Perbedaan Utility dan Security Token

Perbedaan Utility dan Security Token
Perbedaan Utility dan Security Token

Andrie.idPerbedaan Utility dan Security Token. Menurut informasi dari CoinMarketCap, ada 21.050 jenis cryptocurrency atau token crypto yang terdaftar.

Mempertimbangkan bahwa banyak koin cryptocurrency lainnya belum dimasukkan dalam daftar, jumlah koin sebenarnya mungkin lebih tinggi.

Intinya, setiap token atau cryptocurrency dikembangkan dengan tujuan tertentu dalam pikiran. Tetapi pada akhirnya, keberhasilan atau kegagalan proyek cryptocurrency sebagian besar akan bergantung pada tren, nilai, dan adopsi saat ini dan kemungkinan masa depan.

Di antara banyak pilihan, token utilitas dan keamanan adalah dua bentuk populer dari usaha cryptocurrency.

Perbedaan Utility dan Security Token

Pada kesempatan ini dengan bagaimanapun, kami akan mencoba untuk memeriksa perbedaan antara token utilitas dan keamanan serta potensi menggunakan dua token ini sebagai aset keuangan.

Baca Juga : 3 Perbedaan Emas Batangan Dengan Dinar Emas Yang Perlu Anda Ketahui

Bagaimana Cara Kerja Token (Utilitas Token?

Aset digital yang digunakan dalam pengoperasian layanan blockchain dikenal sebagai token utilitas. Biasanya, jenis Token ini dikembangkan untuk memenuhi atau memfasilitasi permintaan spesifik yang kemudian dipenuhi menggunakan teknologi blockchain.

Dengan demikian, pengguna dapat mengakses layanan, fitur, atau transaksi tertentu dengan memiliki token utilitas. Mayoritas token utilitas sering ditawarkan menggunakan teknik Initial Coin Offerings (ICO), mirip dengan penawaran umum perdana.

Pengembangan proyek cryptocurrency dibiayai melalui penerbitan token utilitas, yang kemudian dapat digunakan untuk membayar Produk atau layanan yang disediakan oleh penerbit token.

Beberapa Token Utilitas Yang Paling Sering Digunakan

Meskipun ada banyak token utilitas yang sekarang digunakan, beberapa di antaranya kurang terkenal. Berikut adalah beberapa ilustrasi dari token utilitas yang paling terkenal.

1. Smooth Love Potion (SLP)

Salah satu platform game Play-to-Earn (P2E) teratas yang tersedia saat ini adalah axe infinite. Ramuan Cinta halus (SLP), token unik yang diperlukan untuk membiakkan Axies dalam ekologi game Axie Infinity, dapat diperoleh dengan memainkan game (karakter hewan peliharaan dalam game).

Contoh token utilitas yang sangat tepat adalah smooth Love Potion, yang hanya tersedia di ekosistem game Axie. Oleh karena itu, jika token SLP digunakan di luar Ekosistem Game axie Infinity, mereka tidak akan berguna.

Baca Juga : Samsung A04s Harga dan Spesifikasi Lengkap

2. Filecoin(FIL)

Berdasarkan sistem file antarplanet, Filecoin adalah jaringan peer-to-peer (P2P) terdesentralisasi yang berfungsi sebagai sistem penyimpanan data (IPFS). Filecoin menggunakan struktur desentralisasi untuk mengamankan jaringan dari pencurian data, tidak seperti Cloudflare atau Amazon WebService. Perkembangan teknologi ini adalah masa depan Web3, karena menawarkan opsi yang paling terjangkau, cepat, dan aman untuk menyimpan data secara online.

Mata uang asli Jaringan Filecoin disebut FIL. Memiliki FIL ini memungkinkan pengguna untuk menikmati semua kemampuan yang ditawarkan di jaringan Filecoin, menjadikannya contoh yang baik dari token utilitas.

3. Basic Attention Token (BAT)

Semacam token yang disebut Basic Attention Token (BAT) digunakan dalam jaringan untuk iklan digital yang didukung oleh blockchain. Token ini dimaksudkan untuk digunakan pada jaringan eksklusif untuk sektor periklanan yang disebut Brave di mana pengguna, penerbit, dan pengiklan dapat menukarkannya.

Akibatnya, pengiklan menggunakan token BAT untuk membayar upaya periklanan mereka. Sebagian kecil token dari anggaran ini akan dikirim ke pemasar, sementara mayoritas akan diberikan kepada pengguna.

Bagaimana Cara Kerja Token Keamanan?

Token keamanan menurut definisi adalah aset digital yang dikeluarkan pada jaringan blockchain dan menunjukkan kepemilikan sebagian aset, seperti saham. Dengan kata lain, token sekuritas dapat digunakan untuk mewakili saham dalam proyek dan sering datang dengan janji keuntungan di masa depan.

Akibatnya, pemegang token keamanan akan berhak atas tunjangan termasuk hak suara, bagi hasil, keuntungan, dividen, bunga, dan keuntungan modal.

Pemerintah di sejumlah negara memperlakukan token sekuritas dan sekuritas tradisional secara setara karena mereka berperilaku serupa. Oleh karena itu, token sekuritas ini tunduk pada peraturan di sejumlah negara, termasuk AS, Singapura, Swiss, dan Jerman.

Token sekuritas dipandang sebagai perubahan signifikan dalam sistem keuangan oleh banyak pebisnis di pasar tradisional dan sektor cryptocurrency. Bahkan, menurut studi Keuangan Oleh Yahoo Finance, nilai pasar token keamanan mungkin mencapai 162 triliun pada tahun 2030.

Baca Juga : ICO Crypto Terbaik untuk Berinvestasi Pada Tahun 2022

Contoh Khas Token Sekuritas

Pada situs web daftar cryptocurrency seperti CoinMarketCap dan CoinGecko, sebagian besar token keamanan tidak disebutkan. Berikut adalah beberapa ilustrasi dari beberapa token keamanan yang paling terkenal.

1. tZero (TZROP)

Platform blockchain adalah sesuatu yang Zero, sebuah perusahaan teknologi, bekerja untuk mengembangkan dan mengkomersialkan untuk membuat perdagangan sekuritas digital lebih transparan dan efisien. Bisnis ini memperkenalkan token ERC-20 TZROP sebagai token keamanan untuk bisnisnya.

10% dari pendapatan kotor triwulanan yang ditentukan pada Syarat dan ketentuan memorandum penawaran akan didistribusikan ke setiap pemilik token tzrop sebagai dividen.

2. Inx Limited (INX)

Sebuah bisnis bernama inx Limited adalah yang pertama mendaftar token sekuritas yang tunduk pada peraturan FINRA dan SEC. 130 juta token INX didistribusikan oleh perusahaan di bawah rencana IPO. Kapitalisasi pasar koin INX saat ini sekitar $330.000.000.

Karena token keamanan INX dibuat di jaringan Ethereum, pengguna dapat dengan mudah memantau semua transaksi dan aktivitas lainnya melalui Etherscan. Sejak listing, jumlah pemegang token telah meningkat dari 7.250 menjadi 7.829, dengan lebih dari $4 miliar dalam volume perdagangan.

Baca Juga : ICO Crypto Terbaik untuk Berinvestasi Pada Tahun 2022

3. Corl (CRL)

Token keamanan berbasis blockchain yang disebut Corl (CRL) diperkenalkan oleh Corl Financial Technologies Inc. Tidak seperti token standar pasar, CRL mewakili kepemilikan bisnis sehingga investor juga menerima bagian Bagi Hasil.

Investor bisa mendapatkan persentase tetap dari keuntungan perusahaan sebagai dividen kuartalan dalam bentuk eter dengan memegang token CRL (ETH). Di atas jaringan Ethereum (ERC20) dan Polymath (ST20), Token CRL sedang dibangun.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan didalam sajian pembasan tentang Perbedaan Utility dan Security Token yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat, sekian dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page