Cara Mudah Menemukan Post ID di WordPress

Cara Mudah Menemukan Post ID di WordPress
Cara Mudah Menemukan Post ID di WordPress

Post ID adalah identifikasi unik yang digunakan WordPress untuk setiap postingan, halaman, atau item konten lainnya di situs web Anda.

Menemukan Post ID penting ketika Anda ingin menyesuaikan atau mengonfigurasi plugin, tema, atau bahkan melakukan modifikasi langsung pada konten. Berikut adalah cara menemukan Post ID di WordPress:

Cara Menemukan Post ID di WordPress

Langkah 1: Masuk ke Dasbor WordPress

  1. Login: Gunakan kredensial admin untuk masuk ke panel administrasi WordPress.

Langkah 2: Buka Daftar Postingan atau Halaman

  1. Pilih ‘Posts’ (Posting) atau ‘Pages’ (Halaman): Di menu sisi kiri, pilih ‘Posts’ atau ‘Pages’ untuk menemukan postingan atau halaman yang ingin Anda periksa Post ID-nya.

Langkah 3: Temukan Post ID dari Daftar Postingan/Halaman

  1. Tampilkan Post ID di Daftar: Di daftar postingan atau halaman, Anda perlu menampilkan kolom ‘ID’ agar dapat melihat ID dari setiap entri. Caranya adalah:
    • Klik ‘Screen Options’ (Opsi Layar) di bagian kanan atas layar.
    • Centang kotak ‘ID’ di bagian ‘Columns’ (Kolom) untuk menambahkan kolom ID ke daftar.
    • Setelah itu, kolom ID akan ditampilkan di daftar postingan atau halaman.

Langkah 4: Temukan Post ID dari Editor Individu

  1. Buka Postingan atau Halaman yang Tertentu: Jika Anda memiliki postingan atau halaman tertentu yang ingin Anda temukan ID-nya, buka postingan atau halaman tersebut dari daftar.
  2. Periksa URL di Browser: Di bagian atas browser Anda, di bilah alamat (URL), Anda akan melihat sesuatu seperti https://yoursite.com/wp-admin/post.php?post=123&action=edit.
    • Angka setelah post= adalah ID dari postingan atau halaman tersebut. Dalam contoh ini, ID-nya adalah 123.

Menggunakan Plugin

  1. Gunakan Plugin Tambahan: Jika Anda lebih suka menggunakan plugin untuk menemukan Post ID, ada beberapa plugin di WordPress yang dapat membantu menampilkan ID di halaman editor atau di daftar postingan secara langsung.
Read More:  Cara Belajar JavaScript Untuk Pemula

Kesimpulan

Menemukan Post ID di WordPress bisa dilakukan melalui beberapa cara yang mudah. Entah itu melalui daftar postingan/halaman dengan menampilkan kolom ID, melalui URL di editor individu, atau dengan bantuan plugin tambahan.

Dengan mengetahui ID dari setiap postingan atau halaman, Anda dapat dengan mudah menggunakannya untuk melakukan konfigurasi, penyesuaian, atau pemrograman khusus dalam pengembangan situs web WordPress Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *