Mengenal Apa Itu Likuiditas Bitcoin

Mengenal Apa Itu Likuiditas Bitcoin
Mengenal Apa Itu Likuiditas Bitcoin

Andrie.id~ Hallo sobat semuanya bertemu lagi dengan kami yang akan memberikan kalian informasi tentang Mengenal Apa Itu Likuiditas Bitcoin.

5 Bitcoin telah bertahan dan bahkan mendapatkan popularitas meskipun musim dingin kripto . Hal ini menyebabkan banyak anggota komunitas mulai mengajukan pertanyaan tentang jaringan dan cara kerjanya.

Definisi Likuiditas

Mari kita mulai dengan dasar-dasar apa yang membuat suatu aset likuid atau tidak likuid? Likuiditas digunakan untuk menggambarkan seberapa siap suatu entitas untuk dibelanjakan.

Maka, aset yang sangat likuid akan menjadi aset yang bebas digunakan untuk menutupi pengeluaran.

Aset tidak likuid, di sisi lain, adalah aset yang tidak mudah dijual dengan nilai yang sesuai. Hal ini dapat dikaitkan dengan beberapa faktor, salah satunya adalah biaya yang terlibat dalam penjualan aset.

Ini tidak berarti bahwa mereka tidak memiliki nilai yang baik bahkan bisa jadi sebaliknya. Ini hanya berarti bahwa mungkin perlu waktu lebih lama bagi Anda untuk menemukan peluang yang tepat di mana Anda dapat menjual aset dengan harga yang tepat.

Contoh aset likuid dan tidak likuid

Untuk membantu memberi Anda ide yang lebih baik, mari kita lihat beberapa contoh.

Contoh termudah untuk aset likuid adalah uang tunai lagi pula, ada alasan mengapa orang mengatakan, “uang tunai adalah raja.” Anda dapat menggunakan uang tunai saat Anda membutuhkannya, dan nilainya akan persis seperti yang Anda harapkan.

Contoh lain adalah saham, yang tidak likuid seperti uang tunai tetapi dapat dijual cukup cepat dalam waktu yang relatif singkat di pasar yang siap.

Contoh lain dari aset likuid meliputi:

  • Pasar yang mapan
  • Obligasi
  • Saham
  • Pasar uang

Untuk aset yang tidak likuid, real estat akan menjadi contoh yang baik. Properti real estat sering kali memiliki banyak nilai tetapi menjualnya dengan cepat sering kali berarti tidak menyadari nilai tersebut.

Untuk mendapatkan harga yang tepat untuk real estat, kemungkinan besar Anda akan membutuhkan agen real estat untuk membantu Anda menampilkan properti dengan sebaik-baiknya. Itu berarti pengeluaran untuk open house serta biaya agen.

Contoh lain dari aset tidak likuid meliputi:

  • Pengelola investasi global
  • Saham sen
  • mobil
  • barang antik
  • karya seni

Apakah Bitcoin adalah aset yang likuid atau tidak likuid?

Sekarang, untuk inti masalahnya dapatkah kita menganggap Bitcoin sebagai aset yang likuid atau tidak likuid?

Jika Anda fokus pada fakta bahwa kami dapat dengan mudah mengubahnya menjadi uang tunai, kami dapat menggambarkan Bitcoin sebagai aset likuid .

Namun, ini datang dengan beberapa pertimbangan karena faktor-faktor tertentu ikut berperan:

Volume Perdagangan

Volume perdagangan Bitcoin memainkan peran terbesar di sini karena menentukan pasokan Bitcoin yang beredar di pasar.

Secara sederhana, ini menggambarkan aktivitas pasar koin dengan mengukur pergerakan koin selama 24 jam terakhir.

Volume perdagangan paxful

Semakin tinggi volume perdagangan, semakin banyak yang dapat kita harapkan untuk menemukan orang-orang yang secara aktif memperdagangkan Bitcoin di pasar.

Ini berarti lebih mudah bagi orang untuk membeli BTC saat mereka membutuhkannya atau mengubah BTC mereka menjadi mata uang fiat.

Pertukaran

Jumlah pertukaran yang tersedia juga akan menjadi penting. Secara sederhana, dengan lebih banyak pertukaran yang tersedia, semakin banyak peluang bagi orang untuk memperdagangkan Bitcoin mereka dengan uang tunai.

Syaratnya di sini bursa yang tersedia harus tampil pada level tertentu agar orang merasa nyaman. Keamanan akan menjadi faktor terbesar, dengan kenyamanan berada di urutan kedua.

Selama kondisi ini terpenuhi, kami dapat yakin bahwa pelaku pasar akan merasa lebih mudah untuk berpartisipasi dalam perdagangan.

Penerimaan

Tingkat adopsi dan penerimaan Bitcoin adalah faktor penting lainnya. Tingkat penerimaan yang lebih tinggi berarti bahwa Bitcoin digunakan sebagai media pertukaran aktual yang pada gilirannya meningkatkan utilitasnya dan menurunkan volatilitasnya.

Bitcoin sebagai alat tukar terus berkembang selama bertahun-tahun, dengan semakin banyak solusi pembayaran dan situs web e-commerce yang menerima Bitcoin sebagai pembayaran untuk barang dan jasa.

Peraturan

Seperti yang telah kita lihat dalam beberapa tahun terakhir, pengenalan peraturan dan pembatasan dalam industri mata uang kripto telah memanifestasikan dirinya dalam fluktuasi nilai Bitcoin. Kita hampir tidak bisa menyalahkan pasar karena bereaksi seperti ini.

Kesadaran

Akhirnya, kami memiliki kesadaran tentang Bitcoin dan cara kerjanya. Terlepas dari popularitasnya, banyak orang masih tidak mengetahui secara pasti bagaimana Bitcoin bekerja dan bagaimana hal itu dapat membantu mereka.

Jumlah pengguna Bitcoin saat ini dibatasi oleh informasi. Solusi paling nyata untuk masalah ini adalah melalui pendidikan.

Ambil salah satu pusat pendidikan Paxful sebagai contoh. Melalui pusat-pusat ini, Paxful bertujuan untuk mencerahkan individu tentang cara kerja Bitcoin dan bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dari blockchain.

Sekarang, kami tidak mengatakan bahwa kami harus fokus hanya pada pusat pendidikan yang terpenting adalah kami dapat berbagi informasi yang diperlukan dengan orang lain.

Gallery for Mengenal Apa Itu Likuiditas Bitcoin

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You cannot copy content of this page