Cara Membuat 2 Blog atau Website dalam 1 Domain

Cara Membuat 2 Blog atau Website dalam 1 Domain
Cara Membuat 2 Blog atau Website dalam 1 Domain

andrie.id – Cara Membuat 2 Blog atau Website dalam 1 Domain, kok bisa ? Sebenarnya cara ini sudah pernah dipraktekkan oleh BungFrangki yang dimana domain bungfrangki.com nya pernah menampilkan 2 blog yang berbeda dalam 1 domain yang sama.

Penasaran ? Mari kita kupas terlebih dahulu…

Dalam kasus blog bungfrangki yang menampilkan 2 blog ini merupakan perpaduan antara platform blogger dan wordpress.

Read More

Karena kita sudah tau bahwa sejak awal domain yang terpasang di platform blogger ialah sub domain www dan domain utama yang tanpa www masih kosong alias belum ditautkan dengan blog sama sekali.

Hanya saja domain utama itu akhirnya kita arahkan ke domain www, karena kita mencentang kotak redirect pada setelan domain blogger. Sehingga saat kita mengetik domain bungfrangki.com pada browser maka secara otomatis akan diarahkan ke sub domain www.bungfrangki.com.

Kekurangan Membuat 2 Blog atau Website dalam 1 Domain di Blogger

Ada kekurangan jika kamu membuat 2 blog atau website dalam 1 domain yang sama di blogger, beberapa diantaranya:

1. Pengalihan Domain

Melakukan pengalihan url pada sub-domain di blogger itu sangat penting sekali, karena jika salah melakukan pengalihan maka akan berakibat fatal pada blog kamu. Salah satunya ialah halaman blog atau artikel tidak ditemukan (404)

2. Blog Tidak Ditemukan

Jika kamu membuat sub domain baru dari domain utama, maka domain utama tersebut tidak bisa secara langsung kamu alihkan.

Contoh: Jika kamu membuat sub domain baru beralamat di www.blog.bungfrangki.com, maka akan terjadi error jika pengunjung mengakses blog.bungfrangki.com tanpa menggunakan www.

Hal ini tentu akan berdampak buruk dan pengunjung setiap harinya akan berkurang karena mereka tidak bisa mengakses atau menemukan blog kamu.

Nah bagaimana, apakah kamu sudah paham terkait Cara Membuat 2 Blog atau Website dalam 1 Domain yang sama ? Semoga saja bisa dipahami, dan bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

35 comments

  1. Ternyata satu domain bisa dibuat dua blog ya, mas? Hebat banget lho, mas Andri bisa handle banyak blog. Aku aja cuma punya satu sudah keteteran.:-D

  2. Wah begitu caranya
    Bisa main sub domian
    Kalau saya hanya menghilangkan www saja agar ke djangkarubumi dot com
    Repot juga pastinya mengelola blog lebih dari satu dalam satu domain

  3. owhhhh jadi begini ceritanya
    kalau aku waktu itu alamat blog yang lama aku redirect ke yang sekarang, waktu itu masih pake blogspot, nah pas pindah ke TDL ya dilink-kan. itu aja temen aku yg membantu

    duhh kayaknya gini ini kudu privat atau bener bener dipahami banget tapi nunggu waktu longgar, biar bisa mikir hehe

  4. Salah satu kelebihan blogger yang saya suka ya ini, kalau sudah pakai Domain TLD/ccTLD bisa bebas bekreasi buat subdomain jadi gk perlu ribet beli domain baru lagi.

  5. Kebetulan sy masih pakai blogspot, satu email sy bs buat 3 akun blogger, tapi tetap blog pertamanya ya ada. Sisanya hanya melanjutkan.

    Seperti sy, punya Naturality, Naturality shop dan postingan pribadi

  6. Wah keren, jadi tahu nih caranya. Aku mau nyobain juga akh nanti, doakan juga bisa berhasil dong hehehe

  7. Baca artikelnya mas Andri ini emang berfaedah syekalii.
    Kepikiran mau bikin dua blog dalam satu domain tapi pas kebanyakan erornya yaudah diurungkan deh niatannya. Satu aja dan ditekunin yaa.
    Trims sharingnya mas Andri ^^

  8. Oh, jadi ini kalau kita ngegugel blog, ketik pakai www atau tidak, bisa jd ditemukan atau ga bisa, gitu kah? Kayaknya kalau aku bisa sih dg www atau ga atau hanya nama saja, keluar blognya. Btw makasih sharingnya ya. Nanti dipelajari lg deh

  9. Molly masih bingung sama sub domain. Belom berani nyoba juga nih. Soalnya takut kenapa2 blog utamanya. Hahaa .. nantilah kalo udah lebih luang mau bikin blog niche sendiri.

  10. Wahh terima kasih infonya kak, meskipun kita bisa membuat 2 blog atau website dalam 1 domain kita juga jadi tau apa saja kekurangan dari hal tersebut

  11. Aduh, aku baca berulang kali tetap nggak paham. Perbedaannya hanya di penambahan dan atau tanpa www saja kah? Aku harus lihat contohnya sih, dua blog yang berbeda tersebut.

  12. Informasinya menarik mas buat belajar-belajar, cuma rasanya tidak akan dipraktikkan soalnya terlalu berisiko. Bener ga sih?

  13. Risikonya malah lebih rawan ya mas. Brti kalau tanpa www jg bisa gitu ya kebuka blognya, tp kemungkinan kedirect jg.. Selama ini mas andri sendiri gmna ngatasi risiko tsb?

  14. Wahh bisa yaa? Yang saya tahu selama ini adalah 1 akun google bisa membuat beberapa blog, namun walau begitu saya punya tiga blog tetap menggunakan tiga akun berbeda, hehehe

  15. wah baru tahu nih saya bisa bikin nama blog yang sama kayak gitu. tahunya cuma yang sub domain aja tapi belum berani coba juga sih yang subdomain itu

  16. Aku pernah buat tapi sudah diganti seiring dengan efektivitasnya. Jadi saya memang memilih tidak buat demikian lagi karena efeknya