Cara Update Google Play Services ke Versi Terbaru

Cara Update Google Play Services ke Versi Terbaru
Cara Update Google Play Services ke Versi Terbaru

Google Play Services merupakan komponen kunci pada perangkat Android yang memastikan aplikasi Anda tetap diperbarui dan berfungsi dengan baik.

Pembaruan terbaru Google Play Services tidak hanya membawa perbaikan bug, tetapi juga menghadirkan fitur-fitur baru.

Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah sederhana untuk memperbarui Google Play Services ke versi terbaru.

Cara Update Google Play Services

1. Periksa Versi Google Play Services Anda

Langkah pertama adalah memeriksa versi Google Play Services saat ini di perangkat Anda. Buka aplikasi “Settings” (Pengaturan) di perangkat Android Anda, pilih opsi “Apps” atau “Application Manager,” dan cari “Google Play Services.” Di bagian bawah layar, Anda akan melihat versi yang terinstal.

2. Unduh APK Terbaru Google Play Services

Jika Anda tidak menemukan pembaruan otomatis di Google Play Store, Anda dapat mencari APK (Android Package) terbaru dari Google Play Services secara manual.

Unduh APK terbaru dari sumber terpercaya, seperti situs resmi Google atau toko aplikasi yang dapat dipercaya.

3. Aktifkan Sumber Tidak Dikenal

Sebelum menginstal APK dari sumber luar Google Play Store, pastikan Anda mengaktifkan opsi “Unknown Sources” (Sumber Tidak Dikenal) di pengaturan keamanan perangkat Anda.

Buka “Settings” (Pengaturan), pilih “Security” (Keamanan), dan nyalakan opsi “Unknown Sources” (Sumber Tidak Dikenal).

4. Instal APK Google Play Services

Setelah mengunduh APK terbaru, buka berkas APK dan ikuti petunjuk instalasi. Proses ini akan menggantikan versi lama Google Play Services dengan versi terbaru.

5. Aktifkan Pembaruan Otomatis

Setelah memperbarui Google Play Services, pastikan fitur pembaruan otomatis diaktifkan di Google Play Store.

Buka Google Play Store, ketuk ikon tiga garis di kiri atas, pilih “Settings” (Pengaturan), dan pilih opsi “Auto-update apps” (Pembaruan otomatis aplikasi).

Read More:  Perangkat Lunak CRM Untuk Bisnis Kecil

Pilih opsi “Over Wi-Fi only” (Hanya melalui Wi-Fi) atau “Over any network” (Melalui setiap jaringan) sesuai keinginan Anda.

6. Reboot Perangkat Anda

Sebagai langkah terakhir, reboot perangkat Android Anda setelah berhasil memperbarui Google Play Services. Ini membantu memastikan perubahan yang diterapkan dapat berjalan dengan optimal.

7. Periksa Pembaruan Secara Berkala

Agar tetap mendapatkan manfaat dari fitur terbaru dan perbaikan keamanan, periksa pembaruan Google Play Services secara berkala di Google Play Store. Buka aplikasi Google Play Store, ketuk ikon tiga garis di kiri atas, dan pilih “My apps & games” (Aplikasi saya).

Kesimpulan

Memperbarui Google Play Services ke versi terbaru penting untuk menjaga kestabilan dan keamanan perangkat Android Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat memastikan perangkat Anda tetap mendapatkan manfaat dari fitur-fitur terkini dan performa yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *