Review  

5 Latihan Terbaik untuk Kesehatan Jantung

5 Latihan Terbaik untuk Kesehatan Jantung
5 Latihan Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Andrie.id~ Untuk menjaga jantung Anda tetap kuat, cobalah memasukkan latihan ini ke dalam rutinitas latihan Anda.

Menjadikan olahraga sebagai kebiasaan dapat membantu Anda menjalani hidup yang panjang dan sehat dan secara khusus, olahraga dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda.

Tetap aktif adalah cara yang efektif untuk menjaga jantung yang kuat dan mengurangi kemungkinan Anda terkena penyakit jantung , penelitian menunjukkan.

Latihan seperti yoga dan berjalan dapat membuat jantung Anda berfungsi dengan baik. Dengan bantuan para ahli, kami merinci berbagai latihan yang harus Anda lakukan untuk menjaga jantung Anda kuat dan sehat.

Apakah Anda menyukai latihan intensitas tinggi atau gerakan yang kurang intens, seperti ber
enang, Anda dapat menuai manfaat dari semua latihan berikut.

Mengapa olahraga penting untuk jantung Anda?

Olahraga secara umum bermanfaat untuk kesehatan jantung. Itu membuat Anda cenderung tidak mengembangkan masalah jantung seiring bertambahnya usia, misalnya.

Ini membantu menurunkan tekanan darah Anda , meningkatkan high-density lipoprotein (atau kolesterol baik), mengurangi stres dan meningkatkan kemampuan jantung Anda untuk memompa lebih banyak darah ke otot Anda dengan efisien mentransfer oksigen keluar dari darah. Ini juga memiliki manfaat tidak langsung.

“Olahraga juga dapat membantu mengendalikan faktor risiko kardiovaskular seperti diabetes, kolesterol tinggi, dan obesitas,” kata Dr. Lance LaMotte, ahli jantung intervensi, Anggota American College of Cardiology dan pemilik Title Boxing Club di Baton Rouge, LA.

Di sisi lain, penting juga untuk tetap aktif seiring bertambahnya usia karena tidak aktif dikaitkan dengan peluang lebih besar terkena penyakit jantung.

Ini juga meningkatkan peluang Anda untuk kejadian kardiovaskular utama. LaMotte berkata, “Penelitian telah menunjukkan kemungkinan penurunan serangan jantung dan stroke dengan mempertahankan atau meningkatkan aktivitas seiring bertambahnya usia.”

Selain menjaga kesehatan jantung, LaMotte menambahkan bahwa seiring bertambahnya usia, olahraga juga dapat meningkatkan kognisi dan memori.

Latihan mana yang terbaik untuk jantung Anda?

Meskipun semua olahraga memberikan manfaat kesehatan jantung, ada beberapa olahraga yang ideal untuk menjaga jantung Anda tetap kuat.

Berikut adalah rincian dari lima latihan teratas untuk kesehatan jantung. Latihan-latihan ini membuat jantung Anda terpompa dan menawarkan berbagai pilihan untuk mencegah cedera berlebihan dan melatih otot yang berbeda.

1. Latihan Interval

Auran praktis yang baik untuk diikuti dengan latihan interval adalah menjaga agar latihan tetap singkat dan intens diikuti dengan periode istirahat dengan durasi yang sama atau lebih pendek di antaranya.

Latihan interval adalah pilihan yang baik ketika Anda kekurangan waktu dan ingin cepat-cepat berkeringat.

Studi bahkan menunjukkan bahwa gaya HIIT atau latihan interval intensitas tinggi meningkatkan kesehatan paru-paru dan jantung Anda , serta respons jantung Anda terhadap olahraga.

Selain itu, ada aplikasi dan program latihan yang dapat Anda unduh yang berfokus pada jenis latihan ini jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana.

2. Angkat Berat

Angkat besi mungkin berjalan lebih lambat, tetapi ini juga merupakan cara yang baik untuk meningkatkan detak jantung dan meningkatkan kekuatan jantung .

Satu studi menemukan bahwa mengangkat beban dapat mengurangi peluang Anda terkena stroke, serangan jantung sekitar 40% hingga 70% .

Bergantung pada tujuan Anda, sangat membantu untuk terhubung dengan pelatih pribadi yang dapat mengajari Anda teknik yang tepat dan menyiapkan program latihan khusus untuk Anda.

3. Berjalan

Berjalan sama bermanfaatnya dengan berlari , tetapi lebih lembut pada tubuh. Ini mudah dilakukan di mana saja dan Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat dengan mempercepatnya.

“Berjalan adalah latihan intensitas rendah yang terbukti bermanfaat bagi jantung Anda, terutama saat berjalan dengan langkah cepat dan memompa lengan Anda,” kata Steinbaum.

Penelitian menunjukkan bahwa jalan cepat dapat lebih meningkatkan kesehatan kardiovaskular Anda dibandingkan dengan berjalan lambat.

Cara lain untuk membuat jalan Anda lebih menantang adalah dengan berjalan dengan beberapa beban di tangan, menambahkan setengah mil setiap kali Anda berjalan-jalan, atau sering menambahkan latihan beban.

4. Yoga

Yoga dikenal untuk menurunkan tekanan darah, meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan Anda dan membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri.

Yoga dapat dilakukan dalam kenyamanan rumah Anda sendiri — yang Anda butuhkan hanyalah matras yoga dan ruang kecil untuk bergerak.

5. Renang

Berenang adalah latihan seluruh tubuh berdampak rendah yang lembut pada persendian, tetapi tetap memberikan beberapa pukulan kardio.

Berenang membuat paru-paru dan jantung Anda kuat dan bahkan membantu menurunkan tekanan darah Anda.

Ini adalah pilihan aerobik yang bagus jika Anda juga baru pulih dari cedera atau jika tubuh Anda tidak merespons dengan baik latihan berdampak tinggi.

Gallery for 5 Latihan Terbaik untuk Kesehatan Jantung

Leave a Reply

Your email address will not be published.