Review  

Inilah Fungsi Rem Sesungguhnya, Ternyata Tidak Untuk Memberhentikan Kendaraan

Sample-001
Andrie Kristianto – Inilah Fungsi Rem Sesungguhnya, Ternyata Tidak Untuk Memberhentikan Kendaraan. Banyak orang belum sadar dan tidak mengetahui fungsi rem yang sesungguhnya, kebanyakan mungkin akan menjawab bahwa fungsi rem yaitu untuk memberhentikan kendaraan.
Disaat kaget atau panik saat berkendara pasti teman-teman akan secara spontan menginjak rem dari kendaraan teman-teman sendiri, padahal hal ini sangat tidak dianjurkan. Pemikiran atau mindset bahwa nge-rem adalah untuk berhenti itu harus diubah, yang bisa membuat kendaraan berhenti hanya beton, pohon, ataupun benda-benda berat lainnya.
Sebenarnya fungsi utama kendaraan sendiri yaitu untuk mengurangi kecepatan, bukan untuk menghentikan kendaraan. Karena jika teman-teman terlalu menekan untuk menginjak rem maka akan berakibat fatal, kendaraan tidak akan berhenti melainkan ban akan tergelincir karena cengkraman ban ke aspal akan berkurang.
Nah begitulah fungsi utama rem sesungguhnya, ternyata tidak untuk memberhentikan kendaraan tetapi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan jika kecepatan kendaraan melebihi batas yang dianjurkan. Semoga bermanfaat.

Responses (29)

  1. Simpel mengena, memang begitu seharusnya. Mengerem juga harus dilakukan dengan halus. Meremasnya (pada motor) bukan secara spontan biar tidak terjadi slip. btw ada kalimat yg mungkin kurang di paragraf 4 kalimat pertama.

  2. Iya juga sih, kalo langsung berhenti, hukum fisika nanti berlaku. Kendaraan mungkin bisa berhenti pada rem yang mencengkeram bagus, tapi nanti malah mencelakai pengendara sendiri.

  3. Wahhh bener banget tuh, memang rem untuk mengurangi kecepatan.. Makanya ak sering banget kalau mau berhenti gitu harus ngerem dari jauh jauh biar berhentinya sesuai dengan yang ak inginkan… Jadi kalau memberhentikan kendaraan dengan rem tiba-tiba malah bisa membahayakan keselamatan diri sendiri ataupun orang lain hehe

  4. betul sih mas, tapi kan saya jadi ketawa.
    dulu saya juga pernah ngerem mendadak gitu dan hampir aja jatuh…
    kalau mau nginjak rem emang kudu pake perasaan ngaak boleh asal injek aja, ntar malah nyolot

  5. Saya dulu pertama belajar mengendarai sepeda motor juga dikasih tahu ayah bahwa fungsi utama rem adalah untuk mengurangi kecepatan. Kalau mengeremnya terlalu menekan, kendaraan auto terbang.

  6. Jika ternyata rem fungsinya bukan untuk menghentikan besok besok mamang mah mau menghentikan kendaraannya pake sendal jepit aja ah… tak injek bannya supaya berhenti

  7. Pendapat setiap orang pasti seperti ini, tapi ternyata lebih tepatnya untuk mengurangi kecepatan pada kendaraan ya. Gak kebayang kalo memang fungsi utama rem untuk membuat kendaraan berhenti…

  8. Iya bnr bgt, rem itu untuk mengurangi kecepatan, bukan menghentikan.
    Perlu edukasi, agar sepemahaman bagi pengendara kendaraan. Terutama edukasi buat si kecil, spy mengubah mindset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page