membantu pengguna untuk mengingat alamat halaman, tetapi juga membantu mesin pencari untuk mengindeks dan memahami struktur situs Anda dengan lebih baik.

Default Permalink WordPress Saat pertama kali menginstal WordPress, sistem akan menggunakan struktur permalink default, yang biasanya berisi nomor dan simbol acak.

Contohnya seperti http://www.situsanda.com/?p=123. Meskipun hal ini dapat berfungsi dengan baik, tetapi permalink default tidak ramah SEO dan sulit diingat oleh pengguna.

Cara Mengatur Permalink WordPress yang Baik dan Benar: Berikut adalah beberapa langkah untuk mengatur permalink WordPress yang baik dan benar:

  1. Pilih Struktur Permalink yang Sesuai: Anda dapat memilih struktur permalink yang sesuai dengan mengunjungi halaman Settings > Permalinks di dasbor WordPress Anda. WordPress menyediakan beberapa pilihan struktur seperti:
    • Plain: http://www.situsanda.com/?p=123
    • Day and Name: http://www.situsanda.com/2023/08/01/sample-post/
    • Month and Name: http://www.situsanda.com/2023/08/sample-post/
    • Numeric: http://www.situsanda.com/archives/123
    • Post Name: http://www.situsanda.com/sample-post/
    Pilihan yang paling disarankan adalah Post Name, karena membuat URL yang bersih, informatif, dan mudah diingat oleh pengguna.
  2. Gunakan Kata Kunci dalam Permalink: Saat mengatur permalink, usahakan untuk menyertakan kata kunci yang relevan dengan konten halaman atau postingan Anda. Kata kunci akan membantu mesin pencari memahami isi konten Anda dan meningkatkan peringkat halaman di hasil pencarian.
  3. Hindari Penggunaan Stop Words: Stop words adalah kata-kata umum seperti “dan,” “atau,” “di,” “dari,” dan sebagainya yang sering diabaikan oleh mesin pencari saat mengindeks halaman. Hindari menggunakan stop words dalam permalink karena hal itu bisa mengurangi efektivitas SEO.
  4. Gunakan Tanda Hubung (Dash): Untuk meningkatkan keterbacaan dan SEO, gunakan tanda hubung (dash) untuk memisahkan kata dalam permalink. Hindari menggunakan underscore (_) atau tanda hubung dua (–) karena bisa membingungkan mesin pencari.
  5. Hindari Penggunaan Huruf Kapital: WordPress akan secara otomatis mengonversi permalink menjadi huruf kecil. Namun, tetap sebaiknya menghindari penggunaan huruf kapital dalam permalink untuk menghindari potensi masalah teknis di masa depan.
  6. Jangan Ubah Permalink Setelah Dipublikasikan: Ubahlah permalink sebelum mempublikasikan konten. Setelah dipublikasikan, usahakan untuk tidak mengubah permalink karena ini dapat menyebabkan tautan yang rusak dan sulit diindeks oleh mesin pencari.
  7. Gunakan Plugin Redirect Jika Perlu: Jika Anda perlu mengubah permalink setelah konten dipublikasikan, gunakan plugin redirect seperti “Redirection” untuk mengalihkan trafik dari permalink lama ke yang baru. Ini akan membantu menghindari tautan rusak dan kerugian SEO.
Read More:  Cara Membuat Permalink Blogger Mirip Wordpress

Kesimpulan

Mengatur permalink WordPress yang baik dan benar merupakan salah satu langkah penting dalam mengoptimalkan situs web Anda untuk SEO dan kenyamanan pengguna.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat tautan permanen yang bersih, relevan, dan mudah diingat oleh pengguna.

Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas dan peringkat situs Anda di mesin pencari, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *