Slotbabon Slotbabon Winstar4D Halte4D Halte4D Kakakjudi Winstar4D

Cara Menggunakan Editor Gutenberg WordPress

Cara Menggunakan Editor Gutenberg WordPress
Cara Menggunakan Editor Gutenberg WordPress

Sebagai salah satu platform CMS (Content Management System) terpopuler di dunia, WordPress terus berkembang dan menawarkan berbagai perbaikan dan perubahan untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

Salah satu perubahan besar dalam dunia WordPress adalah pengenalan Editor Gutenberg. Editor ini merupakan pengganti dari editor klasik WordPress yang telah digunakan selama bertahun-tahun.

Artikel ini akan memberikan panduan langkah-demi-langkah tentang cara menggunakan Editor Gutenberg WordPress.

Apa itu Editor Gutenberg?

Gutenberg adalah editor konten WordPress yang dirancang ulang dan dikembangkan untuk membuat proses pembuatan dan penyuntingan konten menjadi lebih intuitif dan visual.

Dibandingkan dengan editor klasik yang berbasis teks, Gutenberg menggunakan konsep blok, yang memungkinkan Anda untuk membangun halaman dan postingan dengan menambahkan dan mengatur blok-blok berbeda.

1. Memulai dengan Editor Gutenberg

Untuk memulai menggunakan Editor Gutenberg, pastikan Anda telah memperbarui WordPress Anda ke versi terbaru. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke Dasbor WordPress: Setelah Anda masuk, pilih opsi “Tambah Posting” atau “Tambah Halaman” dari menu di sebelah kiri.
  • Menggunakan Blok: Setelah Anda masuk ke editor, Anda akan melihat antarmuka yang berbeda dari editor klasik. Sekarang, Anda akan bekerja dengan blok. Pada blok pertama, Anda bisa langsung mulai mengetik. Jika Anda ingin menambahkan blok lain, klik tombol “+” yang ada di atas atau di bawah blok yang aktif.
  • Mengelola Blok: Klik pada blok yang ingin Anda edit untuk mengungkapkan opsi pengeditan yang berbeda. Anda bisa mengubah teks, menambahkan gambar, video, widget, dan banyak lagi dengan cara ini.
  • Menambahkan Blok Baru: Untuk menambahkan blok baru, klik tombol “+” dan cari jenis blok yang Anda inginkan. Ada banyak jenis blok yang tersedia, seperti paragraf, gambar, galeri, judul, dan masih banyak lagi.
  • Mengatur Tampilan: Anda dapat menyesuaikan tampilan blok dengan mengklik ikon tiga titik di sudut kanan atas blok. Di sini, Anda dapat mengganti aliran teks, menambahkan latar belakang, mengubah warna teks, dan melakukan berbagai penyesuaian lainnya.
  • Pengaturan Blok: Untuk mengakses pengaturan blok secara mendalam, klik pada ikon gigi kecil di panel samping kanan atau menu “Lebih banyak pengaturan” yang ada di bagian atas.
Read More:  Tips Memilih Nama Domain yang Tepat

2. Simpan dan Terbitkan

Setelah Anda selesai mengedit dan merasa puas dengan tampilan konten Anda, jangan lupa untuk menyimpan atau menerbitkan postingan atau halaman Anda. Gunakan tombol “Simpan sebagai Draf” atau “Terbitkan” yang ada di sudut kanan atas layar.

3. Mengganti Blok Template dan Layout

Gutenberg juga menyediakan fitur blok template yang memungkinkan Anda mengatur layout halaman atau postingan Anda dengan lebih mudah. Anda dapat menggunakan blok template yang ada atau membuat blok template sendiri sesuai kebutuhan.

4. Menggunakan Plugin dan Ekstensi Gutenberg

Untuk memaksimalkan pengalaman Anda dengan Gutenberg, Anda dapat menginstal plugin dan ekstensi yang kompatibel.

Ini dapat membantu Anda menambahkan blok kustom, widget, dan fungsionalitas tambahan lainnya sesuai dengan kebutuhan situs web Anda.

Kesimpulan

Editor Gutenberg WordPress adalah langkah besar dalam membuat proses pembuatan dan penyuntingan konten menjadi lebih mudah dan lebih visual.

Dengan mengikuti panduan langkah-demi-langkah di atas, Anda akan dapat menggunakan Gutenberg dengan lebih percaya diri dan memanfaatkan fiturnya untuk membuat konten yang menarik dan menarik perhatian pembaca Anda.

Semoga artikel ini membantu Anda memahami cara menggunakan Editor Gutenberg WordPress dengan lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *