Menuai Berkah di Bulan Ramadhan Bersama IMSA (Indonesian Muslim Society of America)

Andrie Kristianto – Menuai Berkah di Bulan Ramadhan Bersama IMSA (Indonesian Muslim Society of America). Ramadhan, bulan suci ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di dunia. Bulan ramadhan juga merupakan bulan yang penuh keistimewaan yang tidak dimiliki oleh bulan-bulan lainnya. Dengan penuh keistimewaan ini sudah selayaknya diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif, halal, bersedekah, dan memberikan banyak manfaat kepada orang lain.

Jika kita melihat berbagai negara di dunia, perayaan ramadhan dilakukan dengan banyak hal serta unik. Tentu saja, setiap negara pasti memiliki caranya masing-masing dalam merayakan bulan suci ramadhan ini. Seperti contoh saja kita bisa mengintip tradisi ramadhan dan keunikan berpuasa di Amerika Serikat, apalagi disana banyak sekali komunitas, lembaga, ataupun organisasi yang mendukung atau men-support warga negaranya sendiri ataupun warga negara lain dalam suatu kegiatan ataupun acara. IMSA (Indonesian Muslim Society of America) merupakan salah satunya.

IMSA (Indonesian Muslim Society of Amerika) adalah organisasi non-profit yang berorientasi pada keagamaan, amal, ilmiah, sastra, pendidikan, dan  nirlaba yang tidak ada afiliasi organisasi politik, LSM, ataupun organisasi nirlaba lainnya dan bertujuan memberikan manfaat dari sisi spiritual dan pengetahuan bagi masyarakat Indonesia, yang berada di AS. Salah satu kegiatan IMSA di Amerika Serikat ialah mengadakan Muktamar tahunan untuk seluruh masyarakat muslim Indonesia yang tinggal di Amerika atau kelompok muslim lainnya dari beberapa kota di Amerika Serikat.

Read More

Kegiatan Muktamar Masyarakat Muslim Indonesia dan Kelompok Mahasiswa Islamic Student (MISG) di Amerika Serikat ini terakhir kalinya diadakan pada 23 – 27 Desember 2018 yang lalu dan dihadiri oleh lebih dari seribu orang peserta di negara bagian New Jersey. Muktamar ini sudah diselenggarakan sejak tahun 1976, dan sudah mendatangkan beberapa pembicara dari dalam negeri seperti mantan gubernur NTB, Tgk. M. Zainul Madji atau biasa dikenal dengan panggilan TGB (Tuan Guru Bajang).


Dilansir dari media berita www.kanalntb.com yang mengungkap cerita TGB terkait semangat kemuliaan islam di Amerika Serikat, β€œBahkan, kebaikan dan kemuliaan itu tidak cukup hanya dengan mengisinya saja, tapi juga mewariskannya kepada generasi generasi Islam yang akan datang, melalui ikhtiar dakwah,” ujarnya (TGB).

Dalam kegiatan IMSA (Indonesian Muslim Society of America) berusaha membangun hubungan kerjasama dengan berbagai organisasi pengajian di berbagai kota di Amerika Utara. IMSA didirikan dengan harapan tdak sekedar hanya menambah jumlah organisasi kemahasiswaan di Amerika Utara, tetapi bisa menjadi sebuah organisasi yang memfokuskan dirinya kepada kegiatan da’wah di kalangan mahasiswa Indonesia pada khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya, sehingga bisa menjadi pelengkap dari organisasi-organisasi Islam yang ada di dunia.

Tidak hanya Muktamar saja kegiatan IMSA di Amerika Serikat, namun masih banyak kegiatan-kegiatan lainnya seperti IMSA Sister, sering juga mengadakan Workshop Muslimah dan Keluarga, juga ada Roadtrip dakwah remaja IMSA, IMSA Care, Radio IMSA, Summer Training Camp (STC), dan masih banyak lagi.

Wahh seru banget yah kegiatan-kegiatan yang dilakukan IMSA di berbagai belahan di dunia dalam menyambut bulan suci ramadhan bersama dengan masyarakat Indonesia yang beragama muslim disana, dengan mengisi hal-hal positif, halal, bersedekah, dan bisa memberikan manfaat kepada orang banyak.


Nah tidak hanya di Amerika Serikat saja nih yang merayakan dan menyambut bulan suci ramadhan, tapi di Indonesia juga memiliki cara yang unik dalam menuai berkah di bulan ramadhan ini. Mulai dari berbagai tradisi yang dilakukan di berbagai daerah, hingga acara-acara penting yang tidak terlewatkan.

Momen ramadhan yang hanya terjadi setahun sekali ini membuat seluruh umat muslim di Indonesia tentunya menyambut dengan sangat antusias, di Indonesia sendiri ada banyak sekali tradisi-tradisi dalam menyambut atau merayakan bulan suci ramadhan ini. Mulai dari bersilaturahmi kepada sanak saudara, tetangga, teman, ataupun mertua. Ada juga yang melakukan donasi bersama untuk orang-orang atau anak-anak yang kurang mampu, membangun tempat ibadah baru, dan lain sebagainya.

Dalam laporan Pew Research, Indonesia masuk dalam jumlah urutan terbesar (sekitar 209 juta jiwa, 2010) yang dimana  87,2% dari populasi diidentifikasi sebagai Muslim. Dengan populasi sebesar ini tentu menjadi sebuah kebanggan besar bagi masyarakat Indonesia, serta peluang negara untuk menjalin hubungan baik dengan dunia international.

Seperti contoh saja kejadian tahun lalu (2018) yang menimpa Palu dan Donggala terkait dengan peristiwa tsunami yang menyebabkan banyak korban jiwa maupun korban yang hilang terbawa arus tsunami. Dari peristiwa tersebut Presiden Jokowi pun memberikan jalan bagi donatur-donatur internasional yang ingin membantu atau memberikan bantuan kepada Palu dan Donggala. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyampaikan sedikitnya ada  29 negara dan empat organisasi internasional yang menawarkan bantuan untuk korban gempa di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

Indonesia Muslim Society in America (IMSA) yang merupakan masyarakat muslim Indonesia yang berada di Amerika Serikat dan Kanada adalah salah satu pihak yang peduli dengan kondisi Kota Palu setelah ditimpa bencana. Penggalangan dana bantuan tersebut didapat dari perkumpulan komunitas muslim yang ada di Amerika Serikat dan Kanada.

Mengenal IMSA (Indonesian Muslim Society of America) lebih dekat

IMSA didirikan pada tanggal 29 Desember 1998 (11 Ramadhan 1419 H) di Jefferson Cit, Missouri, Amerika Serikat. Pembicaraan awal pembentukan organisasi bermula dari kontak pribadi beberapa mahasiswa indonesia yang kemudian disampaikan kepada beberapa mahasiswa/masyarakat indonesia lainnya pada acara muktamar tahunan MISG/ISNET di Jefferson Cit, Missouri, Amerika Serikat. IMSA adalah organisasi mandiri dengan ciri utama pengembangan intelektual dan moralitas islam melalui da’wah yang berpusat di pengajian lokaliti.

Seperti yang sudah disebutkan diatas IMSA sendiri memiliki banyak sekali program dan aktivitas yang dilakukan, diantaranya ialah:
1. IMSIS (IMSA Sister):
IMSA Sister merupakan bagian dari IMSA, hingga saat ini anggota IMSIS mencapai 400 orang baik yang berada di Amerika Serikat atau Kanada maupun yang sudah kembali menetap di Indonesia. IMSIS berperan sebagai pemberdayaan potensi para muslimah untuk membentuk kepribadian yang islami serta memiliki keterampilan dalam menjalankan rumah tangga.

2. IMSA-CARE:
IMSA CARE merupakan wadah untuk membantu orang-orang yang membutuhkan di Amerika Serikat. Program ini memberikan bantuan satu kali atau dalam jangka pendek untuk orang dan keluarga, bantuan yang diberikan bisa berupa tempat tinggal, pembayaran sewa atau utilitas. Didalam IMSA Care juga terdapat beasiswa dan zakat, Infaq, Shodaqoh).

3. Summer Training Camp (STC):
Summer Training Camp merupakan kegiatan tahunan yang dilaksanakan oleh IMSA bekerjasama Malaysian Islamic Study Group (MISG) dan diikuti oleh anggota masing-masing organisasi. Kegiatan dalam STC ini adalah perpaduan antara materi keIslaman dan kegiatan di alam terbuka seperti hiking, survival, water balon war dan kegiatan outdoor lainnya.

Tidak hanya itu saja sih, banyak lah kegiatan dan aktivitas yang dilakukan IMSA untuk masyarakat Indonesia yang beragama muslim di Amerika Sekitar dan Kanada. Bahkan untuk bergabung bersama IMSA pun sangat mudah sekali, beragama muslim Indonesia (bergaris keturunan Indonesia) yang berdomisili di Amerika dan sekitarnya. Kemudian dipersilahkan melakukan pendaftaran, lewat aplikasi via web resmi IMSA. Yuk dah gabung πŸ™‚

Begitulah ramadhan, bulan yang istimewa. Dalam menuai berkah di bulan ramadhan ini banyak sekali hal-hal yang bisa dilakukan. Tidak harus terlebih dahulu ada bencana ataupun peristiwa. Kegiatan itupun bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan dalam kondisi apapun.


Tetap lakukan hal baik di bulan ramadhan ini hingga akhir, maupun bulan berikut-berikutnya. IMSA merupakan sarana berharga bagi Muslim Indonesia di Amerika Serikat atau Kanada yang ingin mewujudkan mimpi kebaikan dalam setiap individu maupun kelompok masyarakat muslim Indonesia di AS atau di negeri sendiri.

Donasi Online bisa melalui: IMSA Care Donate  

Kalau boleh tau di bulan suci ramadhan ini kegiatan apa nih yang kalian lakukan? Sharing dong di komentar πŸ˜€

-= Jangan lupa senyum hari ini πŸ™‚  =-
Referensi:

https://imsacare.us/
https://www.radioimsa.org
https://imsa.us/index.php/about-us
http://www.moeslimchoice.com/read/2018/12/28/16914/masyarakat-muslim-indonesia-di-as-gelar-imsa-2018
https://muktamar.us/newjersey_muktamar/
http://jurnaljakarta.com/berita-14006-masyarakat-muslim-indonesia-di-as-hadiri-muktamar-imsa-2018-di-new-jersey-as.html
https://islami.co/muktamar-tahunan-muslim-indonesia-di-amerika/
https://kanalntb.com/tgb-ceritakan-semangat-kemuliaan-islam-di-amerika-serikat/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

45 comments

  1. Syukurlah ada IMSA, jadi meskipun muslim di negeri Amerika utara terbilang minoritas, mereka bisa banyak kegiatan dan saling support satu sama lainnya.

  2. Nice experience. Dengan adanya komunitas, serasa berpuasa di negeri sendiri, banyak saudara, & semangat berbagi lebih terasa. Semoga menjadi berkah…Oh ya, saya follower baru blog ini. Thx

  3. Kadang ingin juga bisa ikut kontribusi sama komunitas2 seperti in, tapi sepertinya kemampuan untuk bersoliasiku memang payah, jadi hidup kadang lebih banyak sendiri dan menyendiri.. hahah

  4. Komunitas seperti ini sangat membantu bagi kita muslim yg sedang berada di AS, apalagi kalau masih diawal berada di sana. Jadi, bisa saling sharing di mana masjid, tmpt jual makanan halal, dsb

  5. Saya dukung nih acara kayak gini, soalnya bisa mempekuat tali silaturahmi sesama muslim pada khususnya dan menjadi berkah buat sekelilingnya. Amin.

  6. Ehh saya jadi keingetan pas jaman sma, pernah dapat sosialisasi tentang kegiatan keagamaan di amrik sama mbk mbk dan mas mas bule

    Seru juga sih kalau bisa ngerasain nuansa ramadhan disana

    Hmm jadi pingin juga

  7. Kegiatan di bulan Ramadan kebanyakan tidur. Enggak ada berkah-berkahnya tahun ini. Haha. Kegiatan buka bareng bloger atau acara semacam itu aja udah males ikut karena kejauhan. Ditambah sempet ada kerusuhan kan kemarinan. Mending di rumah cari aman. πŸ™

  8. Bagus kegiatan komunitasnya, menjalin persaudaraan dan bisa saling bantu.

    Sama seperti Bang Day, aku juga seting ngayal .. kapaaan yaa aku bisa kesampaian datang ke Amrik ?.

  9. Seribu peserta, wah itu sungguh banyak sekali.
    apakah komunitas tersebut hanya ada di amrik, negar lain adakah?
    Komunitas yang tergolong baru, tapi manfaatnya bisa dirasakan banyak orang.

  10. Event muslim yang patur diapresiasi πŸ™‚ Bagus banget nih menambah imlu pengetahuan, wawasan, menjalin tali silaturahmi. Salut deh ada acara keren seperti ini di Bulan Ramadan. Semoga di bulan2 lainnya diadakan juga semacam ini ya.

  11. Waaaah… artikelnya keren, tentang IMSA dan aku baru tahu IMSA nih, padahal kan aku tinggal di Indonesia yang mayoritas warganya beragama Islam. Terima kasih Kakak.

  12. Syukurlah ada organisasi/komunitas muslim di negara mayoritas Islam. Sehingga umat dsana tetap bisa menemukan orang-orang yang saling menyemangati dalam ukhwuwah dan ibadah πŸ˜€

  13. baru tau nih IMSA, hehehe keren sih. Jadi inget pas dulu pas tahun 2015 sempet punya temen chatting dari Amerika. dan gue cerita kalau gue muslim dan disini lagi lebaran.. Dia tanya2 antusias gtu. ramah lagi orangnya..

  14. kegiatan yang bermanfaat bagi sesama umat muslim untuk saling berbagi kebagaiaan dan bersilaturrohim ya gan, perlu kita support agar makin maju dan berkembang kegiatan tersebut πŸ˜‰