Review  

Cara Cek BSU Ketenagakerjaan 2022

Cara Cek BSU Ketenagakerjaan 2022
Cara Cek BSU Ketenagakerjaan 2022

Cara Cek BSU Ketenagakerjaan 2022|| Pekerja atau karyawan dituntut untuk mengetahui beberapa informasi yang akan kami berikan sekarang. Atau mungkin Anda hanya mencari apa yang akan kita bicarakan sekarang? Yap, berbicara tentang bagaimana untuk memeriksa BSU.

Bantuan yang disalurkan pemerintah ditujukan bagi pekerja yang terdampak kenaikan BBM ya. Yang mana bantuan ini disalurkan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk karyawan. Penyaluran bantuan ini juga dilakukan secara bertahap sehingga sampai ke tangan pekerja dengan baik.

Anda semua tahu bahwa program yang satu ini merupakan salah satu program lanjutan di tahun 2021. Hanya ada sedikit perbedaan dari bantuan yang diluncurkan pada tahun 2021. Yaitu terletak pada nominal dan juga skema penyaluran bantuan.

Untuk mengetahui apakah Anda Terdaftar atau tidak di Divisi BSU ini, pekerja perlu memeriksa Ya. Bagi anda yang tidak tahu cara memeriksa Bantuan ini. Anda dapat melihat beberapa penjelasan di sini.

Karena dalam artikel Andrie.id ini kami akan menjelaskan beberapa informasi yang Anda cari. Untuk itu Anda perlu melihat beberapa penjelasan yang telah kami berikan disini. Kami segera mulai berbicara tentang informasi yang kami miliki saat ini.

Sekilas Tentang Bantuan Subsidi Upah (BSU)

Di hari ini dan usia seperti zaman sekarang ini biaya hidup akan lebih besar dan juga sangat mahal. Karena semakin banyak di sini harga bahan dasar atau biaya lainnya semakin meningkat.

Itulah yang terkadang membuat pekerja mengeluh tentang gaji yang kurang sesuai dengan pemenuhan kebutuhan.

Tapi tahukah Anda, ada banyak dukungan yang keluar dari pemerintah. Untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat di zaman sekarang ini. Dalam waktu yang sangat mahal, Anda akan membutuhkan banyak uang.

Salah satu bantuan yang diberikan pemerintah adalah BSU. BSU adalah singkatan dari bantuan subsidi upah yang ditujukan untuk Pekerja atau karyawan. Bantuan ini berupa uang tunai yang diberikan langsung oleh Kementerian Tenaga Kerja.

Bantuan dalam bentuk uang tunai juga langsung diberikan oleh Kementerian Tenaga Kerja untuk pekerja ya.

Untuk membantu perekonomian Indonesia yang sempat anjlok akibat pandemi berlangsung cukup lama. Dengan kata lain, bantuan ini diberikan untuk membantu pemulihan ekonomi rakyat Indonesia.

Pada program pertama, jumlah nominal bantuan yang diberikan kepada penerima adalah Rp500.000 per bulan.

Tapi biaya ini bisa dicairkan dalam jangka waktu setiap dua bulan jadi ya. Dengan mendapatkan bantuan ini Anda akan dibantu sedikit untuk memenuhi kebutuhan.

Namun kini jumlah nominal bantuan meningkat menjadi Rp600.000 per bulan. Dari Kompas kami merangkum bahwa dana BSU pada tahap awal akan dikeluarkan untuk 4,36 juta tenaga kerja atau satu tenaga kerja Indonesia. Dan itupun tidak semua calon penerima dapat menerima bantuan pada tahap pertama.

Pasalnya, calon penerima BSU saat itu berjumlah 5,09 juta orang. Jadi untuk mendapatkan BSU ini Anda perlu memenuhi beberapa syarat. Bagi anda yang belum mengetahui berbagai kondisi. Lanjutkan diskusi setelah diskusi ini.

Persyaratan Yang Harus Dipenuhi Oleh Calon Penerima BSU

Jika Anda ingin mendapatkan berbagai bantuan, pasti hal pertama yang anda lakukan adalah mendaftar.

Yang selama pendaftaran Anda perlu mengisi beberapa kondisi untuk dipilih sebagai kandidat untuk bantuan. Setiap bantuan harus memiliki syarat yang harus dipenuhi.

Ketentuan penerimaan bantuan subsidi upah ini ditulis dengan sangat jelas ya. Bagi anda yang melakukan pendaftaran ini harus melihat terlebih dahulu tentang kondisi.

Agar Anda menjadi salah satu kandidat yang akan diterima, Anda harus memenuhi beberapa persyaratan.

Kondisi yang ada tidak akan lagi berubah. Nah untuk itu Anda benar-benar harus memenuhi persyaratan yang berlaku jika ingin mendaftar.

Tahukah Anda bahwa jika Anda ingin mendaftar sebagai calon penerima BSU, Anda perlu memenuhi beberapa persyaratan?

Nah bagi anda yang belum mengetahui beberapa ketentuan yang tersedia dalam pendaftaran BSU. Tenang saja kami akan memberikan informasi untuk anda semua ya. Berikut adalah kondisi yang perlu Anda penuhi :

  • Anda harus warga negara Indonesia (WNI).
  • Kedua, Anda juga harus menjadi pekerja aktif program asuransi BPJS Ketenagakerjaan hingga Juli 2022.
  • Selanjutnya, pekerja harus memiliki gaji paling banyak Rp3, 5 juta setiap bulannya.
  • Anda bukan anggota polisi, PNS, dan TNI.
  • Terakhir bagi calon penerima BSU belum pernah terdaftar dalam program kartu prakerja, Keluarga Harapan, atau program bantuan produktif bagi usaha mikro.

Berikut Adalah Beberapa Cara Untuk Memeriksa BSU

Bagi anda pekerja yang telah melihat berbagai persyaratan atau penjelasan tentang BSU. Mungkin Anda ingin mengetahui apakah itu termasuk dalam Calon Penerima BSU atau tidak. Sebelum itu, Anda harus memastikan bahwa Anda telah memasukkan kriteria atau tidak.

Cara cek BSU memang salah satu hal yang mudah. Namun mungkin bagi anda yang belum pernah mengikuti beberapa program bantuan seperti ini akan sangat bingung. Anda juga mungkin merasa bingung ketika Anda akan memeriksa BSU.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa BSU ini. Pemerintah juga telah menyiapkan berbagai situs web yang dapat Anda kunjungi untuk diperiksa. Tenang saja website yang diberikan oleh pemerintah ini tentu akan aman.

Jadi jangan ragu untuk menggunakan beberapa situs web di bawah ini. Nah bagi anda yang belum tahu cara cek bantuan subsidi upahnya. Anda dapat melihat penjelasan di bawah ini dari BaikHati.id untuk pembaca setianya.

Berikut adalah dua cara untuk memeriksa bantuan subsidi upah saat ini.

Melalui situs web kemenaker.go.id

Cara pertama Anda dapat memeriksa BSU adalah dengan menggunakan situs web kemenakar.go.id. tenang saja cara menggunakan Website ini sangat mudah dan sederhana ya. Anda tidak perlu khawatir tentang pemeriksaan yang sangat rumit dan sebagainya.

Nah di sini adalah langkah-langkah untuk memeriksa BSU melalui website pertama :

  • Pertama Buka salah satu aplikasi browser yang tersedia di ponsel Anda. Lanjutkan dengan mengunjungi situs web kemenakar.go.id melalui bilah alamat di bagian atas.
  • Lanjutkan dengan login akun Anda ya. Jika Anda tidak memiliki akun di situs web ini, silakan buat akun terlebih dahulu. Setelah mendaftar, Anda perlu mengaktifkan akun Anda menggunakan kode OTP yang dikirim melalui SMS.
  • Jika pendaftaran akun selesai maka Anda dapat melanjutkan login ke akun tersebut.
  • Setelah masuk, Anda akan diminta untuk melengkapi data pribadi Anda.
  • Selesai dan Anda dapat memeriksa beberapa notifikasi yang akan muncul.

Cara Memeriksa BSU Melalui Situs Web Bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Jika cara kedua ini Anda dapat memeriksa melalui website bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id. jika cara yang satu ini memang akan cukup sederhana. Ini juga jauh lebih sederhana daripada yang kami berikan sebelumnya.

Jika demikian, berikut adalah beberapa langkah yang dapat digunakan untuk memeriksa BSU :

  • Buka aplikasi browser di perangkat Anda terlebih dahulu. Kunjungi bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id di bilah alamat di browser favorit Anda.
  • Setelah website terbuka Anda tinggal memasukkan NIK yang anda miliki.
  • Akan diminta untuk mengisi nama lengkap dan tanggal lahir sesuai dengan KTP.
  • Ketik langsung nomor ponsel yang masih aktif dan digunakan, ketik ulang untuk mengonfirmasi.
  • Lanjutkan dengan memasukkan email yang masih aktif dan ketik ulang untuk mengonfirmasi juga.
  • Bagi Anda untuk memasukkan nomor telepon yang masih aktif dan juga email yang masih digunakan. Nantinya agar bisa mendapatkan berbagai informasi BSU dengan mudah.
  • Kemudian Anda dapat mengklik Lanjutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You cannot copy content of this page