Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan dari Sampah

Pentingnya Menjaga Kebersihan dari Sampah
Pentingnya Menjaga Kebersihan dari Sampah

andrie.id – Pentingnya menjaga kebersihan dari sampah. Kebersihan merupakan kewajiban yang dimiliki oleh setiap individu disetiap lapisan masyarakat. Jadi berapapun usianya, jabatannya wajib menjaga kebersihan lingkungan disekitarnya.

Menjaga Kebersihan Lingkungan dari Sampah

Adapun beberapa manfaat menjaga kebersihan lingkungan dari sampah, selain untuk kesehatan, kenyaman, juga berdampak kepada lingkungan itu sendiri. Beberapa diantaranya yaitu:

Bebas dari Penyakit Menular

Dampak yang diakibatkan jika tidak menjaga kebersihan lingkungan ialah timbulnya berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan keluarga, anak-anak, atau masyarakat disekitar. Beberapa penyakit yang ditimbulkan dari masalah kebersihan yaitu:

Read More
  • Demam berdarah
  • Panas demam tinggi
  • Tipes, diare, muntaber, dsb

Terhindar dari Ancaman Banjir

Membuang sampah sembarang atau tidak pada tempatnya inilah yang menyebabkan banjir selalu melanda diberbagai wilayah di Indonesia. Perlu adanya tindakan serta kesadaran dari masyarakat untuk menjaga lingkungannya dan membuang sampah pada tempatnya.

Selain dapat merugikan diri sendiri juga bisa merugikan orang lain jika banjir itu melanda, dengan menjaga kebersihan lingkungan kita bisa mampu mengatasi banjir dan mencegah hal itu terjadi.

Lingkungan Jadi Lebih Bersih dan Sehat

Kebersihan merupakan cikal bakal hidup bersih dan sehat, dengan menjaga lingkungan tetap bersih maka bertempat tinggal pun bisa lebih nyaman. Sebagai masyarakat yang tinggal juga tidak malu jika ingin menerima tamu dari luar daerah, dan memiliki kemungkinan orang ingin tinggal lebih lama didaerah itu.

Yuk jaga lingkungan kita! Lakukan dari sekarang atau langkah yang kecil dengan memulai dari halaman rumah sendiri. Yuk jadi contoh untuk orang lain agar lingkungan tetap bersih dan sehat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

26 comments

  1. Semoga dari hal yang kecil seperti ini bisa menjadi inspirasi bagi pemerintah Indonesia dengan memperbanyak lokasi bank sampah untuk bisa dikelola dan dikembangkan menjadi produk yang memiliki nilai jual yang tinggi.

  2. Menarik sekali, Semoga tidak lagi terjadi banjir ya. Rasanya tidak ada habisnya berita terkait banjir ini, dan kesadaran masyarakat akan dampaknya ini bisa disosialisasikan dari pemerintah daerah agar membuang sampah pada tempatnya.

  3. Kerennn, semoga indonesia bisa bebas dari penyakit yang menular ya. Gak enak banget kalau udah sakit dan masuk rumah sakit, rumah adalah tempat yang paling nyaman, tidak ada yang lain!

  4. setuju! 100% kita generasi muda sudah seharusnya peduli dengan lingkungan. klo tidak dimulai dari skrg kita juga yg akan susah dikemudian hari. nice information kak!

  5. Paling geli itu kalau banjir dan airnya penuh dengan sampah dengan warna coklat. Ngeri banget sih kak. Emang penting banget ya jaga kebersihan supaya terhindar dari penyakit akibat sampah tadi

  6. Bener ya konsen banget menjaga kebersihan lingkungan bersama apalgi klo masalah sampah..harus banget ada kesadaran nih.. biar gk buang sampah sembarangan

  7. Masalah sampah ini beneran meresahkan. Satu contoh kecil di lingkungan sekitar rumahku. Klo Pak Sampah telat ambil sampah tuh ya, sudah numpuuuk aja sampahnya. Mana orang-orang banyak yang asal buang aja. Tak membungkusnya demgan rapi.

  8. Paling emosi saya kalau petugas sampah tidak bekerja dengan baik di lingkungan rumah saya
    Makanya ini edukasi butuh terus dilakukan sepertinya

  9. Bener, penting banget buat menjaga kebersihan lingkungan dari sampah biar hidup lebih sehat, bebas banjir, dan ancaman penyakit menular karena sampah yang numpuk bisa jadi sumber nyamuk berkembang biak.

  10. selain untuk kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan dari sampah sebetulnya menimbulkan kenyamanan bagi penghuninya juga ya. apalagi kalau kompak beuh, makin nyaman deh lingkungan untuk ditempati

  11. Sampah ini masalah yg gak ada habisnya. Setiap orang pasti menghasilkan sampah, tapi gak semua orang bisa atau mau mengelola sampah atau seengaknya mau bersihin aja deh.