Slotbabon Slotbabon Winstar4D Halte4D Halte4D Kakakjudi Winstar4D

Penyebab Seseorang Merasa Haus Terus Menerus

Penyebab Seseorang Merasa Haus Terus Menerus
Penyebab Seseorang Merasa Haus Terus Menerus

Ada beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan seseorang selalu merasa haus terus menerus. Penasaran apa saja penyebabnya?

Sebenarnya, rasa haus yang kita rasakan adalah cara tubuh memberi sinyal kepada Anda, jika tubuh kekurangan cairan.

Apalagi saat Anda sedang melakukan aktivitas di luar ruangan yang terkena panas sinar matahari, tentu tubuh banyak berkeringat.

Rasa haus yang muncul tentu normal, karena tubuh membutuhkan air untuk menjalankan metabolisme tubuh.

Namun, bagaimana jika Anda terus-menerus haus meskipun tidak melakukan aktivitas di luar ruangan? Ini harus waspada.

Seperti yang sudah kita ketahui, setiap hari kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter air.

Namun, jika Anda sudah mengikuti anjuran tersenut namun masih sering merasa haus terus menerus, mungkin ada kondisi kesehatan yang menjadi penyebabnya.

Penyebab Rasa Haus Yang Konstan

Melansir dari beberapa sumber, berikut beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat seseorang sering merasa haus.

1. Diabetes

Risiko dehidrasi seseorang dapat meningkat ketika mereka belum menyadari bahwa mereka menderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.

Ketika kadar gula darah terlalu tinggi, tubuh kita dapat menekan ginjal dalam memproduksi lebih banyak urin untuk membuang terlalu banyak glukosa.

Dengan begitu, Anda akan bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil. Saat sering buang air kecil terus menerus, tubuh akan menandakan kekurangan cairan yang membuat Anda merasa haus terus menerus.

2. Mulut kering

Apa yang menyebabkan Anda merasa haus sepanjang waktu? Ya, mulut kering. Mulut kering bisa disebabkan oleh cuaca panas atau bisa juga karena konsumsi obat-obatan.

Beberapa obat yang dapat membuat mulut Anda kering termasuk claritin dan benadryl (obat alergi). Sebenarnya, wajar jika Anda merasa haus karena mulut kering.

Read More:  Menyongsong Persaingan dalam Bidang Harga: Strategi Efektif

Namun, rongga mulut menjadi tidak normal karena air liur yang berkurang atau berubah di mulut. Tak jarang menimbulkan efek seperti bau mulut, kesulitan mengunyah, dan air liur menjadi kental.

3. Menstruasi lebih lama

Saat Anda sedang menstruasi, banyak hal yang bisa anda rasakan, termasuk sejumlah wanita yang sering merasakan semua cairan dari tubuhnya keluar bersamaan dengan keluarnya darah menstruasi.

Ketika Anda sedang menstruasi dan Anda merasa haus terus menerus, ini adalah hal wajah karena hormon estrogen dan progesteron yang muncul saat menstruasi mempengaruhi volume cairan.

4. Mengkonsumsi terlalu banyak garam

Kondisi kesehatan yang bisa menjadi penyebab Anda merasa haus terus menerus selanjutnya adalah Anda terlalu banyak mengonsumsi garam.

Perhatikan makanan yang sering Anda konsumsi, apakah mengandung banyak garam?

Bukan hanya garam biasa seperti yang digunakan saat memasak, tetapi Anda harus mewaspadai kandungan natrium dalam makanan olahan yang dikonsumsi, belum lagi camilan kemasan favorit Anda.

5. Ada gangguan pada kelenjar tiroid

Selain terlalu banyak mengonsumsi garam, penyebab Anda merasa haus terus menerus juga bisa karena gangguan pada kelenjar tiroid.

Tiroid adalah kelenjar yang terlihat seperti kupu-kupu di bawah leher yang berfungsi untuk memompa hormon tiroid.

Fungsinya untuk membantu mengatur nafsu makan, suhu internal, fungsi vital, dan energi dalam tubuh. Biasanya gangguan kelenjar tiroid ini dialami oleh wanita.

Ketika kelenjar memproduksi terlalu banyak atau terlalu sedikit hormon, ini dapat menyebabkan berbagai gejala nonspesifik seperti mulut kering dan kecemasan yang membuat Anda merasa haus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *