Cara Upload Icon di WordPress untuk Pemula Mudah & Cepat

Cara Upload Icon di WordPress untuk Pemula
Cara Upload Icon di WordPress untuk Pemula

Menambahkan ikon atau favicon ke situs WordPress Anda dapat memberikan identitas visual yang unik dan membedakan situs Anda dari yang lain. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengunggah ikon situs (favicon) ke WordPress:

Cara Upload Icon di WordPress untuk Pemula

Langkah 1: Persiapkan Gambar Ikon

Pastikan Anda memiliki gambar ikon yang sudah dipersiapkan. Ikon favicon biasanya berukuran 16×16 piksel atau 32×32 piksel dan dalam format .ico, .png, atau .jpg.

Langkah 2: Ubah Ukuran dan Format (Jika Diperlukan)

Jika gambar ikon Anda tidak sesuai dengan ukuran atau format yang dibutuhkan (misalnya, jika tidak berbentuk persegi atau belum dalam format .ico), Anda dapat menggunakan perangkat lunak pengeditan gambar seperti Photoshop atau situs web pengonversi gambar online untuk menyesuaikannya.

Langkah 3: Masuk ke Dasbor WordPress

  1. Login ke Dasbor WordPress: Gunakan kredensial admin untuk masuk ke panel administrasi WordPress.

Langkah 4: Akses Customizer WordPress

  1. Pilih ‘Appearance’ (Tampilan): Di menu sisi kiri, klik ‘Appearance’ lalu pilih ‘Customize’.

Langkah 5: Upload Favicon

  1. Pilih ‘Site Identity’: Di panel kustomisasi, Anda akan menemukan opsi ‘Site Identity’. Klik di sana.
  2. Upload Favicon: Biasanya, di bagian ‘Site Identity’, Anda akan melihat opsi untuk mengunggah favicon. Cari tombol ‘Select Image’ atau ‘Add Favicon’ untuk mengunggah gambar ikon yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.
  3. Unggah dan Pilih: Setelah memilih file ikon, unggah dan pilih file tersebut. Pastikan untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.

Langkah 6: Lihat Perubahan

  1. Preview dan Save: Sebelum menutup panel kustomisasi, Anda dapat melihat pratinjau situs Anda dengan ikon yang baru ditambahkan. Jika semuanya terlihat baik, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah Anda buat.
Read More:  Cara Melihat Total Transaksi Gojek

Langkah 7: Refresh Halaman Situs Anda

  1. Refresh: Setelah menyimpan perubahan, pergi ke situs Anda dan refresh halaman untuk melihat apakah ikon favicon sudah terpasang dengan baik.

Kesimpulan

Menambahkan ikon ke situs WordPress bisa menjadi langkah kecil tapi penting dalam menciptakan identitas visual.

Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat dengan mudah mengunggah ikon (favicon) untuk membuat situs web Anda terlihat lebih profesional dan mudah dikenali oleh pengunjung. Jangan ragu untuk menyesuaikan ikon situs Anda sesuai dengan citra merek atau tema situs Anda!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *